Takut Ditolak, Apa Yang Harus Dilakukan?


  • Takut Ditolak, Apa Yang Harus Dilakukan?
    (Lakukan hal ini saat kamu takut ditolak. Foto:Dok.Cottonbro/pexels)

    Pengalaman ditolak oleh orang yang kita cintai bisa membuat rasa percaya diri kita berkurang. Jika kamu pernah mengalaminya sekali, atau beberapa kali, kamu mungkin ingat betapa sakitnya dan khawatir hal itu akan terjadi lagi.

    Namun bukan berarti saat kamu pernah dikecewakan di masa lalu, lantas tak ada cara untuk memperbaikinya di masa depan. Oleh sebabnya penting untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan saat kamu takut ditolak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretannya.


    (Baca juga: Ketahui 3 Alasan Pria Menjauh Setelah Ditolak)


    Ingatlah bahwa semua orang pernah mengalami penolakan

    Penolakan adalah pengalaman yang cukup umum dan wajar untuk ditakutkan. Banyak orang yang mengalami penolakan atas hal-hal baik besar maupun kecil setidaknya beberapa kali dalam hidup mereka, seperti, ditolak kencan, tidak menerima undangan pesta, ditolak suatu pekerjaan, dan lain sebagainya. Ingat, kamu harus mengingatkan diri kamu bahwa penolakan adalah bagian normal dari kehidupan, sesuatu yang akan dihadapi oleh setiap orang di pada suatu titik. Hal itu juga akan membantu kita belajar dan berkembang. Dengan menyadari hal itu, dapat membantu kamu mengurangi rasa takut.


    Belajar membuka diri

    Belajarlah untuk membuka dirimu pelan-pelan dengan mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan kamu dengan cara yang jelas. Cobalah untuk tidak menyembunyikan perasaan negatif di ‘bawah karpet’ dan sebaiknya masalah tersebut dibicarakan dengan baik-baik karena jika tidak ditangani dan kamu menyimpannya sendiri, dapat berujung pada kebencian.


    (Baca juga: Yang Harus Dilakukan Ketika Pacar Tidak Menghargai Kita)


    Kembangkan harapan yang realistis tentang suatu hubungan

    Mungkin kamu terlalu fokus pada impian kamu tentang bagaimana seharusnya suatu hubungan daripada kenyataan tentang hubungan itu sendiri. Tidak ada yang namanya pasangan yang sempurna. Kamu dan pasanganmu masih harus belajar setiap harinya tentang kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Jika pasangan kamu melakukan sesuatu yang mengecewakan, jangan selalu berasumsi bahwa kegagalan itu disengaja -- terkadang orang hanya membuat kesalahan.


    Ingat self-worth kamu

    Ditolak memang bisa jadi hal yang sangat menakutkan apalagi jika kamu pernah mengalaminya. Jika kamu pernah berkencan beberapa kali dengan seseorang yang tiba-tiba dia berhenti membalas SMS, kamu mungkin khawatir kamu telah membuat mereka bosan atau mereka tidak menganggap kamu cukup menarik. Padahal, belum tentu karena itu. Seringkali, penolakan terjadi karena kasus kebutuhan yang tidak cocok. Membangun kepercayaan diri dan harga diri dapat membantu kamu mengingat bahwa kamu sepenuhnya layak untuk dicintai dan jadikan suatu penolakan sebagai pelajaran untuk lebih mengembangkan diri kamu.


    Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan saat kamu takut ditolak. Selamat mempraktikkannya.


    (Penulis: Putri Raiza)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles