Simbol Harapan, Ini Motif Batik Tulis Rancangan Axton Salim


  • Simbol Harapan, Ini Motif Batik Tulis Rancangan Axton Salim
    Batik Awan Harapan, kolaborasi Axton Salim, Ibu Rusun binaan JKT Creative, dan One Fine Sky. (Foto: Dok. Indra Leonardi/JKT Creative)

    Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober tinggal menghitung hari. Batik, karya seni yang menjadi ikon busana Indonesia. Dengan keragaman motifnya, dari setiap kota dengan makna masing-masing, sebuah misi penting untuk terus melestarikan warisan budaya tak benda Indonesia yang berhasil dinobatkan oleh UNESCO.


    Desainer, Axton Salim adalah salah satu masyarakat yang memiliki tempat istimewa terhadap batik sehingga ia pun menyemarakkan Hari Batik Nasional dengan sebuah kolaborasi istimewa. Axton berkolaborasi dengan Ibu Rusun, binaan JKT Creative serta label lokal Tanah Air, One Fine Sky yang membangun brand tersebut dengan misi untuk menyejahterakan pendidikan anak.




    (Baca Juga: Nyaman Berolahraga, Larocking Hadirkan Sepatu Anti Jebol)


    Batik, sebuah teknik menghias kain dengan canting dan malam yang membentuk ragam motif sarat akan makna. Doa, simbol, harapan, serta gambaran kehidupan masyarakat tertuang dalam ragam motif yang ditulis pada kain-kain putih oleh para pembatiknya. Sebuah karya seni yang kental merepresentasikan kehidupan masyarakat Indonesia.

    Batik Awan Harapan, kolaborasi Axton Salim, Ibu Rusun binaan JKT Creative, dan One Fine Sky

    (Iwet Ramadhan mengenakan kemeja dengan motif Batik Awan Harapan. Foto: Dok. Indra Leonardi/JKT Creative)


    Batik Awan Harapan adalah nama dari motif yang dirancang Axton Salim untuk kolaborasi ini. Terinspirasi dari motif batik klasik Megamendung dari Cirebon, Jawa Barat menggambarkan semangat gotong royong yang membawa harapan bagi tiap-tiap pribadi. Sosok pembatik, termasuk pembatik Ibu Rusun, adalah salah satu bentuk budaya gotong royong yang melekat sebagai identitas bangsa Indonesia.


    “Kolaborasi ini sebenarnya sebuah pengingat, bahwa kita bisa melalui semua keadaan selama kita selalu saling membantu bergotong-royong seperti halnya para pembatik-pembatik yang mewarisi kebiasaan ini dari nenek moyang kita, harapan itu ada,” ungkap Axton Salim.

    Batik Awan Harapan, kolaborasi Axton Salim, Ibu Rusun binaan JKT Creative, dan One Fine Sky

    (Kolaborasi Axton Salim, Ibu Rusun, dan One Fine Sky. Foto: Dok. Indra Leonardi/JKT Creative)

    Sebagian dari hasil penjualan koleksi Batik Awan Harapan ini akan disumbangkan untuk program pemberdayaan Ibu Rusun binaan JKT Creative dalam bantuk pelatihan membatik dan seragam sekolah lengkap, serta kuota internet untuk Anak Rusun.


    (Baca Juga: AERIS Beauté Meluncurkan Teknologi LED Yang Canggih)


    Jika kamu tertarik untuk turut rayakan Hari Batik Nasional bersama kolaborasi dari Axton Salim, Ibu Rusun, dan One Fine Sky, koleksi terbatas ini bisa kamu miliki sejak tanggal 29 September 2021 dengan membeli di One Fine Sky melalui nomor +628111929109. Mungkin kamu bisa jadi harapan bagi orang lain melalui kolaborasi ini.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below