Cara Menghibur Pacar Yang Sedang Berduka


  • Cara Menghibur Pacar Yang Sedang Berduka
    Pasangan berduka, lakukan ini untuk menghiburnya. (Foto: Dok. Tan Danh/Pexels)

    Proses berduka adalah sebuah proses yang panjang dan sulit jika harus dihadapi sendiri. Jika pasanganmu sedang melalui fase ini, ada baiknya jika kamu terus membantunya hingga ia kembali pulih. Ada banyak cara menghibur pacar yang sedang berduka. Simak beberapa di antaranya di bawah ini, ya.


    Sadari kebutuhan pasangan

    Peristiwa duka kadang membuat seseorang denial atau mudah menyangkal. Mungkin sekarang pacarmu sedang menutupi perasaannya sendiri karena ingin terlihat tegar. Kamu bisa meyakinkan si dia bahwa merasa sedih adalah hal yang wajar. Justru dengan menutupinya, hal itu hanya akan membuatnya semakin terpuruk. Pastikan kamu selalu ada dalam setiap kebutuhannya.


    (Baca Juga: Cara Menghadapi Kehilangan Orang Tersayang)


    Berikan waktu


    (Berikan waktu bagi pasangan yang berduka. Foto: Dok. cottonbro/Pexels)

    Cara setiap orang berduka selalu berbeda dan tak bisa disamakan. Tak ada salahnya untuk memberikan waktu pada pacar untuk mengeluarkan segala emosi negatifnya. Tapi, bukan berarti kamu bisa meninggalkannya begitu saja. Kedekatanmu tetap diharapkan si dia.


    Ajarkan pasangan untuk menerima rasa duka

    Mungkin kamu bingung harus bereaksi seperti apa saat pasangan tengah berduka. Ada rasa serba salah ketika melihat si dia kecewa atau menangis. Biarkan si dia mendalami itu semua. Jika pasangan sedang menangis, biarkan ia menangis. Ini adalah proses yang harus dilaluinya, cukup temani di dekatnya atau peluk dirinya. Hindari untuk menghakimi atau mengecilkan perasaannya itu.


    (Baca Juga: Bukan Lemah, Ini Alasan Pria Boleh Sedih)


    Buat rencana baru

    Jika kamu merasa momen berkabung si dia sudah cukup, kamu bisa mengajaknya menikmati liburan seru berdua atau bareng teman-teman terdekat. Tak perlu dalam waktu dekat. Kamu bisa menanyakan pada pasangan, kapan ia merasa siap untuk kembali bersosialisasi dan bersantai sejenak. Buat si dia lupa akan hal-hal sedih yang sudah dilewatinya.


    Itulah beberapa cara menghibur pacar yang sedang berduka. Namun jika itu semua belum berhasil, kamu bisa membantu si dia untuk mencari bantuan profesional seperti psikolog atau konselor. Ini ditujukan agar bisa mengetahui emosi si dia lebih dalam. Semoga berhasil!

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles