Cara Menghilangkan Komedo Putih


  • Cara Menghilangkan Komedo Putih
    Whiteheads adalah komedo yang tertutup kulit. (Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)

    Komedo adalah folikel rambut buntu atau tersumbat oleh sel kuit mati yang ada pada kulit. Komedo bukan merupakan penyakit, hanya salah satu masalah kulit yang banyak ditemui oleh wanita dan juga pria. Komedo sendiri tidak menyebabkan rasa sakit, kecuali saat komedo tersebut terinfeksi. Terdapat dua jenis komedo, yaitu komedo putih atau whiteheads, dan komedo hitam atau blackheads. Temukan cara menghilangkan komedo putih di pembahasan berikut ini.


    Namun sebelum itu, kita akan membahas apa kedua komedo tersebut. Komedo hitam adalah salah satu jenis jerawat. Komedo hitam dapat tampak seperti kotoran yang ada pada benjolan, tapi sebenarnya folikel rambut yang tersumbat itulah yang menyebabkan adanya dark spots. Komedo hitam bisa terjadi saat pubertas, menstruasi, atau bahkan kehamilan.




    Komedo hitam dan putih terbuat dari hal yang sama, biasanya sel kulit mati dan minyak yang sama-sama tersumbat. Namun perbedaannya terdapat pada pori. Komedo hitam adalah pori-pori yang tersumbat yang tetap terbuka dan terkena udara, sedangkan komedo putih adalah pori-pori yang tersumbat dan ada kulit tertutup di atasnya. Komedo putih juga dapat terjadi di bagian kulit mana pun dan kita pastinya mau menghilangkannya.


    1. Membersihkan wajah secara rutin

    Tidak hanya untuk masalah wajah komedo ini, membersihkan wajah secara rutin adalah salah satu cara yang harus dilakukan untuk mencegah setiap masalah pada kulit. Kegiatan ini harus dilakukan dua kali dalam sehari. Saat membersihkan wajah juga harus menggunakan sabun, bukan hanya air. Karena kulit wajah yang dibersihkan dengan sabun saja masih bisa belum maksimal, apalagi hanya dengan menggunakan air. Saat sedang mempunyai komedo putih, disarankan juga untuk membilas wajah dengan air hangat saat membersihkannya.


    (Baca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo di Dagu Dengan Mudah?)


    2. Chemical peeling

    Ini adalah perawatan yang menggunakan bahan kimia. Chemical peeling pada dasarnya adalah treatment yang digunakan untuk meningkatkan dan menghaluskan tekstur kulit. Sesuai namanya peeling, treatment ini akan mengelupaskan lapisan kulit terluar. Namun, perlu diperhatikan potensi efek yang bisa saja terjadi setelahnya, seperti adanya perubahan warna kulit ataupun infeksi.


    3. Menggunakan uap hangat

    cara menghilangkan komedo putih

    (Cara menghilangkan komedo putih salah satunya menggunakan uap hangat. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Tidak perlu ke dokter ataupun rumah sakit, cara ini dapat kita lakukan di rumah. Jika sebelumnya belum pernah mendengar, saat kita memaparkan atau menggunakan air hangat, pori-pori akan terbuka. Pori-pori komedo putih yang tersumbat juga akan terbuka jika melakukan cara ini.


    Kita hanya perlu merebus air. Lalu tuangkan air tersebut ke wadah apa pun yang bisa digunakan. Selagi air panas tersebut mengeluarkan uap, arahkan bagian wajah atau kulit yang terdapat komedo putih agar dapat terpapar hangatnya uap air tersebut.


    4. Menggunakan madu

    Selain dapat digunakan untuk menghilangkan bruntusan dan jerawat, madu juga bisa kita gunakan untuk cara alami menghilangkan komedo putih. Madu memiliki kandungan antibakteri, antiseptik, dan juga antioksidan yang baik untuk kulit. Madu dapat tertembus jauh ke dalam kulit. Madu juga dapat mengecilkan pori-pori dan melembutkan lapisan kulit.


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Blackhead Di Hidung Dengan Bahan Rumahan)


    Caranya pertama-tama kita dapat bersihkan dulu wajah kita. Lalu, kita ambil satu sendok makan madu dan letakkan pada wadah. Panaskan madu tersebut dalam microwave selama 15 detik. Setelah itu, madu yang sudah dihangatkan dapat kita oleskan ke wajah yang terdapat komedo putih seperti mengoleskan masker. Diamkan selama 15-20 menit. Selanjutnya, kita bisa bilas wajah kita sampai bersih menggunakan air hangat dan keringkan.


    5. Menggunakan putih telur

    cara menghilangkan komedo putih

    (Cara menghilangkan komedo putih dengan busa putih telur. Foto: Dok. Klaus Nielsen/Pexels)


    Selain madu, bahan lain yang bisa kita gunakan adalah putih telur. Kita hanya perlu mengocok putih telur tersebut hingga berbusa, lalu setelahnya kita aplikasikan putih telur tersebut ke kulit tempat komedo putih tersebut. Diamkan selama 20 menit, lalu jangan lupa untuk membilasnya juga dengan air hangat sampai bersih.


    Terkadang, beberapa dari kita membiarkan adanya komedo putih dan hitam di wajah kita karena malas. Namun, ini akan membuat kita menjadi tidak sedap dipandang oleh orang lain. Sebisa mungkin cobalah cari cara untuk menghilangkan komedo putih maupun hitam yang ada pada wajah. Dengan cara-cara yang telah dibahas di atas, tentunya kita jadi mempunyai pilihan untuk temukan yang cocok. Namun jika kita ingin lebih yakin dalam melakukannya, kita juga bisa untuk konsultasi dengan dokter kecantikan mengenai solusi apa yang terbaik untuk komedo putih yang ada. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below