5 Fakta Salicylic Acid yang Perlu Kamu Ketahui


  • 5 Fakta Salicylic Acid yang Perlu Kamu Ketahui
    Fakta Salicylic Acid yang perlu kamu ketahui (Foto: Dok. Lookstudio on Freepik)

    Akhir-akhir ini, Salicylic Acid menjadi kegemaran di kalangan wanita. Tidak hanya menjadi obat, namun produk-produk kosmetik yang mengandung Salicylic Acid pun banyak diburu. Ini tidak terpisah dari fungsi-fungsi Salicylic Acid yang sangat mumpuni dalam menangani banyak masalah kecantikan.




    Mulai dari menghilangkan jerawat, mengurangi kekeringan kulit, sampai dengan mengontrol sekresi zat-zat buangan dari kulit. Karena banyaknya fungsi Salicylic Acid yang mungkin belum diketahui banyak orang, sangat penting untuk mempelajari dahulu zat ini secara mendalam sebelum memutuskan untuk menggunakan produk-produk yang memiliki kandungannya. 


    Berikut ini Her World Indonesia mengulas 5 fakta penting tentang Salicylic Acid yang perlu diketahui sebelum menggunakan produk yang mengandung zat ini.


    Salicylic Acid

    (Foto: Dok. Lookstudio/Freepik)


    Salicylic Acid merupakan salah satu bahan aktif yang seringkali ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit berjerawat. Zat ini banyak digunakan dalam produk-produk untuk menghilangkan jerawat karena kandungannya yang mampu menghilangkan jerawat dengan sangat baik.

    Salicylic Acid adalah keluarga dari asam Beta Hydroxy Acid atau BHA yang berfungsi untuk mengatasi jerawat hingga komedo. Karena itulah, Salicylic Acid banyak digunakan dalam produk-produk yang digandrungi masyarakat dalam mengatasi masalah-masalah pada wajah mereka karena terpapar polusi dan kuman.

    Salah satu kelebihan asam ini adalah molekulnya yang berukuran besar sehingga mudah larut dalam minyak atau awam dikenal sebagai oil-soluble. Sehingga asam ini tidak hanya dapat masuk pada permukaan kulit, namun juga ke lapisan-lapisan bagian dalam epidermis. Ukurannya yang besar ini juga meminimalisir kemungkinan terjadinya iritasi.


    (Baca Juga: Kandungan Yang Tepat Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat)


    Selain itu, Salicylic Acid mampu menargetkan penyebab jerawat langsung ke sumbernya. Cara kerjanya ini dimulai dengan mengangkat sisa-sisa sel kulit mati yang ada di dalam jaringan kulit, yang mana pada umumnya mengotori dan menyumbat pori-pori wajah yang masih sehat. Seperti yang pada umumnya diketahui, pori-pori wajah yang menjadi kotor atau tersumbat akan menghasilkan jerawat dan komedo.

    Zat Salicylic Acid ini juga memilih kandungan yang dapat menyembuhkan jerawat kemerahan agar cepat sembuh. Basic skincare yang dimiliki oleh Salicylic Acid adalah anti-inflamasi yang dapat membantu jerawat yang berwarna kemerahan atau meradang lebih cepat sembuh dibanding zat-zat lainnya.

    Karena cara kerjanya inilah, Salicylic Acid menjadi salah satu eksfoliator paling jitu untuk digunakan membersihkan wajah. Seperti yang umum diketahui, langkah eksfoliasi wajah dalam perawatan harian sangat penting untuk mengeluarkan zat-zat kotor dari kulit. Pada langkah tersebut, Salicylic Acid berperan sangat penting.


    Salicylic Acid

    (Foto: Dok. Freepik)


    Fungsi lain dari Salicylic Acid adalah membantu regenerasi kulit. Ketika jerawat tumbuh, kulit pun terkoyak dan terluka. Kulit mati juga berjatuhan sehingga perlu adanya lapisan kulit baru yang menutupi bagian yang telah mati dan jatuh. Salicylic Acid membantu kulit untuk lebih cepat tumbuh sehingga penyembuhan jerawat pun menjadi lebih cepat. Kulit dengan mudah kembali mulus dan tidak terlihat bekas jerawat pada permukaannya.

    Seperti pada fungsi yang telah diulas pada paragraf sebelumnya, Salicylic Acid adalah eksfoliator jitu untuk wajah. Fungsinya ini membantu regenerasi kulit lebih cepat dari poduk-produk lainnya. Selain itu, wajah yang diberikan perawatan menggunakan Salicylic Acid juga akan terlihat cerah dan awet muda karena terbebas dari pori-pori wajah yang tersumbat.

    Karena polusi yang semakin meningkat di kota-kota besar, jerawat dengan jenis cystic acne atau jerawat batu akan membuat risih penderitanya. Jerawat ini muncul dengan ukuran yang besar serta kemerahan, yang lama kelamaan akan menghitam dan membekas pada wajah.

    Namun, Salicylic Acid dapat membantu penyembuhan jerawat batu ini dengan cepat. Ini dikarenakan oleh fungsinya yang dapat mengangkat sel kulit mati. Tak hanya itu, Salicylic Acid yang memiliki kemampuan anti-inflamasi juga membantu penyembuhan jerawat batu tanpa resiko iritasi.


    (Baca Juga: 7 Kandungan Aktif Dalam Skincare Yang Bisa Hilangkan Jerawat)


    Manfaat Salicylic Acid yang terakhir dan penting untuk diketahui adalah bahwa zat asam ini berguna untuk mengontrol jumlah pengeluaran minyak pada wajah. Salicylic Acid dapat membantu untuk membersihkan komedo dan sebum yang menumpuk pada wajah.

    Tapi di balik kegunaannya itu, Salicylic Acid juga mampu membuat kulit kita kering. Karena itu, penting untuk menjaga hidrasi pada wajah agar tidak terjadi masalah kulit lain. Apabila memiliki wajah kering, pilihlah produk dengan kadar Salicylic Acid yang kurang dari 3% agar kekeringan kulit tidak bertambah.



    (Penulis: Gabrielle Garnetta Candra Putri)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below