5 Hobi Yang Bermanfaat Selama Pandemi


  • 5 Hobi Yang Bermanfaat Selama Pandemi
    Deretan hobi yang bermanfaat untuk dilakukan selama pandemi. (Foto: Dok. Rulo/Pexels)

    Berada di tengah pandemi dan situasi yang tak pasti, wajar rasanya jika kita merasa stres dan tertekan. Apalagi saat kita harus meminimalisir kegiatan di luar dan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Inilah alasan sebagian besar dari kita memilih untuk fokus pada hobi. Dilansir dari situs Develop Good Habits, hobi adalah aktivitas yang dilakukan di luar pekerjaan. Hobi pun jadi sebuah bentuk stress-reliever, memaksa kita untuk keluar dari tekanan pekerjaan, dan membantu kita mengeksplor talenta dalam diri.


    Dalam Yolo Podcast, Novita Angie, Iwet Ramadhan, dan Dave Hendrik bagikan beberapa jenis hobi bermanfaat. Bagi kamu yang masih mencari ide hobi untuk menghabiskan waktu luang sekaligus bermanfaat bagi mental dan fisik, simak di sini, ya.




    Bertanam

    Bertanam menjadi salah satu hobi baru yang populer. Kegiatan ini dianggap mampu menghilangkan rasa lelah dan suntuk dan bisa meningkatkan koordinasi serta kekuatan tangan. Bertanam juga bisa melepas hormon bahagia sehingga bisa meredakan stres dan masalah psikis lainnya. 


    Ini juga yang dirasakan oleh Novita Angie dengan hobi menanamnya. "Dengan bertanam, gue menemukan kebahagiaan sesimpel melihat ada tunas yang tumbuh di tanaman gue," ujar Angie.


    Bersepeda

    Hobi lain yang mendadak dinikmati sejak pandemi adalah bersepda. Bahkan, permintaan sepeda di berbagai negara melonjak drastis. Kini, melihat para pekerja bersepeda pada pagi atau sore hari sudah jadi pemandangan yang biasa. Selain untuk menyalurkan hobi dan waktu luang, bersepeda berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


    Hal yang sama diungkapkan oleh Iwet Ramadhan yang tengah ketagihan bersepeda. "Walau harus merogoh kocek sekitar 10-15 juta per bulan, rasanya jadi lebih waras dengan bersepeda," ungkap Iwet.


    Ternak cupang

    Kegiatan lain yang bisa dicoba adalah beternak cupang. Bagi kamu yang senang memelihara hewan di rumah, bisa menambah ikan cupang dalam daftar koleksimu. Bagi pemula, ada banyak informasi yang bisa didapat dari akun di Instagram atau Youtube. Nyatanya, kegiatan ini juga bisa jadi penghasilan sampingan yang menarik. Dilansir dari laman Bisnis.com, budidaya ikan cupang hias mengalami peningkatan penjualan hingga 30% seharga 5 juta rupiah per ekor.


    Memasak

    Kala pandemi, lebih banyak orang yang semakin waspada akan kesehatan serta kebersihan makanan. Tak heran kalau kegiatan memasak di rumah jadi pilihan tepat dan lebih sering dilakukan. Hobi mencoba resep baru tak hanya membuat perut sendiri kenyang tapi juga bisa jadi ide berbisnis rumahan yang seru untuk dipraktikkan. Teknik pemasarannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu rajin mengunggahnya ke media sosial dan memasarkannya di sana.


    Obligasi

    Tak ada yang menyangka bahwa obligasi bisa jadi pilihan hobi yang bermanfaat. Kalau kamu punya uang lebih, kini waktunya untuk mencoba mengoleksi obligasi. Bukan hanya kamu akan membantu pemerintah, obligasi bisa dijual di pasar sekunder. Dengan pembelian minimal 1 juta rupiah, kamu akan mendapatkan bunga yang lebih besar dari deposito. Bisa dibilang, obligasi bisa jadi hobi jangka panjang yang tidak musiman. Enggak sabar dan ingin mencoba langsung keuntungan dari hobi mengoleksi obligasi? Kamu bisa langsung investasi di aplikasi Digibank by DBS.


    Itulah deretan hobi yang bermanfaat sebagai opsi bagi kamu yang ingin mencari kesibukan dari luar pekerjaan. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below