Siapkan Tissue, Ini Daftar Film Korea Tersedih



  • Bagi kamu yang sedang mempersiapkan rencana untuk berakhir pekan, kamu bisa menengok rekomendasi pilihan film yang tepat untuk ditonton bersama pasangan maupun keluarga. Berikut sederet film korea tersedih yang membuat kamu banjir air mata. 


    1. My Briliant Life

    film korea tersedih



    (Siapkan Tissue, Film Korea ini buat Banjir Air Mata. My Brilliant Life. Foto: Dok. mybriliantlife/wikipedia)

    My Brilliant Life merupakan film mengharukan yang berkisah tentang sebuah keluarga yang memiliki seorang anak, Ah-reum (Jo Sung-Mok) yang mengidap kelainan genetik progeria, yang membuatnya menua lebih cepat 10 kali dari usia normalnya.

    Kondisinya ini tidak hanya membuatnya tampak tua namun kondisi fisiknya semakin hari semakin memburuk. Peran orang tua dalam film tersebut dimainkan dengan apik oleh Gand Dong Woo dan Song Hye Kyo. Keduanya berperan sebagai kedua orang tua yang tabah dan menguatkan anaknya, walau menikah pada usia yang masih sangat muda.

    Nuansa komedi tidak luput dalam film ini, banyak adegan yang dapat membuatmu tertawa sekaligus menitikkan air mata. Lepas dari itu, sosok orang tua yang selalu menyayangi anaknya dalam kondisi apapun dan Ah reum yang begitu tabah menjalani segala prosesnya memilih untuk bertahan sampai akhir hayatnya. Film ini mengirimkan pesan pada penontonnya untuk menjadi bahagia bahkan dalam keadaan tersulitpun.


    (Baca Juga: Eternals Kini Hadir di Disney+ Hotstar)


    2. Hope

    film korea tersedih
    (Siapkan Tissue, Film Korea ini buat Banjir Air Mata. My Brilliant Life. Foto: Dok. mybriliantlife/wikipedia)

    Masih bercerita mengenai sebuah keluarga, kali ini Hope hadir sebagai potret keluarga yang harus memperjuangkan keadilan bagi anaknya yang mengalami korban kekerasan dan pemerkosaan di usia yang masih sangat belia, yaitu 8 tahun.

    Tidak hanya memperjuangkan hukuman yang pantas bagi tersangka, proses trauma dan pemulihan bagi korban tergambar dalam film tersebut tentang bagaimana sang anak, So-woon (Lee-ra) selalu menolak untuk bertemu dengan pria dewasa termasuk ayahnya, Dong hoon (Sol Kyung-gu). Film yang dirilis pada tahun 2013 silam menjadi potret nyata maraknya tindakan kekerasan pada anak dan hukum perlindungan negara bagi anak yang masih lemah.


    3. Miracle in Cell No.7 (2013)

    film korea tersedih
    (Siapkan Tissue, Film Korea ini buat Banjir Air Mata. MIracle in Cell No.7. Foto: Dok. miracleincellno.7/wikipedia)

    Miracle in Cell No 7 disutradarai oleh Lee Hwan-kyung. Film berdurasi 127 menit itu rilis pertama kali pada 8 Maret 2013 dan mendapat skor sebesar 89 persen dalam situs Rotten Tomatoes. Walau dibalut kisah mengharukan, film ini tidak pernah gagal membuat setiap orang yang menontonnya tertawa terbahak-bahak. Pasalnya, para napi yang berada dalam satu sel dengan tokoh utama merupakan karakter yang unik dan relate dengan kehidupan menjadi narapidana.

    Awal mula film ini bercerita ketika Yong-Goo, seorang single parent yang memiliki keterbelakangan mental dituduh melakukan kejahatan seksual hingga berujung pembunuhan oleh gadis kecil yang merupakan anak dari seorang pejabat tinggi. Yong-Goo dipaksa untuk mengakui segala kejahatan yang tak pernah ia lakukan karena mendapat ancaman bahwa anaknya akan disakiti. Cerita menjadi menarik ketika di sel tahanan, dia mampu menjalin hubungan persahabatan dengan teman satu selnya dan bagaimana mereka membantu mempertemukan Yong-Goo dengan anaknya bernama Yee-sul.

    Cinta anak kepada orang tuanya yang tak pernah pudar hingga persahabatan serta pengkhianatan dan ketidakadilan dalam cerita mampu membuat mengombang-ambingkan emosi kita, satu waktu kita dibuat tertawa terpingkal-pingkal, dilain detik air mata bercucuran tiada hentinya. Film ini tidak hanya dapat kamu tonton bersama pasangan tapi juga bersama keluarga terlebih orang tua dan anak dalam mengajarkan cinta dan kasih sayang.


    (Baca Juga: Eternals Kini Hadir di Disney+ Hotstar)


    4. My Annoying Brother

    film korea tersedih
    (Siapkan Tissue, Film Korea ini buat Banjir Air Mata. My Annoying Brother. Foto: Dok. myannoyingbrother/wikipedia)

    Salah satu pemain utama film My Annoying Brother yang baru saja berulang tahun ke-29, Doh Kyung Soo ini menjadi daftar film yang wajib kamu tonton. Film ini berkisah mengenai hubungan antara adik dan kakak yang diperankan oleh aktor kenamaan yaitu Jo Jung Suk dan Doh Kyung Soo.

    Bermula dari sang adik yang harus kehilangan penglihatan akibat cedera yang dialaminya saat menjadi atlet judo dan seorang kakak yang awalnya mengelabui hukum untuk dapat keluar penjara dengan alasan merawat adiknya yang disabilitas dan tinggal sebatang kara. Tidak hanya scene yang mengharu biru, tetapi juga kejadian lucu yang mengundang tawa. Hampir lebih dari setengahnya kamu akan menitikkan air mata.


    5. Always

    film korea tersedih
    (Siapkan Tissue, Film Korea ini buat Banjir Air Mata. Always. Foto:Dok. always/wikipedia)

    Beralih dari kisah konflik keluarga, film ini bagi kamu yang memiliki pasangan atau sedang berusaha dalam sebuah pencarian cinta. Film yang tayang perdana di Korea Selatan pada 20 Oktober 2011 ini sempat memecahkan rekor film terlaris lantaran berhasil menjual online sebanyak 2 ribu tiket hanya dalam waktu tujuh detik. Film Always juga menjadi pembuka Festival Film Internasional Busan 2011.

    Film ini mengisahkan dua sejoli yaitu Cheol Min yang diperankan oleh So Ji Sub dan Jung Hwa (Han Hyoon Joo) yang mengidap tunanetra. Karakter Cheol-Min, seorang petinju yang telah memilih untuk berhenti dari kariernya, namun di suatu malam ketika dia sedang menjaga palang pintu, dia bertemu dengan wanita tunanetra yang memikat hatinya.

    Dari pertemuannya tersebut, berujung pada perhatian dan rasa ingin melindungi Jung Hwa. Segala hal berusaha dia lakukan untuk mengobati Jung Hwa agar dia dapat melihat kembali. Film pengorbanan ini mampu menguras emosi dan air mata, cocok ditonton di malam minggumu bersama pasangan.


    Itulah beberapa film Korea tersedih yang bisa kamu tonton. Selamat berurai air mata, ya.


    (Penulis: Fathya Jeehan)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below