Cara Mengatasi Pria Yang Takut Menikah


  • Cara Mengatasi Pria Yang Takut Menikah
    Siasati pria yang takut menikah dengan cara ini. (Foto: Dok. Clem Onojeghuo/Pexels)

    Tak sedikit pria yang merasa ragu atau takut untuk melangkah ke hubungan asmara yang serius, seperti pernikahan. Walau sudah cukup lama pacaran denganmu, ia masih belum juga melamarmu atau berani membicarakan hal ini. Tentu dari sisimu, wajar kalau mulai merasa bimbang.


    Menurut ahli, umumnya pria yang takut berkomitmen bisa jadi karena punya trauma tertentu yang memengaruhi cara pandang mereka terhadap pernikahan. Mereka juga takut akan kekurangan waktu untuk bersenang-senang dengan teman-temannya. Dirangkum dari berbagai sumber, ini cara mengatasi pria yang takut menikah.


    Hindari paksaan dan ancaman

    Ingat, jangan pernah memaksa atau mengancamn pasangan untuk segera menikahimu. Kalau kamu selalu mencecarnya, lama-lama ia akan risih dan bisa saja meninggalkanmu. Biarkan ia sadar bahwa ia ingin menikahimu karena memang rasa cintanya padamu, bukan karena tekanan.


    (Baca Juga: Alasan Pria Takut Menikah)


    Bersikaplah dewasa

    Pernikahan adalah babak baru dalam kehidupan kita. Ini bukan kegiatan seru dan menyenangkan, makanya kita perlu persiapan diri yang total. Nah, tanyakan dulu pada dirimu apakah kamu sudah siap jadi istri? Bisakah kamu menyelesaikan masalah dengan baik, tidak childish, dan bisa mandiri. Ini adalah tanda-tanda bahwa kamu sudah siap. Tunjukkan kedewasaanmu agar pasangan pun semakin yakin untuk berumah-tangga.


    Berikan persepsi positif terhadap pernikahan

    cara mengatasi pria yang takut menikah

    (Atasi ketakutan pasangan akan pernikahan. Foto: Dok. Sandro Crepulja/Pexels)

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, bisa jadi pasanganmu memang punya trauma terhadap pernikahan dan untuk bisa meyakinkan mereka pun sulit sekali. Kamu harus bisa memberikan contoh atau persepsi lain yang positif ketika hendak membahas pernikahan. Ini akan membuatnya berpikir lagi dan menimbang semua pro dan kontra.


    Tekankan manfaat sebuah pernikahan

    Bukan hanya membahas seputar tanggung-jawab, kamu juga bisa menunjukkan pada si dia manfaat dari sebuah pernikahan. Kalian bisa saling mencintai dan sukses membangun keluarga kecil yang utuh dan bahagia. Yakinkan si dia bahwa kalian bisa sama-sama berkembang ke arah yang lebih baik dan semakin melengkapi satu sama lain. 


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Takut Komitmen)


    Cari bantuan profesional

    Jika trauma yang dimilikinya sudah terlalu dalam, kamu bisa mengajaknya berkonsultasi dengan psikolog. Bisa jadi kekhawatiran ini adalah tandanya meminta bantuan untuk melepaskan semua beban dalam hidup yang mungkin belum diceritakan padamu. 


    Semoga setelah mengetahui cara mengatasi pria yang takut menikah di atas, kamu punya pandangan dan semangat baru untuk memperjuangkan hubunganmu dengan pasangan saat ini. Selamat mencoba!

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles