Lebaran Mau Makan Enak Sepuasnya? Hati-Hati Kolestrol!


  • Lebaran Mau Makan Enak Sepuasnya? Hati-Hati Kolestrol!
    Lebaran Mau Makan Enak Sepuasnya? Hati-Hati Kolestrol! (Foto: Dok.m.brilio.net/pinterest)

    Setelah berpuasa, sudah menjadi budaya bagi masyarakat muslim menyambut lebaran dengan makanan khasnya, seperti opor maupun rendang, akan tetapi apakah kamu tahu? Beberapa dari menu makanan lebaran memiliki tingkat lemak jahat yang tinggi, meskipun orang tua selalu mengatakan bahwa, banyak makan tubuhpun menjadi sehat, tetapi hal itu tidak sepenuhnya benar.


    Segala sesuatu yang berlebihan tentu akan membuahkan sesuatu yang buruk. Meskipun setelah lebaran kamu mau makan enak sepuas kamu tapi tetap jangan sampai berlebihan, harus dijaga porsi makannya, karena kalau tidak hati-hati bisa sebabkan menyebabkan penyakit kolestrol.




    (Baca Juga : 21 Bahan Makanan Yang Harus Ada Di Rumah Saat Bulan Ramadan)


    (Sop konro. Foto: Dok.Kiena/YummyApp)


    Diketahui dari detik.com, terdapat beberapa menu makanan enak yang selalu ada saat lebaran Idul Fitri tiba, beberapanya yaitu rendang, opor ayam, sop konro dan juga gulai ayam. Bahkan ketika nama makanan-makanan itu disebutkan saja sudah membuat perut lapar dan tidak sabar untuk menyambut lebaran.


    Kalau diperhatikan baik-baik, makanan-makanan yang disebutkan di atas sebagian besar menggunakan santan sebagai bahan dasar untuk menyempurnakan ataupun memperkaya makanannya.


    Apakah penyebab penyakit kolestrol tersebut berasal dari santan? Menurut halodoc, santan sebagai pemicu kolestrol adalah sebuah mitos. Pengonsumsian santan tidak berkaitan dengan kolestrol sama sekali. Namun, bukan berarti santan boleh dikonsumsi dengan sembarangan, tetap saja santan harus dikonsumsi dengan kadar yang baik agar dapat memberikan manfaat yang baik pula, seperti antiperadangan, antimikroba, menurunkan berat badan, dan juga meningkatkan imunitas tubuh, tentunya dengan kadar dan porsi yang tepat.


    Momen Lebaran biasanya diramaikan oleh makanan yang beragam dan pada waktu yang berbahagia itu kadang membuat kita menjadi lupa diri dan akhirnya makan enak sepuasnya, tanpa berhati-hati memikirkan kadar yang seharusnya agar tidak memicu penyakit kolestrol.


    (Baca Juga: 5 Aplikasi Kesehatan Wajib Kamu Punya)


    Umumnya, makanan yang sangat memicu kolestrol adalah daging ayam yang berlemak, hati sapi, daging olahan, udang dan juga gorengan, hal ini karena semua bahan tersebut mengandung banyak lemak jenuh maupun jahat yang dapat sebabkan kolestrol.


    Sop konro yang kaya akan daging iga sapi dan juga jeroan bisa masuk dalam salah satu sumber dari makanan yang berkolestrol tinggi dengan total kalori per 1 mangkuknya sebesar 140 kkal. Perlu diketahui penyakit kolestrol ini akan sangat terpicu ketika kamu menyantap makanan enak ini sepuasnya saat Lebaran nanti.


    Menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan pada saat melakukan puasa saja, tetapi juga pada saat Lebaran. Memikirkan banyaknya menu makan enak memang membuat ngiler dan ingin makan sepuasnya, tetapi kamu harus tetap berhati-hati agar tidak memicu penyakit kolestrol dengan menjaga porsi makanan kamu.


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below