Sejumlah Manfaat Lemon Untuk Wajah yang Jarang Diketahui


  • Sejumlah Manfaat Lemon Untuk Wajah yang Jarang Diketahui
    Segudang manfaat lemon untuk kecantikan wajah kamu (Foto:Dok.pixabay/pexels)

    Beberapa orang kerap menyukai perawatan kulit yang alami dibandingkan membeli produk-produk perawatan wajah yang mahal atau pergi ke salon kecantikan. Salah satu yang sering kali dimemanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit adalah lemon. Apakah kamu pernah mencobanya?

    Dirangkum dari berbagai sumber, lemon memiliki sumber vitamin C yang dipercaya bisa merawat kesehatan kulit wajah. Selain itu, bahan alami yang satu ini juga mengandung kalsium, magnesium dan kalium yang berkhasiat merawat kulit dari luar. Lalu apa lagi? berikut manfaat lemon untuk wajah yang jarang diketahui.




    (Baca juga: Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh)


    Pelembab

    Perpaduan sempurna antara kandungan antioksidan dan anti bakteri dapat membasmi bakteri pada kulit wajah. Untuk membuat versi kamu sendiri, campurkan beberapa tetes air kelapa dengan beberapa tetes jus lemon. Campuran kelapa dan lemon mampu melembabkan kulit kamu sekaligus mencerahkannya. Kamu juga bisa mencampurnya dengan minyak almond atau kenari untuk mencegah kulit kamu dari kerutan-kerutan penuaan dini. 


    Menambahkan glowing

    Siapa yang tidak ingin wajahnya terlihat glowing secara alami? Lemon adalah buah citrus yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit wajah kamu. Marina Peredo, selaku dokter kulit, mengatakan bahwa, "Vitamin C adalah antioksidan yang bagus untuk menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen.” Kulit menjadi tampak lebih bersih dan segar. Kamu bisa membuat DIY masker di rumah dengan mudah, caranya dengan campur satu sendok makan air lemon dengan dua sendok makan krim susu lalu aplikasikan ke wajahmu dan biarkan di wajah selama 10 menit. Kamu juga bisa siapkan minyak zaitun, minyak vitamin E, dengan beberapa tetes jus lemon lalu semua bahan diaduk rata dan oleskan pada wajah yang bersih. Setelah 10 menit, bilas wajahmu dengan air bersih. Hal ini membantu melembabkan kulit kamu sekaligus mengencangkan dan memberikan kilau yang sehat.


    (Baca juga: Manfaat Kumis Kucing)


    Menghilangkan komedo

    Lemon juga bermanfaat dalam mengatasi komedo. Kandungan asam sitrat yang merupakan bentuk alami dari asam alfa hidroksi (AHA) dapat membersihkan pori-pori dan mengangkat komedo. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker atau langsung mengaplikasikan sisa-sisa dari perasan lemon untuk kulit wajah.


    Mengatasi kerutan di wajah

    Sebagai wanita tentunya memiliki rasa khawatir dan takut apabila tanda-tanda penuaan dini telah muncul. Namun, tanda-tanda penuaan dini berupa keriput, age spot, dan pigmentasi bisa kamu atasi dengan menggunakan lemon. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon bersifat antioksidan yang dapat membantu sel-sel kulit wajah untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, antioksidan pada lemon juga mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga tanda penuaan bisa diatasi dengan cepat dan mengembalikan elastisitas kulit.


    (Baca juga: Mengenal Manfaat Kandungan Kaolin Clay Untuk Kulit Berminyak)


    Mengobati jerawat

    Manfaat lemon untuk kulit yang tidak kalah penting adalah mengobati jerawat. Kandungan antibakteri dan anti-inflamasinya mampu menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit, sekaligus membersihkan penyumbatan pori-pori. Jika pori-pori yang tersumbat tidak dibersihkan maka wajah kita akan lebih rentan untuk terkena kotoran sehingga menjadi jerawatan. Namun jangan khawatir, khasiat dalam lemon bersifat anti bakteri sehingga bisa menyingkirkan kotoran dan kerusakan pada kulit wajah. 


    Mengangkat sel-sel kulit mati

    Buah lemon mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di wajah karena lemon mengandung antiseptik yang dapat membersihkan kulit wajah kamu. Antiseptik berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah kamu tampak sehat dan segar.


    Eksfoliasi Bibir

    Selain untuk kulit wajah, lemon juga bermanfaat untuk kesehatan bibir kamu. Bibir yang gelap dapat disebabkan oleh faktor pola makan, gaya hidup kurang sehat, dan merokok. Vitamin C pada lemon bisa membantu kamu mengatasi bibir yang gelap namun tentu dengan bantuan pola hidup dan pola makan yang sehat. Kamu mencampurkan sedikit gula dengan air lemon. Aplikasikan ke bibir kamu sembari dipijat selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. 


    Itulah sejumlah manfaat lemon untuk wajah yang jarang diketahui. Setelah mengetahui informasi di atas, apakah kamu tertarik mencobanya?

    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below