Kandungan Yang Tepat Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat


  • Kandungan Yang Tepat Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
    Kandungan yang dipercaya bisa hilangkan bekas jerawat dengan cepat (Foto:Dok/Pexels/Andrea)


    Sejak dulu, jerawat kerap jadi masalah kulit yang mengganggu. Berbagai produk perawatan pun kerap dicoba untuk menghilangkannya dengan cepat.

    Bahkan setelah hilang, jerawat pun bisa meninggalkan bekas atau luka yang buat diri jadi tidak percaya diri. Apa kamu salah satu yang merasakannya?

    Namun sebetulnya, setelah jerawat hilang, berbagai produk perawatan kulit pun menawarkan khasiatnya untuk menghilangkan bekas jerawat. Dengan kandungan aktif di dalamnya, bekas jerawat bisa diatasi dengan cepat. Apa saja? dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya.




    1. Alpha hydroxy acids


    Alpha hydroxy acids atau asam alfa hidroksi (AHA) kerap ditemukan pada sejumlah produk untuk mengobati jerawat. Hal ini dikarenakan fungsi mereka yang bisa menghilangkan kulit mati dan menyamarkan bekas jerawat. 

    Jenis ini termasuk ringan untuk mengangkat kulit mati tanpa mengubah warna dan membuat kulit terasa kasar. 


    2. Lactic Acid


    Melansir laman Healthline, sebuah penelitian di tahun 2010 menemukan bahwa kandungan Lactic Acid atau asam laktak bisa meningkatkan tekstur kulit dan menyamarkan bekas jerawat. Bahkan, jika dilakukan setidaknya sekali selama tiga bulan oleh dokter. Kandungan ini juga bisa ditemui diberbagai perawatan kulit seperti serum, salep jerawat hingga toner.



    3. Retinol

    Tak hanya ampuh menghilangkan jerawat, Retinol juga dipercaya bisa menghilangkan bekasnya yang mengganggu penampilan. Membantu proses regenerasi kulit, kandungan ini bisa ditemui di dalam krim dan serum.

    Namun, retinol juga bisa membuat kulit lebih sensitif pada sinar matahari. Oleh sebabnya, disarankan untuk menggunakan tabir surya setiap hari setelah menggunakan produk berbahan dasar ini.


    4. Salicylic Acid

    Hampir di dalam produk perawatan jerawat memiliki kandungan Salicylic Acid atau asam salsilat. Formula ini kerap dipercaya bisa menghilangkannya sekaligus membersihkan pori-pori dari bakteri. Bahkan setelah jerawat hilang, salicylic acid juga bisa menyamatkan bekas yang ditinggalkan oleh jerawat. 

    Namun, perlu diperhatikan penggunaannya yang terlalu sering bisa mengakibatkan kulit menjadi kering. Beberapanya pula bisa mengalami iritasi apabila kulit terlalu sensitif.


    Itulah berbagai kandungan yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below