Beginilah Cara Potong Rambut Segi Layer Di Rumah!


  • Beginilah Cara Potong Rambut Segi Layer Di Rumah!
    Coba trik potong rambut segi layer sendiri. (Foto: Dok. Valuavitaly/Freepik)

    Selama masa pandemi, mungkin kebanyakan dari kamu masih ada rasa takut untuk datang ke salon dan melakukan prosedur potong rambut. Tetapi banyak juga yang sudah berani dan datang ke salon untuk potong rambut. Namun, pada masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang mengharuskan semua gerai salon untuk tutup, bagaimana solusinya? Tentu salah satu adalah dengan belajar cara potong rambut sendiri di rumah. 


    Sudah banyak tutorial cara melakukan potong rambut di rumah, mulai dari Youtube hingga aplikasi teranyar saat ini yakni TikTok. Beberapa tutorial tersebut menyajikan beragam cara model potongan rambut apa yang kamu inginkan, tertutama model segi layer yang banyak diminati para wanita.




    Model potongan rambut ini cocok untuk kamu yang memiliki rambut panjang dan ingin menghadirkan rambut yang tampak lebih bervolume. Jadi jangan khawatir jika kamu menginginkan model potongan rambut segi layer karena kita akan menjabarkan tips dan trik cara potong rambut model segi layer di rumah. 


    1. Kuncir Rambut Menjadi Ponytail


    Mulai dengan menguncir rambut ke atas sehingga membentuk sebuah ponytail. Tetapi tidak membentuk ponytail biasa, kamu harus memposisikan ponytail ini persis di bagian depan rambut dekat poni. Caranya yakni dengan menyisir rambut ke bagian atas yang kemudian dilanjutkan dengan mengikatnya dengan menggunakan ikat rambut. Jangan lupa untuk mengikat rambut kamu secara rapih agar potongan rambut dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Kamu juga bisa memotong rambut dalam kondisi kering, namun jika kamu lebih nyaman memotongnya dalam kondisi basah, kamu harus lebih memperhatikan detail seberapa panjang rambut yang akan kamu potong.


    2. Posisikan Pony Tail Depan Wajah


    Tahap kedua adalah dengan memposisikan ponytail agar sejajar dengan wajah kamu dan tepat di atas hidung. Kemudian lakukan teknik twist yakni melintir rambut dari ujung ikatan rambut hingga ke ujung rambut. Sebaiknya genggam secara erat rambut yang sudah kamu pelintir agar memudahkan saat sedang memotong rambut dan hasilnyapun tidak berantakan. Bagaimana dengan bagian poni? Kamu tak perlu khawatir karena teknik twist ini akan sekaligus membentuk ponimu sehingga akan terlihat menyatu pada seluruh rambutmu dengan model layer. 


    (Baca Juga: Simak 7 Hal Penting Sebelum Potong Rambut Sendiri Di Rumah)


    3. Gunting Sesuai Panjang Yang Diinginkan


    Setelah itu, mulai potong bagian bawah rambut kamu sesuai dengan panjang yang diinginkan. Semakin banyak rambut yang kamu potong, akan semakin terlihat segi layer pada rambut kamu nantinya. Jangan lupa untuk memotong rambut kamu secara rata dengan gunting yang tajam. Jika kamu kurang yakin, mulai dengan memotong rambutmu sedikit demi sedikit dulu. Kamu juga dapat menggunakan teknik chopping untuk memotong bagian ujung rambut. Gunanya teknik chopping adalah untuk penipisan pada bagian ujung rambut. Lakukan secara perlahan-lahan, tidak perlu buru-buru ya!


    4. Bentuk Pony Tail Baru


    Langkah selanjutnya adalah melepas ikatan rambut, lalu urai setengah dari ponytail-mu dan lakukan potongan yang sama pada ponytail barumu. Kembali membagi rambutmu menjadi beberapa bagian dan lanjutkan dengan menggunting ujung rambut seperti langkah sebelumnya. Ulangi langkah ini dengan sisa rambutmu hingga kamu merasa puas dengan layer yang didapatkan. Saat sedang memotong rambut, pastikan untuk tetap fokus pada arah rambut dan gunting di tanganmu. Cara ini sangat berpengaruh pada hasil potongan rambut kamu nanti.


    5. Urai Seluruh Rambut


    Last but not least, lepas ponytail dan urai seluruh rambutmu agar kamu dapat melihat hasil layer yang telah diraih. Sisir rambutmu atau lakukan styling pada rambut dengan menggunakan curling iron sesuai dengan keinginanmu dan lihatlah hasil yang tak kalah bagusnya dengan potongan rambut dari salon.


    Beranikah kamu untuk mencoba teknik potong rambut segi layer di rumah ini? 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below