Cara Bertengkar Dengan Pasangan Yang Sehat


  • Cara Bertengkar Dengan Pasangan Yang Sehat
    Pertengkaran sehat, simak caranya. (Foto: Dok. Polina Zimmerman/Pexels)

    Pertengkaran dengan pasangan tentu sangat wajar terjadi. Mungkin karena perselisihan kecil atau sekadar beda pendapat. Ingat, kamu enggak perlu menghindari hal ini karena pertengkaran justru bisa membuat hubungan kalian lebih sehat. Asal, dilakukan dengan tepat. Simak cara bertengkar dengan pasangan berikut ini demi mengembangkan hubungan kalian.


    Tak perlu takut bertengkar

    Mungkin menurutmu pertengkaran bisa menyebabkan hal buruk sehingga kamu memilih untuk diam dan memendam semua emosi sendiri. Kamu pun menghindari konfrontasi dengan alasan ingin hubungan baik-baik saja. Pahami bahwa dengan memendam emosi, kamu justru "memupuk" perasaan negatif yang bisa saja meledak di masa depan, membuat hubunganmu justru berbahaya.



    Hindari pertengkaran di tempat umum

    Hindari membuat keributan di tempat umum, di sekitar teman dan kerabat, atau justru di depan keluarga. Ingat, yang punya masalah itu kalian, sehingga akan lebih bijak untuk menyelesaikannya berdua, tanpa campur tangan orang lain.


    Awali dengan tenang

    cara bertengkar dengan pasangan
    (Berusahalah untuk tetap tenang saat memulai diskusi. Foto: Juan Pablo Serrano/Pexels)

    Saat hendak memulai argumen, pastikan kamu menggunakan nada bicara yang tenang. Dengan begitu, diskusi pun akan berjalan lebih baik. Daripada kamu langsung membentak, "Aku enggak suka kamu begini...", sebaiknya gunakan, "Tahu enggak kalau kamu menyakiti hatiku dengan cara ini..."


    Berikan kesempatan pasangan untuk bicara

    Dan dengarkan dengan baik. Hindari memotong pembicaraannya, apalagi hanya untuk membela dirimu sendiri. Jika ini yang kamu lakukan, kamu hanya akan memperparah pertengkaran hingga tak akan bisa menemukan solusi yang baik.



    Tidak perlu membawa masa lalu

    Salah satu hal yang paling sering membuat pertengkaran semakin parah adalah salah satu pihak membawa masa lalu. Ingat, masalahmu sekarang bukanlah bagian dari masa lalu. Jika kamu pernah memaafkan pasangan akan kesalahannya dulu, itulah yang harus kamu lakukan. Bukan mengungkit dan membawa-bawanya lagi ke dalam masalah ini.


    Hindari kekerasan

    Tak ada manfaat baik yang bisa didapat dari kekerasan. Pastikan kamu tidak melempar barang-barang di sekitarmu hanya karena kamu merasa kesal. Percaya deh kalian enggak akan menemukan kata sepakat jika melakukan hal ini.


    Itulah beberapa cara bertengkar dengan pasangan yang sehat. Terakhir, pastikan kamu dan si dia sama-sama mengambil waktu untuk menenangkan diri. Ini bisa jadi jalan untuk kalian sama-sama memproses semua emosi yang ada dan menghindari untuk melebih-lebihkan masalah. Semoga berhasil, ya.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles