Life & health

Cara Membuat Lilin Aromaterapi

By : Her World Indonesia - 2021-07-02 16:06:00 Cara Membuat Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi adalah istilah untuk lilin yang mengandung minyak esensial. Minyak esensial sendiri merupakan cairan pekat yang berasal dari bahan-bahan alami seperti, lidah buaya, bunga anggrek, sari-sari buah, dan berbagai jenis tumbuhan lainnya, biasanya lilin aromaterapi bisa mempertahankan wangi dengan durasi panjang serta mampu mengeluarkan harum hampir ke seluruh ruangan. Beberapa lilin aromaterapi mengandung minyak esensial, sebagian lain merupakan campuran antara minyak esensial dan wewangian buatan. Bisa dibilang, cara membuat lilin aromaterapi cukup mudah, lho. 


Lilin aromaterapi mengandung 100% bahan alami dan diberi wewangian dengan minyak aromaterapi yang mudah menguap atau yang biasa disebut sebagai minyak esensial. Minyak aromatik ini adalah hasil ekstrak dari berbagai metode ekstraksi wewangian seperti distilasi, cold-press & enfleurage (minyak esensial), ekstraksi pelarut (absolut), dan ekstraksi CO2 (CO2). Enfleurage adalah salah satu metode ekstraksi minyak atsiri tertua tetapi jarang digunakan saat ini. 


Bukan hanya sebagai hiasan semata di rumah, tetapi lilin aromaterapi juga memiliki segudang manfaat. Kamu bisa menggunakan lilin aromaterapi sebagai sarana meditasi maupun relaksasi. Melakukan meditasi dengan aromaterapi, atau sekadar bersantai dan beristirahat di ruangan sunyi dengan lilin aromaterapi merupakan salah satu cara yang mudah dan efektif untuk melepaskan stres.


Diketahui bahwa manfaat lilin aromaterapi itu berdasarkan aromanya yang beragam. Seperti aroma bunga melati dipercaya dapat membangkitkan gairah cinta bagi pasangan, aroma lavender yang banyak disukai karena manfaatnya yang dapat menyegarkan pernapasan, memiliki kandungan antibakteri yang berguna bagi kulit, dan juga dapat meredakan sakit kepala.


Lalu ada aroma sandalwood yang dapat menenangkan suasana hati dan meringankan stress, aroma mawar yang dapat mengatasi gangguan tidur dan membangkitkan mood, dan aroma-aroma lainnya yang memiliki manfaat yang berbeda. Meski kamu bisa membeli produk jadinya di toko, kamu juga bisa lho, kalau mau bereksperiman dan mencoba membuat sendiri di rumah.


Tak perlu khawatir, caranya cukup mudah dan tak memerlukan bahan-bahan yang rumit. Asalkan kamu konsisten dan sabar, pasti kamu juga bisa membuatnya. Nah, jika kamu memutuskan untuk membuat lilin aromaterapi sendiri, pastikan kamu mengikuti cara membuat lilin aromaterapi di rumah berikut ini.


(Baca Juga: Rekomendasi Lilin Aromaterapi untuk Bersantai di Rumah)


Bahan-bahan: 

- Lilin secukupnya (kamu bisa menggunakan lilin parafin biasa, atau lilin alami seperti beeswax, lilin kedelai, atau lilin kelapa sawit).

- Minyak aromaterapi secukupnya (jenis dan variannya dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kamu).

- Wadah lilin (bisa berupa toples, kaleng, gelas, mangkuk kecil atau wadah dengan bentuk-bentuk yang unik dan lucu).

- Sumbu kecil.

- Panci.

- Pewarna makanan sesuai selera (opsional).


(Baca Juga: Manfaat Lilin Aromaterapi Untuk Kesehatan)


Langkah-langkah: 

Langkah 1: 

Langkah yang pertama adalah dengan menyiapkan wadah untuk lilin, lalu simpan sumbu di tengah wadah. Agar sumbu tertata rapi, tahan sumbu dengan menggulungkan atau merekatkannya pada pensil, pulpen, atau sumpit yang dilintangkan di atas wadah.


Langkah 2: 

Potong lilin menjadi bagian-bagian kecil agar mudah dicairkan dan masukkan ke dalam panci kecil atau mangkuk penghantar panas.


Langkah 3: 

Setelah itu, panaskan air dalam panci, lalu tunggu hingga mendidih. Kecilkan api, lalu simpan panci/mangkuk berisi lilin di atas air. 


(Baca Juga: Cara Mengurangi Mata Minus)


Langkah 4: 

Aduk-aduk adonan lilin hingga mencair dan teteskan pewarna makanan hingga muncul warna yang diinginkan. 


Langkah 5: 

Matikan kompor, lalu turunkan suhu lilin dengan cara mengaduknya. Segera teteskan minyak aromaterapi, lalu aduk hingga larut. Jumlah tetesan minyak aromaterapi dapat diatur sesuai keinginan kamu. Biasanya dibutuhkan 10 tetes minyak aromaterapi per 450 gram lilin untuk menghasilkan lilin yang cukup wangi tetapi tidak terlalu tajam.


Langkah 6: 

Setelah minyak aromaterapi larut, tuangkan lilin pada wadah, lalu tunggu hingga membeku. Saat menuangkan, pastikan lilin tidak menenggelamkan ujung sumbu.


Itulah cara membuat lilin aromaterapi kamu sendiri di rumah dengan mudah dan murah. Hanya dalam waktu singkat, lilin aromaterapi buatan sendiri sudah dapat digunakan!


(Penulis: Putri Raiza) 

Life & health