Reza Rahadian Jadi Ketua Umum Festival Film Indonesia 2021


  • Reza Rahadian Jadi Ketua Umum Festival Film Indonesia 2021
    (Reza Rahadian jadi ketua umum Festival Film Indonesia 2021-2023.Foto:Dok.FFI)

    Badan Perfilman Indonesia telah menunjuk aktor Reza Rahadian sebagai ketua umum Festival Film Indonesia periode 2021 - 2023. Bersama jajaran komite lainnya, ajang penghargaan tahun ini akan mengangkat tema baru.

    Melihat perubahan yang masa pandemi memunculkan ide para komite untuk mengangkat Sejarah Film dan Media Baru sebagai tema Festival Film Indonesia. Topik ini juga didukung dengan subtema Beralih Masa Bertukar Rasa Film Indonesia.




    (Baca Juga: Laura Basuki, Ernest Prakasa & Pemenang Piala Citra FFI 2020)


    “Sejarah film Indonesia merupakan perjalanan karya yang perlu diingat, menjadi bahan renungan bersama dan pelajaran berharga, tidak hanya bagi pelaku tapi juga seluruh ekosistem perfilman dalam pencapaian film Indonesia di era berkembangnya media baru saat ini." jelas Reza Rahadian.

    “Pandemi seperti ini menjadi momen kontemplatif yang menyadarkan kita pentingnya arti dari sebuah sejarah. Perubahan akan selalu ada, termasuk di industri perfilman, dan akan terjadi terus menerus seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, Festival Film Indonesia juga akan selalu mencari, memperbaiki, dan menyempurnakan setiap aspeknya," tambahnya.


    (Baca Juga: Daftar Lengkap Nominasi FFI untuk Piala Citra 2019)


    Tahun ini, industri film Indonesia masih berjuang menghadapi pandemi. Reza Rahadian melihat insan film Indonesia tetap berupaya melahirkan karya-karya terbaik dan membuat perfilman Indonesia tetap bergerak di tengah situasi yang tidak mudah dan ruang gerak yang lebih terbatas. Ia menegaskan, “Film Indonesia akan terus hidup. Karya sineas dan kecintaan masyarakat terhadap film Indonesia akan menjadi semangat untuk terus memajukan film Indonesia.”

    Oleh sebabnya, dalam rangka menyambut Piala Citra tahun ini pendaftaran film akan dibuka mulai tanggal 15 Juli - 30 Agustus 2021. Seleksi dan penjurian akan berlangsung mulai tanggal 30 Agustus 2021 sampai 25 Oktober 2021. Sementara untuk ketua bidang penjurian akan dipimpin oleh Garin Nugroho.


    (Baca Juga: Yang Mencuri Perhatian di Karpet Merah Piala Citra 2019)

    Reza Rahadian jadi ketua umum festival film indonesia
    (Garin Nugroho jadi ketua penjurian FFI 2021.Foto Dok.FFI)


    Penjurian tahun ini menawarkan beberapa penyempurnaan dari tahun-tahun sebelumnya. Garin Nugroho mengungkapkan, “Ketentuan penjurian ini adalah kelanjutan dari ketentuan yang sudah terbangun sebelumnya melalui evaluasi dan input berbagai kalangan. Komite FFI tahun ini membangun tiga hal penting dalam aspek penjuriannya, yaitu peran asosiasi profesi perfilman, keterlibatan aktif masyarakat, dan juga sistem dewan juri.”

    Selain ketua dan jajaran komitenya, FFI tahun ini juga akan menambahkan kategori baru di antaranya adalah Film Favorit, Aktor Favorit, Aktris Favorit, dan Kritik Film. 

    Setelah melewati kurasi dan penjurian dari sejumlah sineas, malam nominasi direncakan akan diselenggakan pada 10 Oktober 2021.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below