7 Manfaat Ikan Salmon Yang Baik Bagi Kesehatan


  • 7 Manfaat Ikan Salmon Yang Baik Bagi Kesehatan
    7 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan. (Foto: Dok. Malidate Van/Pexels)

    Ada banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi, salah satunya adalah ikan salmon. Jenis ikan yang satu ini tak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tapi juga punya daging yang lembut dan sudah pasti kaya akan manfaat. Manfaat ikan salmon sendiri untuk kesehatan sangatlah bagus.




    Salmon mengandung setidaknya 200 kalori dalam 1 porsinya dengan berat 3-4 ons saja. Ikan ini juga punya kadar lemak jenuh yang cukup rendah dengan sumber protein yang cukup tinggi. Sehingga tak heran jika manfaat ikan salmon sangat banyak, karena nutrisinya sendiri ada berbagai macam.


    (Baca Juga: Inilah 5 Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Energi)


    Nah, pada artikel kali ini juga akan dibahas mengenai manfaat ikan tersebut yang semestinya kamu ketahui. Yuk simak sampai habis!

    manfaat ikan salmon

    (Ikan salmon bermanfaat bagi kesehatan. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    1. Sumber Vitamin D yang Baik Bagi Tubuh

    Vitamin D bisa didapatkan dengan mudah jika kamu ingin berjemur di pagi hari, tapi bila tidak bisa melakukan hal tersebut tinggal konsumsi saja ikan salmon. Sebab, salmon kaya akan kandungan vitamin D yang menyebabkannya bisa membantu perkuat tulang, kurangi risiko diabetes, cegah penyakit jantung sampai melawan kanker.

    Mengkonsumsi ikan salmon dapat membantu proses produksi melanin di dalam tubuh. Melanin sendiri merupakan pigmen yang akan membantu dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV.


    2. Bantu Jaga Kesehatan Organ Jantung

    Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang amat kaya dengan kandungan asam lemak omega 3. Dua jenis asam lemak omega 3 yang dimiliki oleh ikan salmon tersebut adalah EPA dan DHA. Kandungan ini sangat baik bagi kesehatan jantung.

    Sebab, mereka dapat mencegah adanya pembentukan plak yang artinya akan melindungi tubuhmu dari risiko penyakit seperti stroke atau penyakit kardiovaskular.


    3. Bantu Tingkatkan Metabolisme Dalam Tubuh

    Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa ikan salmon ini mengandung nutrisi asam lemak omega 3 dan juga vitamin D. Namun, nyatanya ikan tersebut juga mengandung nutrisi lainnya yaitu selenium. Dengan adanya ketiga kandungan yang disebutkan itu, membuat kadar insulin di dalam tubuh jadi lebih stabil.

    Kondisi ini membuat penyerapan gula menjadi lebih maksimal sehingga memberikan dampak yang baik bagi menurunnya kadar gula dalam darah. Dengan begitu, metabolisme pun akan meningkat dan kamu bisa hidup dengan lebih sehat.


    (Baca Juga: Cara Membuat Salmon Panggang Sehat)


    4. Bantu Membuat Mata Lebih Sehat

    Salmon juga mempunyai kandungan lainnya yaitu asam amino yang dapat membuat matamu jadi lebih sehat. Sebab, asam amino ini dapat mengurangi adanya masalah retina kering, degenerasi macula, mata lelah dan sebagainya.

    Bahkan perlu kamu ketahui juga bahwasanya ada studi yang membuktikan tentang orang-orang yang mengonsumsi ikan salmon ternyata memiliki kualitas penglihatan yang jauh lebih baik dan lebih sehat dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Oleh karena itu, inilah alasan kenapa kamu harus rutin konsumsi ikan salmon.


    5. Membuat Kulit Lebih Sehat

    Selain dengan perawatan yang rutin, memakan ikan salmon juga bisa menjadi cara yang bagus agar kulitmu terlihat sehat. Kandungan omega 3 pada ikan ini memang membuat kamu terlihat lebih awet muda dan memiliki kulit yang kenyal.

    Selain itu, ada pula kandungan antioksidannya yang membuat kerusakan kulit akibat dari radikal bebas bisa berkurang. Sehingga sangat dianjurkan untuk kamu mengkonsumsi salmon dengan batas sewajarnya supaya mendapatkan hasil yang maksimal.


    6. Mencegah Penyakit Kanker

    Kanker atau tumor memang jenis penyakit yang sulit sekali disembuhkan, pengobatannya pun mahal dan membutuhkan proses yang lama. Untuk mencegahnya, kamu bisa melakukan banyak hal dan salah satunya adalah dengan konsumsi ikan salmon ini.

    Hal itu disebabkan dengan adanya kandungan asam omega 3 yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Bahkan bisa menjadi pembunuh bagi sel kanker itu sendiri serta mencegah perkembangannya.


    7. Bermanfaat Untuk Penurunan Berat Badan

    Dalam proses menurunkan berat badan ada banyak sekali yang mesti dilakukan dan hal itu sama sekali tidak mudah. Demi membantu penurunan berat badan ini, kamu bisa membuat menu sehat yang terbuat dari ikan salmon.

    Ikan jenis ini mampu membantumu mengendalikan nafsu makan. Oleh sebab itu kamu akan merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang terbilang lama.


    Itulah sekian manfaat ikan salmon yang memang bagus dan dapat menyehatkan tubuh. Apalagi dagingnya yang enak tentu takkan membuatmu kesulitan untuk memakannya. Semoga bermanfaat.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below