Jangan Dibuang! Manfaatkan Kemasan Kosmetik Kosong Untuk Ini


  • Jangan Dibuang! Manfaatkan Kemasan Kosmetik Kosong Untuk Ini
    Jangan Dibuang! Manfaatkan Kemasan Kosmetik Kosong Untuk Ini. (Image: Dok. Olena Sergienko/ Unsplash)

    Sebagai seorang wanita yang rajin merawat wajah tentu memiliki serangkaian produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap harinya, baik pagi dan malam hari. Tak hanya produk skincare, sebagian besar wanita juga pasti memiliki lebih dari satu untuk setiap jenis produk beauty. 


    Semakin lama, produk-produk skincare dan makeup ini akan habis dan kamu hanya akan mendapati koleksi botol kosong yang tergeletak di meja riasmu. Apa yang akan kamu lakukan dengan koleksi botol kosong tersebut? Hmmm… mungkin mudah saja untuk membuang koleksi botol kosong ini. Eits, tunggu dulu karena ternyata sebagian besar botol-botol kosong ini dapat digunakan kembali. 




    Berikut ini beberapa cara mudah untuk daur ulang sampah kosmetik. Simak!


    Simpan Botol Kosong Untuk Digunakan Kembali Saat Travelling


    Apakah kamu memiliki botol kosong dengan ukuran kecil? Jika iya, jangan terburu-buru untuk membuangnya, karena kamu dapat menggunakannya kembali saat berpergian. Setelah botol-botol produk skincare ini habis, cuci wadah dengan sabun dan biarkan hingga kering. Kemudian simpan di suatu tempat untuk digunakan nanti saat akan bepergian. 


    Gunakan Sebagai Vas Bunga


    Botol parfum dan body oil seringkali disimpan dalam botol kaca cantik yang, jika dikosongkan, dapat digunakan kembali dengan cukup mudah. Lepaskan tutup atau pompa apa pun, cuci dan keringkan botol, lalu gunakan sebagai vas bunga.


    Gunakan Produk Dalam Kemasan Jar Cantik Sebagai Pot untuk Succulent


    Beberapa produk skincare memiliki kemasan yang beragam, dari yang super imut hingga yang simpel dan klasik. Terkadang sangat cantik sehingga tidak ingin untuk membuangnya! Nah, sekarang kamu bisa menggunakan kemasan produk skincare dalam kemasan jar sebagai pot untuk menanam succulent


    Cukup cuci dengan air hangat dan sabun untuk memastikan bekas kemasan bebas dari sisa-sisa produk perawatan kulit, dan lepaskan label atau stiker yang mungkin masih menempel pada jar. Kemudian, bersihkan jar dan isi dengan tanah dan kerikil, lubangi bagian bawah pot agar drainase lancar untuk memastikan air tidak menggenang di dalam pot. Sirami tanah sesekali untuk melembabkannya dan membantunya mengendap.


    Selanjutnya, keluarkan succulent dari wadah pembibitan, buang tanahnya dan letakkan di dalam pot. Kemudian tutupi bagian atas tanah dengan kerikil. Succulent dapat tumbuh subur tanpa banyak air atau sinar matahari! Siramlah hanya ketika tanah terlihat kering, dan simpan tanaman di tempat yang mendapat banyak cahaya, tetapi jauhi dari sinar matahari langsung. 


    Simpan Jar Kosong untuk DIY Face Masker


    Are you crazy about DIY face mask? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan jar kosong bekas produk skincare untuk membuat DIY face mask. Pastikan kamu sudah membersihkan jar kosong agar sisa-sisa produk skincare tidak mengontaminasi DIY face mask yang kamu buat. 


    Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat DIY face mask adalah gunakan bahan-bahan yang ramah di kulit dan gunakan takaran yang pas untuk seluruh bahan yang dibutuhkan. Tak lupa, selalu lakukan patch test terlebih dahulu dengan mengaplikasikan sedikit hasil racikanmu di bagian belakang telinga untuk memeriksa apakah kulitmu cocok atau tidak. Jika muncul tanda-tanda ketidakcocokan, segera hentikan pemakaian. 


    Gunakan Foundation Cushion yang Sudah Habis Sebagai SPF Cushion


    Apakah kamu sering merasa kesulitan untuk re-apply sunscreen tanpa merusak riasan wajah? Ini rahasianya, ada cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk re-apply sunscreen tanpa merusak riasan wajah adalah dengan menggunakan SPF cushion. 


    Alih-alih membeli produk SPF cushion baru, kamu dapat memanfaatkan foundation cushion yang sudah habis sebagai SPF cushion. Kamu hanya cukup membutuhkan foundation cushion kosong dan SPF favorit kamu dengan konsistensi watery atau milky. 


    Pertama, keluarkan spons dari dalam cushion compact. Kemudian, bersihkan puff dan spons menggunakan metode double cleansing hingga benar-benar bersih, lalu biarkan mengering. 


    Kedua, tempatkan SPF dengan konsistensi watery atau milky agar dapat terserap dengan baik oleh spons ke dalam cushion compact yang baru dibersihkan. Isilah sekitar sepertiga bagiannya. Setelah tabir surya dituangkan, masukkan kembali spons. Tekan di sekitar permukaan spons untuk memastikan tabir surya terserap sepenuhnya oleh spons. Setelah tabir surya dituangkan, masukkan kembali spons. Tekan permukaan spons untuk memastikan tabir surya terserap sepenuhnya oleh spons, and SPF cushion ready to use!


    Gunakan Tempat Lilin Aromaterapi Sebagai Tempat Brush


    Lilin aromaterapi biasanya dikemas dalam jar kaca yang cantik. Setelah lilin aromaterapi sudah habis terbakar, kamu dapat menggunakannya kembali untuk banyak purpose, salah satunya adalah sebagai tempat brush. 


    Cukup bersihkan jar lilin aromaterapi dengan sabun hingga benar-benar bersih, lalu keringkan and voila: kamu memiliki tempat brush baru!


    Itulah beberapa cara mudah untuk mendaur ulang sampah kosmetik. Selain dapat memanfaatkan kembali botol-botol produk kosong, ini juga bisa menjadi kegiatan menyenangkan di waktu luang kamu, lho!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below