Waspada, Ini Penyebab Ketombe Paling Umum


  • Waspada, Ini Penyebab Ketombe Paling Umum
    Penyebab timbulnya ketombe yang harus kamu hindari. (Foto: Dok. /unsplash)

    Kulit kepalamu gatal? Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketombe khususnya remaja. Ketombe muncul di kulit kepala seperti sel-sel kulit mati yang menyebabkan gatalnya di area kepala.




    Untuk menghilangkannya, kamu perlu menggunakan sampo berbahan anti dandruff dengan kandungan asam salisilat, tea tree oil, berbahan dasar tar, selenium sulfide dan zinc pyrithione. Jika kamu ingin menggunakan bahan alami, kamu dapat menggunakan minyak kelapa dan lidah buaya. Minyak kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kulit kering. Untuk lidah buaya, dapat membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepalamu dengan mengurangi peradangan.


    Namun, sebelum kamu menghilangkannya, kamu perlu mengetahui penyebab utama dari timbulnya ketombe pada kulit kepala sehingga kamu dapat menghindarinya untuk mencegah datangnya ketombe. Berikut penyebab ketombe paling umum yang harus kamu ketahui. Yuk, simak ulasannya.


    Suhu Udara

    Kombinasi cuaca dingin dan ruangan yang terlalu panas bisa menimbulkan ketombe pada kulit kepalamu. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perawatan secara maksimal. Hal ini dikarenakan bahwa kulit kepala tidak kuat menahan campuran suhu yang menyerap.


    (Baca Juga: Waspada! Inilah Penyebab Rambut Rontok Parah)


    Dermatitis Seboroik

    Dermatitis Seboroik merupakan penyakit kulit yang paling sering menyerang area kulit kepala. Kamu perlu berhati-hati karena biasanya akan mengalami kulit berminyak dan iritasi. Namun, penyakit ini juga dapat terjadi di wajah, telinga, alis, dan berbagai tempat lainnya yang mengandung kelenjar minyak.


    Jarang Menyisir Rambut

    Jika kamu sering mengabaikan dalam merapikan rambut. Maka, ketombe akan mudah timbul dan menumpuk di kulit kepalamu. Oleh karena itu, kamu harus sering menyisir rambut untuk membantu dalam mengelupas kulit.


    (Baca Juga: Skin Care yang Harus Dimiliki oleh Kulit Berminyak)


    Kulit Kering

    Kulit kepala kamu bisa mengering dan menyebabkan ketombe dengan kombinasi rasa gatal secara bersamaan. Tetapi, kulit kepala akan terlihat dengan ukuran lebih kecil dari biasanya.


    Jarang Mencuci Rambut

    Tak heran ketombe akan terus muncul di area kepala jika rambut jarang dicuci dengan bersih. Kamu perlu menggunakan sampo anti ketombe untuk mengurangi gatal dan minyak pada kulit kepalamu.


    Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati dan sering merawat rambutmu agar terhindar dari timbulnya ketombe pada area kulit kepalamu.


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below