Jangan lakukan 5 Hal ini Jika Kamu Pemilik Kulit Berminyak


  • Jangan lakukan 5 Hal ini Jika Kamu Pemilik Kulit Berminyak
    JIka kamu pemilik kulit berminyak, perhatikan hal ini (Foto:Dok/Pexels)

    Kulit wajah berminyak adalah kondisi yang memungkinkan seseorang mengalami masalah jerawat. Penyebab kulit berminyak sendiri adalah kelenjar sebaceous yang dihasilkan terlalu aktif. Hal inilah yang menyebabkan sebum menjadi berlebihan. Kondisi ini memang sangat umum terjadi dan sering dialami oleh beberapa orang. Produksi minyak ini dipengaruhi oleh faktor hormon dan genetik, sehingga hal ini tidak bisa dihilangkan. Namun, untuk kamu yang memiliki masalah kulit berminyak tidak perlu berkecil hati, sebab kamu bisa mencegah kulit berminyak dengan menghindari beberapa hal berikut ini.


    Berikut adalah hal yang patut dihindari oleh pemilik kulit berminyak. Salah satunya adalah memakai riasan tebal. (Foto:Dok.Gabb Tapic/Pexels)



    1. Makeup Tebal

    Lapisan makeup yang tebal akan sulit dihapus dan membuat pori-porimu tersumbat. Oleh karena itu kamu harus memilih makeup yang bebas minyak dan mengandung niacinamide yang ampuh menyerap minyak. Kamu dapat memilih makeup berbahan dasar air dan bertekstur matte serta menghindari makeup berbasis minyak atau krim.


    2. Tidak Mencuci Wajah Setelah Beraktivitas

    Seusai bekerja dari pagi hingga malam atau sehabis berolahraga, debu dan kotoran dapat menempel dan tertinggal di kulit. Membiarkannya berlama-lama akan membuat debu dan kotoran tersebut masuk ke pori-pori. Sehingga kamu disarankan untuk langsung mencuci wajahmu seusai beraktivitas di luar rumah untuk mencegah dan menghilangkan penumpukan bakteri, kotoran, dan keringat di pori-pori.

    (baca juga : 7 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak)


    Menggunakan skincare yang dikhususkan untuk kulit berminyak nyatanya perlu diperhatikan dan selektif. (Foto:Dok.Polina Kovaleva/Pexels)


    3. Penggunaan Toner yang Keras

    Toner menjadi salah satu produk yang sangat berharga bagi kulit wajahmu. Mengingat fungsinya yang berguna untuk menyeimbangkan pH pada kulit. Menggunakan toner kulit dapat membantu menghilangkan minyak berlebih. Namun perlu kamu perhatikan untuk menggunakan toner. Pilihlah jenis toner yang ringan. Menggunakan toner yang keras bisa menyebabkan kulit iritasi.


    4. Membersihkan Wajah dengan creamy atau milk cleanser

    Produk milk cleanser atau cleanser bertekstur creamy sebetulnya dirancang untuk pemilik kulit kering karena kaya akan kandungan pelembap. Produk ini baiknya tidak digunakan oleh pemilik kulit berminyak sebab formulanya yang berat dapat membuat wajah semakin tampak berminyak. Sebaiknya, gunakan produk cleanser bertekstur gel atau liquid yang memiliki formula lebih ringan.

    (baca juga : Review Skincare: Rangkaian COSRX Hydrium di Kulit Berminyak)


    Itulah 5 hal yang harus dihindari untuk kamu pemilik kulit berminyak. Rutinlah mencuci wajah setiap hari dari sisa makeup sebelum tidur. Kamu juga perlu menghindari makanan pemicu produksi minyak berlebih seperti susu dan produk olahannya, makanan manis dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below