LAYU: Karya Kolaborasi Gelap Ruang Jiwa dan Aghniny Haque


  • LAYU: Karya Kolaborasi Gelap Ruang Jiwa dan Aghniny Haque
    Gelap Ruang Jiwa menggandeng Aghniny Haque untuk peluncuran koleksi terbarunya LAYU (Foto:Dok/Gelap Ruang Jiwa)

    Label fashion lokal Gelap Ruang Jiwa meluncurkan koleksi pertamanya di tahun 2021 ini yang bertajuk Layu. Dipeluncurannya kali ini, ia pun turut menggandeng aktris ternama Aghniny Haque yang menggunakan ragam perhiasan sebagai pesan kecantikan wanita dan kepercayaan diri.

    Hadir dengan 10 artikel perhiasan seperti bros, choker, anting, cincin dan siger, masing-masing dibuat dengan proses manual dari bahan perunggu, eksplorasi material yang dibentuk satu per satu dari plastik hingga logam.

    Mengawali koleksi pertama di tahuGelap Ruang Jiwa di tahun 2021, aktris Aghniny Haque turut berkolaborasi pada koleksi LAYU. Dibuat dengan proses manual dari bahan perunggu, eksplorasi material yang dibentuk satu per satu dari plastik hingga logam, koleksi ini memiliki 10 artikel perhiasan mulai dari bros, choker, anting, cincin dan turut hadir siger.





    (Cincin Layu. Foto:Dok/Gelap Ruang Jiwa)


    Inspirasi koleksi ini mulai terbesit ketika pandemi awal, kehidupan yang biasanya serba cepat berubah menjadi melambat. Melihat banyak hal yang ada disekitar rumah, kerap membuat diri mampu lebih detail melihat setiap sisi. Salah satunya adalah melihat tanaman yang mulai mengering di halaman.

    Memperhatikan tanaman menjadi suatu hal yang unik untuk disaksikan. Proses tumbuh dan mengeringnya membangun perasaan dan mengajak diri menjadi bagian di dalamnya. Hal inilah yang menarik perhatian Runa, Seniman Perhiasan Gelap Ruang Jiwa yaitu saat daun yang justru merunduk dan menguning, "Layu, bukan berarti tidak indah lagi." terangnya.

    "Layu merupakan sebuah bagian dari siklus daur kehidupan. Dan mungkin menjadi siklus yang perlu 'kelapang-dadaan' untuk menerimanya," Tambahnya.



    (Aghniny Haque dengan Layu.Foto:Dok/Gelap Ruang Jiwa)


    (baca juga : 10 Label Keramik Buatan Indonesia yang Pasti Kamu Suka)


    Lahir pada tahun 2018, Gelap Ruang Jiwa merupakan sebuah fashion brand yang mengangkat konsep serta ciri khas visual gelap dan melankolis dengan pengggabungan dua unsur, yaitu art & craft dalam setiap penciptaan karyanya. Perhiasan kontemporer ini membutuhkan waktu, dalam desain dan realisasinya, setiap bagian diperlakukan dengan sangat hati-hati.

    Koleksinya ini pun memberi pesan pada semua yang tertarik untuk memilikinya agar mampu untuk mencintai hal mungil yang bermakna. 


    (Penulis : Kandela Cikal)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below