Cara Agar Rambut Tidak Mengembang


  • Cara Agar Rambut Tidak Mengembang
    (Rambut Mengembang? Inilah Cara Mengatasinya. Foto: Dok. pexel.com)

    Idealnya setiap orang mencuci rambut sebanyak tiga kali dalam seminggu, karena jika berlebihan dapat mengangkat mengangkat lapisan minyak di kulit kepala, sehingga bila dilakukan terlalu sering akan membuat permukaan kulit kepala menjadi kering.


    Rambut yang mengembang selalu berada dalam kondisi yang kering, bercabang, dan kusam. Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi rambut rusak selain karena jenis rambut bergelombang, yaitu kurangnya produksi sebum atau minyak alami. Nah, sebelum rambutmu semakin rusak, simak cara agar rambut tidak mengembang berikut ini.




    1. Pemakaian Kondisioner

    cara agar rambut tidak mengembang

    (Rambut Mengembang? Inilah Cara Mengatasinya. Kondisioner. Foto: Dok. pexel)

    Jenis sampo dapat sangat mempengaruhi kondisi rambutmu, pilihlah jenis sampo yang memiliki kandungan keratin tinggi. Sampo jenis ini akan melembapkan kulit kepala secara maksimal, selain cobalah untuk menggunakan kondisioner. Kondisioner dirancang agar mampu menutup helai rambut agar tidak kusut dan menjadikan rambut lebih sehat, lembut, serta mudah ditata.


    2. Masker Rambut

    cara agar rambut tidak mengembang

    (Rambut Mengembang? Inilah Cara Mengatasinya. masker rambut. Foto: Dok. pexel)

    Perawatan rambut yang dapat dicoba untuk mengatasi rambut yang mengembang adalah masker rambut. Pakailah masker rambut alami dengan bahan yang menutrusi rambut. Salah satunya adalah racikan masker rambut yang terbuat dari pisang dan madu.

    Racikan ini dapat membuat rambut terasa halus dan jatuh. Kamu dapat mencoba racikan ini di rumah dengan cara menghaluskan pisang, mencampurkan madu, setengah yoghurt dan sedikit minyak zaitun. Lalu oleskan pada rambut dan diamkan selama satu jam dan bilas dengan sampo.

    Selain pisang, lidah buaya yang kaya akan mineral juga mampu menjadi bahan utama melembapkan kulit kepala. Berbeda dengan pisang, campurkan lidah buaya dengan madu dan lemon untuk mendapat khasiat yang maksimal. 


    (Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit)


    3. Vitamin Rambut

    cara agar rambut tidak mengembang

    (Rambut Mengembang? Inilah Cara Mengatasinya. Vitamin rambut. Foto: Dok. pexel)

    Vitamin rambut juga dapat menjadi solusi bagi rambutmu yang mengembang, selain memerhatikan kandungan yang ada di dalamnya, pilihlan vitamin dengan jenis mist. Saat rambut susah diatur, mengembang, dan kusut, coba semprotkan vitamin ini, rambut akan terasa lembut tanpa adanya rasa lengket. 


    4. Pengering Rambut

    cara agar rambut tidak mengembang(Rambut Mengembang? Inilah Cara Mengatasinya. Pengering rambut. Foto: Dok. pexel)

    Pemakaian pengering rambut memang dapat membuat rambut kering, namun penggunaan dengan teknik yang benar dapat mengurangi efek dan penyebab dari rambut mengembang. Gunakanlah sisir berbentuk pipih atau sisir sikat bundar besar, dan angin yang keluar dari pengering rambut mengarah dari atas ke bawah.

    Hal ini membantu menghaluskan kutikula rambut dan menguraikan rambut yang kusut. Dengan begitu, risiko rambut mengembang setelah blow dry bisa dihindari. Rambut yang mengembang memang menimbulkan banyak masalah lainnya, seperti rambut kering, bercabang, dan rusak, namun dapat diatasi dengan banyak cara.


    Jika rambut mengembang, pastikan kelembapan kulit kepalamu selalu terjaga. Itulah cara agar rambut tidak mengembang yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!


    (Penulis: Fathya Jeehan)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below