Cara Menyembuhkan Trauma Cinta Dengan Mudah


  • Cara Menyembuhkan Trauma Cinta Dengan Mudah
    Beberapa cara untuk mengatasi trauma cinta (Foto:Dok.cottonbro/pexels)

    Trauma adalah jenis luka psikologis yang muncul karena pengalaman yang menyedihkan, seperti kehilangan, bahaya, atau rasa malu yang mendalam. Trauma percintaan pada masa lalu bisa mempengaruhi orang untuk takut jatuh cinta dan sulit membuka hati untuk orang lain. Menyembuhkan trauma cinta memang membutuhkan waktu yang lama, namun bukan berarti mustahil untuk disembuhkan.

    Maka dari itu, ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mendukung diri kamu sendiri melalui proses penyembuhan dan melindungi kesehatan emosional kamu. Berikut ada beberapa cara menyembuhkan trauma cinta dengan mudah.


    (Baca juga: Cara Memaafkan Suami Yang Selingkuh)


    Mengakui dan menerima

    Cara pertama untuk menyembuhkan trauma cinta adalah dengan mengakui dan menerima rasa trauma itu sendiri. Banyak orang yang terjebak lama dalam rasa sakit mereka karena mereka tidak ingin mengakui dan menyangkalnya. Semakin kamu menolaknya maka kamu akan semakin tertekan.

    Padahal, dengan kamu mengakui dan menerimanya, kamu dapat berdamai dengan trauma. Maka lepaskan dan terima bahwa masa lalu itu akan menjadi suatu pelajaran yang berharga yang membuatmu menjadi kuat dan terbiasa.


    Fokus pada perkembangan diri

    Cara menyembuhkan trauma cinta lainnya adalah dengan rasa memfokuskan terhadap perkembangan diri. Daripada kamu membuang waktu untuk meratapi masa lalu dan menyesalinya terus menerus, lebih baik fokuskah diri untuk mengasah kemampuan kamu. Fokus pada karier, studi, menekuni hobi yang sudah lama ditinggalkan, dan mencoba hal-hal baru.


    (Baca juga: Tanda Pacar Belum Siap Menikah)


    Jaga dirimu

    Cara menyembuhkan trauma cinta dengan mudah

    (Cara menyembuhkan trauma cinta dengan mudah adalah dengan menjaga dirimu.Foto:Dok.valeria/pexels)

    Saat kamu patah hati, mengurus kebutuhan pribadi sepertinya bukanlah hal utama yang menjadi prioritas. Bernapas dalam-dalam, meditasi, dan olahraga bisa menjadi cara yang bagus untuk menghemat energi kamu. Berusaha untuk makan dan tetap terhidrasi pelan-pelan, satu per satu.


    Terapi

    Jika kamu membutuhkan bantuan tambahan, terapi dapat menjadi sumber yang bagus untuk memberimu dukungan dan membantu melepaskannya. Kamu dapat belajar cara mengubah pikiran negatif yang tidak membantu. Ingatlah bahwa setiap orang pernah patah hati pada satu waktu. Beri diri kamu ruang, waktu, dan kasih sayang yang pantas kamu dapatkan.


    Dengan mengikuti cara menyembuhkan trauma cinta di atas, secara perlahan kamu bisa mulai membuka hati lagi dengan orang lain. Selamat berproses.


    (Penulis: Putri Raiza)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles