Tak Disangka, Inilah 7 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh!


  • Tak Disangka, Inilah 7 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh!
    Tak Disangka, Ini 7 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh! (Image: Doc. Armin Rimoldi / Pexels)

    Kebanyakan orang mungkin lebih suka mandi menggunakan air hangat daripada mandi menggunakan air dingin. Apakah kamu salah satunya? 


    Tahukah kamu kalau ternyata, beberapa penelitian justru menunjukkan bahwa mandi menggunakan air dingin lebih memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. 




    Meskipun terdengar sangat menjanjikan, tetapi mandi air dingin bukanlah sumber utama pengobatan untuk kondisi apa pun, tetapi mungkin dapat membantu meringankan gejala.


    Menurut sebuah artikel di jurnal Medical Hypotheses, target suhu air dingin sekitar 68 derajat Fahrenheit, atau sekitar 20 derajat Celcius. 

    (Baca Juga: Manfaat Mandi Malam Yang Harus Kamu Tahu)

    Berikut ini adalah beberapa manfaat mandi air dingin, berdasarkan penelitian. 


    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


    Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One tahun 2016, menemukan bahwa seseorang yang mandi air dingin memiliki kemungkinan 29% lebih kecil untuk sakit -- yang disebabkan karena kelelahan bekerja atau sekolah. Dengan kata lain, mandi air dingin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu terhadap penyakit umum, seperti pilek dan flu.


    Bahkan, satu studi tahun 2007 dalam jurnal Infectious Agents and Cancer, menunjukkan bahwa mandi air dingin dapat membuat tubuh lebih tahan terhadap jenis kanker tertentu. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung manfaat ini. 


    Meningkatkan suasana hati


    Beberapa peneliti melaporkan bahwa mandi air dingin dapat memberikan manfaat yang baik untuk meningkatkan suasana hati. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nikolai A.Shevchuk dalam Medical Hypotheses, menunjukkan bahwa mandi air dingin dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik dan meningkatkan ketersediaan neurotransmiter seperti norepinefrin dan endorfin, yang mana ini dapat membantu mengurangi gejala depresi. 


    Namun, penting untuk dicatat bahwa ini tidak dapat menggantikan pengobatan depresi yang diresepkan oleh dokter kamu. Mandi air dingin hanya dapat membantu mengurangi gejala dengan meningkatkan suasana hati. 


    Mengurangi inflamasi


    Dikutip dari Medical News Today, mandi air dingin dapat membantu meredakan aktivitas panas dan mengurangi peradangan. Sebuah studi tahun 2016 yang dipublikasikan di Journal of Athletic Training, menemukan bahwa mandi air dingin dapat meredakan gejala hipertermia, dibandingkan tanpa perawatan sama sekali. 


    Namun, para peneliti mencatat bahwa mandi air dingin tidak seefektif terapi perendaman air dingin, atau disebut juga sebagai cold water immersion therapy, untuk menghilangkan suhu tubuh yang tinggi setelah berolahraga.


    Peningkatan pemulihan fisik


    Berdasarkan sebuah meta-analisis yang dipublikasikan di Journal of Strength and Conditioning Research, menemukan bahwa merendam 

    air dingin dan melakukan terapi air kontras -- pertama menggunakan air panas, kemudian dingin -- dapat membantu meningkatkan pemulihan fisik dan mengurangi perasaan lelah yang berhubungan dengan kinerja fisik. 


    Mengurangi rasa sakit


    Berdasarkan sebuah artikel tahun 2014 dalam North American Journal of Medical Sciences, manfaat mandi air dingin lainnya yaitu dapat mengurangi rasa sakit. Ini karena, air dingin memiliki efek yang mirip seperti anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit. 


    Saat terkena air dingin itu dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan edema yang menyebabkan rasa sakit. Selain itu, air dingin juga dapat mengurangi kecepatan sinyal saraf yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak, sehingga bisa menurunkan persepsi seseorang tentang rasa sakit.


    Menenangkan kulit yang gatal


    Dikutip dari laman Healthline, menurut Adam Friedman, MD, ahli dermatologi, 

    mengatakan bahwa mandi air dingin dapat membantu menenangkan kulit yang gatal (itchy skin). Jika kamu memiliki kulit gatal atau kondisi kulit tertentu yang bisa menyebabkan kulit gatal, mandi air dingin dapat membantu kamu mengurangi rasa gatal dan sensasi menggaruk. 


    Meningkatkan sirkulasi


    Saat air dingin mengenai tubuh, itu bisa menyempitkan sirkulasi di permukaan tubuh, yang bisa menyebabkan jaringan yang lebih dalam bersirkulasi lebih cepat guna mempertahankan suhu tubuh yang ideal. Karena alasan ini, mandi air dingin memiliki efek kebalikan dari mandi air hangat bagi seseorang dengan hipertensi atau penyakit kardiovaskular, karena suhu dingin -- dari air dingn -- bisa memicu sistem peredaran darah untuk mengurangi peradangan dan bisa mencegah penyakit kardiovaskular.

    (Baca Juga: Hah, Mandi Air Dingin di Malam Hari Bikin Rematik?)

    Itulah tujuh manfaat mandi air dingin untuk kesehatan fisik dan mental. Meskipun begitu, mandi air dingin bukanlah obat ajaib untuk mengobati kondisi apapun, tetapi sangat mungkin untuk membantu meringankan gejala. Dengan kata lain, mandi air dingin tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan alternatif atau pengganti konsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below