Manfaat Lompat Tali Untuk Kesehatan


  • Manfaat Lompat Tali Untuk Kesehatan
    Lompat tali punya banyak manfaat. (Foto: Dok. Monstera/pexels)

    Selama masa pandemi, ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya. Misalnya jogging dan senam lantai. Tidak terkecuali dengan lompat tali. Tali yang digunakan untuk lompat tali dapat dibuat dari karet gelang tradisional yang umum digunakan masyarakat untuk mengikat sesuatu. Lompat tali dapat membantu tubuh memperlancar metabolisme, menjadi lebih sehat, dan lain sebagainya.


    Berikut ini adalah ulasan Her World tentang 5 manfaat berolahraga lompat tali, di antara banyaknya manfaat yang ada.




    manfaat lompat tali

    (Foto:Dok.Ahmed Akacha/pexels)

    1. Menyehatkan Kulit

    Gerakan melompat naik dan turun yang dilakukan berulang kali dalam olahraga lompat tali membantu kulit menjadi kencang. Karena kulit yang terus terombang-ambing ke atas dan ke bawah, maka mudah bagi lemak dibawah permukaan kulit untuk terbakar. Terutama lemak pada bagian lengan bawah dan betis yang aktif mengayunkan tali serta melompat juga mendorong tubuh dari tanah.

    Dengan mengulang-ulang gerakan lompat tali, kelak lemak di seluruh tubuh pun ikut terbakar sebab diperlakukan gerakan yang sama, naik dan turun. Dengan demikian, kulit akan mengencang seiring berjalannya waktu. Manfaat ini akan lebih efektif apabila olahraga lompat tali dilakukan sembari berjemur dibawah mentari pagi yang kaya akan vitamin D.


    2. Menghilangkan Racun Tubuh

    Dengan melakukan olahraga lompat tali, tubuh kita pun akan berkeringat dan mengeluarkan kotoran dari tubuh dalam bentuk zat cairan. Dengan begitu, kita telah mengeluarkan racun tubuh sedikit demi sedikit dengan berolahraga lompat tali. Olahraga ini sedikit lebih banyak mengeluarkan keringat dibandingkan olahraga lainnya sebab gerakan lompatan yang berulang kali dilakukan akan membuat kita lebih lelah.

    Gerakan mendorong tubuh ke atas dan melompati tali juga mendorong tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat dengan lebih banyaknya gaya yang dipakai. Energi yang semakin banyak digunakan pun membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat. Tentu apabila melakukan olahraga lompat tali sembari berjemur di bawah


    manfaat lompat tali

    (Foto:Dok.Ahmed Akacha/pexels)


    3. Menguatkan Organ

    Organ yang paling terpengaruh dengan dilakukannya olahraga lompat tali adalah paru-paru dan jantung. Dengan gerakan melompat berulang kali, tentu kedua organ ini akan dipaksa untuk mengatur kinerjanya lebih keras. Paru-paru akan memompa udara lebih keras karena aktifitas yang dilakukan pun lebih banyak.

    Demikian pula halnya dengan jantung yang memompa darah dengan lebih banyak dan sering ke seluruh tubuh karena tubuh yang dinaikkan suhunya. Dengan demikian, melakukan olahraga lompat tali dengan berulang kali secara signifikan akan membuat organ terbiasa melakukan kerja yang lebih keras secara bertahap. Organ akan menjadi lebih kuat dan kapasitas kerjanya pun meningkat seiring berjalannya waktu.


    4. Menstabilkan Hormon

    Dengan olahraga lompat tali, tubuh akan terlatih untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh dengan apa yang masuk serta dikeluarkan. Tubuh akan terlatih untuk menyeimbangkan hormon yang ada untuk fungsi-fungsi krusial di dalamnya.

    Dengan melakukan olahraga lompat tali yang tergolong ringan, frekuensi yang sering dapat membantu hormon-hormon dalam tubuh untuk menyesuaikan perubahan yang terjadi karena latihan-latihan yang dilakukan dengan olahraga lompat tali ini. Hormon yang stabil akan membantu memperbaiki banyak proses dalam tubuh. Dimulai dari haid, kadar gula darah, kadar kolesterol, sampai pencegahan terbentuknya sel kanker.


    manfaat lompat tali

    (Foto:Dok.Anna Shvets/pexels)


    5. Membantu Proses Diet

    Dengan maksimalnya kerja organ dan lancarnya metabolisme tubuh, tentu proses diet pun akan sangat terbantu. Diet yang dijalani pun tidak memerlukan disiplin yang melibatkan penghilangan pola makan yang sebelumnya telah ada. Selama sebuah porsi makan mencakup kalori dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, maka diet dapat berjalan dengan baik.

    Sebagian besar diet tidak berhasil karena masih adanya asupan nutrisi atau lemak yang berlebih dengan aktifitas yang tidak seimbang untuk mengeluarkan kotoran atau membakar lemak sisa. Oleh karena olahraga lompat tali ini sangat efisien dalam membakar lemak, proses diet akan sangat terbantu olehnya.


    Olahraga lompat tali juga memiliki segudang manfaat lain dibalik figurnya yang sederhana. Lompat tali tidak membutuhkan bahan yang berat atau mahal, sehingga siapapun dapat melakukannya. Olahraga ini juga dapat menjadi selingan ketika melakukan aktifitas sebab bisa dilakukan dimana saja, asalkan memiliki ruang gerak yang cukup.



    (Penulis: Gabrielle Garnetta Candra Putri)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below