7 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak


  • 7 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak
    Rawat kulit berminyak dengan skincare yang tepat. (Foto: Dok. Ekaterina Bolovtsova)

    Memilih skincare untuk kulit berminyak memang cukup rumit. Kondisi kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar sebaceous dalam kulit yang memproduksi terlalu banyak minyak. Hal ini membuat wajah tampak lebih lembap dan mengilap. Memang terkadang memberikan kesan glowing, namun jika produksi minyaknya terlalu berlebihan dan tidak diseimbangkan, sering juga menimbulkan berbagai masalah seperti jerawat. 


    Jadi untuk tipe kulit berminyak, sebaiknya pilih produk yang bisa mengendalikan produksi sebum sehingga kadar minyak pada wajah seimbang. Jangan sampai membuat kulitmu terlalu kering juga ya, karena nanti malah akan menimbulkan masalah lain. Jika masih bingung ingin memilih produk apa, berikut her world merangkum rekomendasi skincare terbaik untuk kulit berminyak, mulai dari pembersih sampai tabir surya.




    1. First dan second cleanser

    DHC Deep Cleansing Oil


    (Saat terkena air, teksturnya berubah menjadi milky dan mudah dibilas. Foto: Dok. Sociolla)

    Kulit yang bersih tuntas menjadi langkah awal kulit yang sehat dan segar bercahaya. Untuk mengangkat kotoran, minyak, makeup, sampai residu sunscreen secara maksimal, ritual double cleansing wajib dilakukan. First cleanser yang bertekstur minyak bekerja lebih efektif dalam meluruhkan segala hal yang menempel pada wajah tadi. DHC Deep Cleansing Oil berbahan utama minyak zaitun yang mampu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas, lengkap ekstrak daun rosemary yang menyegarkan. Pembersih bertekstur minyak ringan ini juga mempermudah kamu dalam menghapus riasan wajah yang tahan air sekalipun. Sehingga pori-pori bebas dari sumbatan. 


    DHC Mineral Face Wash


    (Teksturnya menyerupai mud yang lembut, berwarna abu-abu. Wajah terasa sangat bersih dengannya. Foto: Dok. Sociolla)

    Setelah itu, lanjutkan dengan Mineral Face Wash-nya yang diformulasi dengan "Okinawa Kucha Mud". Bahan ini kaya akan mineral alami dan mengandung arang yang berfungsi membersihkan kotoran secara lembut. Selain itu, sabun wajah ini juga mengandung ekstrak artichoke, rosa multiflora, dan jeruk mandarin yang dapat mengencangkan pori-pori sehingga kulit tetap terasa lembap dan halus setelah dicuci. 


    2. Toner

    Acwell Licorice pH Balancing Cleansing Toner

    (Cocok untuk toner harian. Foto: Dok. @acwell_official/Instagram)

    Toner ini memiliki level pH 5,5 yang efektif untuk menyeimbangkan kulit. Esktrak green tea di dalamnya membantu mengurangi hiperpigmentasi, termasuk bekas jerawat. Sedangkan ekstrak peony dan licorice water yang terkonsentrasi tinggi beraksi sebagai pencerah wajah alami. Toner ini sangat efektif menyingkirkan sisa kotoran yang masih menempel setelah mencuci wajah. Namun setelah menggunakannya, kulit tidak terasa kering atau “ter-tarik”, melainkan terasa halus dan seimbang. Produk perawatan selanjutnya pun akan terserap lebih maksimal berkatnya. 


    3. Essence

    SK-II Facial Treatment Essence

    (Kamu bisa mengaplikasikannya dengan menepuk-nepuk lembut menggunakan tangan, atau dengan kapas. Foto: Dok. @skii/Instagram)

    Siapa yang tidak kenal dengan esens legendaris ini? Satu botolnya mengandung lebih dari 90% PITERA™. Terdiri dari nutrisi esensial seperti asam amino, vitamin, mineral dan asam organik lainnya, PITERA™ mengondisikan kulit untuk mempertahankan fungsi naturalnya dan terbukti dapat memperkuat kulit dalam menghadapi faktor eksternal seperti sinar matahari serta polusi, sehingga kulit terhindar dari kekusaman dan tetap cerah bercahaya. Teksturnya juga sangat ringan dan cepat meresap sehingga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk berminyak. Ia juga bisa menyeimbangkan kadar kelembapan kulit dan fleksibel untuk dikombinasikan dengan produk skincare lainnya. 


    (Baca juga: Review Skincare: SK-II Facial Treatment Essence yang Ikonis)


    4. Serum

    The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

    (Teksturnya sangat ringan, setelah meresap di kulit, seolah tidak menggunakan apa-apa. Foto: Dok. @deciem/Instagram)

    Belakangan ini kandungan Niacinamide atau vitamin B3 memang sedang tren karena banyak manfaatnya, termasuk untuk kulit berminyak. Niacinamide dapat meratakan warna kulit, memperkecil tampilan pori-pori, menghidrasi kulit, dan menyeimbangkan kadar minyaknya. Sedangkan Zinc dalam serum yang menjadi favorit banyak orang ini berperan sebagai antiinflamasi yang mencegah timbulnya jerawat. Ia juga mempercepat pudarnya bekas jerawat. 


    5. Pelembap atau moisturizer

    CosRX Hydrium Green Tea Aqua Soothing Gel Cream (kanan)


    (Dalam rangkaian ini juga terdapat varian untuk kulit cenderung kering, seperti moisturizer krim yang sebelah kiri. Foto: Dok. CosRX Indonesia)

    Moisturizer ini sangat ideal untuk kulit berminyak dan berjerawat. Tekstur gel-nya bening, sangat ringan, dan menyegarkan. Ia tidak menimbulkan rasa lengket atau greasy pada kulit wajah. Kandungannya adalah ekstrak green tea dan lidah buaya yang memberikan efek sejuk untuk menenangkan kemerahan, jerawat, sampai sunburn.


    (Baca juga: Review Skincare: Rangkaian COSRX Hydrium di Kulit Berminyak)


    6. Tabir surya atau sunscreen

    Banila Co. Hello Sunny Essence Sun Stick Fresh

    (Han So Hee tampak cantik sebagai brand ambassador-nya. Foto: Dok. @banilaco_id)

    Bentuk stiknya sangat memudahkan pemakaian. Selain itu, formulanya dirancang khusus untuk kulit berminyak, sehingga setelah diaplikasikan tidak meninggalkan residu sedikit pun. Kulit jadi lebih matte dan halus berkat ekstrak apple mint, serta terlindungi dengan maksimal dengan SPF 50+ PA++++. Rasanya masih jarang tabir surya yang memiliki formula yang benar-benar weightless seperti ini. Wajib coba!