7 Ide Manfaatkan Botol Kaca Untuk Dekorasi Rumah


  • 7 Ide Manfaatkan Botol Kaca Untuk Dekorasi Rumah
    Ini yang bisa kamu manfaatkan dari botol kaca untuk dekorasi rumah (Foto:Dok.Sharon/Pexels)

    Dibuang sayang. Begitu setiap kali melihat botol kaca bekas minuman, selai atau bumbu dapur yang telah habis dipakai. Apalagi sekarang desain kemasan minuman dari kaca banyak yang cantik dan menggemaskan. Beberapa ide di bawah ini bisa disimak untuk memanfaatkan kembali botol kaca atau toples sebelum memutuskan untuk dibuang.


    (Baca Juga: 5 Tanaman Hias Termahal Tahun 2020)




    1. Terarium dan Aquarium


    (Manfaat botol kaca untuk terarrium.Foto:Dok.Katarzyana/Pexels)

    Toples atau botol kaca bentuknya gembung bisa dimanfaatkan sebagai taman kecil (terrarium) atau pun aquarium. Hobi menata tanaman dan memelihara ikan semakin banyak diminati semenjak kita berkegiatan di rumah. Manfaatkan hobi ini untuk mempercantik ruang keluarga kamu. 


    2. Kebun Herbal

    Menggunakan tanaman herbal untuk memperkaya rasa masakan kamu, tanpa harus membeli atau memetiknya di kebun? Ini solusinya. Deretkan toples kaca di dekat jendela dapur, dan tanam berbagai herbal yang mudah tumbuh seperti parsley, rosemary, thyme atau pun cilantro.


    3. Dekorasi Dapur

    Selain bisa diisi oleh bumbu-bumbu dapur, rempah kering, atau pasta, deretan botol atau toples kaca juga bisa dipajang cantik di salah satu sudut dapur. Lebih sempurna jika kamu membuatkan ambalan dengan jarak yang disesuaikan dengan tinggi botol. Mencari bumbu menjadi lebih mudah dan praktis. 


    (Baca Juga: 12 Akun Instagram Seru Untuk Ide Dekor Rumah Dengan Tanaman)


    4. Frame Unik

    Pernah ngga terpikir memasukkan foto ke dalam botol bekas dan memajangnya di meja ruang keluarga? Jika bosan, foto bisa diganti secara berkala. Kumpulkan botol kaca bening berbagai bentuk, agar bisa dipajang acak atau berderet.


    5. Tempat Lilin


    (Tempat meletakkan lilin.Foto:Dok.Lena/Pexels)

    Botol atau toples kaca yang mungil dan pendek bisa dimanfaatkan untuk wadah lilin. Isi dengan sedikit batu kerikil atau pasir berwarna yang biasa dipakai untuk aquarium untuk membuatnya lebih unik dan cantik. Botol berbagai bentuk dan ukuran bisa dimanfaatkan untuk keperluan ini. 


    6. Wadah Aksesori


    (Untuk tempat aksesoris.Foto:Dok.Rena/Pexels)

    Jika kamu mengoleksi beragam aksesori seperti gelang atau kalung, botol kaca yang bentuknya tinggi memanjang dan melebar di bagian bawah, bisa menjadi tempat untuk bertenggernya koleksi kamu. Gelang manik bisa di’kalung’kan di leher botol, begitupun dengan kalung yang tidak terlalu panjang. Kelompokkan aksesori sesuai dengan bahannya, misalnya manik, emas, perak atau resin.


    7. Lampu Gantung

    Botol-botol cantik seringkali tidak tega membuangnya. Kamu bisa menikmatinya setiap hari dalam bentuk yang berbeda, misalnya ketika botol tersebut dijadikan lampu gantung (chandelier). Menatanya memang perlu keahlian khusus agar terlihat artistik. 


    Itulah ide memanfaatkan botol atau toples kaca bekas yang bisa jadi solusi mempercantik ruangan. Selamat bereksperimen!


    (Penulis oleh: Shantica Warman)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below