10 Label Keramik Buatan Indonesia yang Pasti Kamu Suka


  • 10 Label Keramik Buatan Indonesia yang Pasti Kamu Suka
    Perangkat keramik yang baik akan selalu bisa menyulap ruangan jadi tempat yang tak sekedar nyaman tapi juga indah dan penuh kesan. Foto: Dok. Pexels.com


    Tiap wanita selalu ingin punya peranti cantik untuk menghias rumahnya. Mulai dari kamar tidur, dapur, kamar mandi, hingga teras nampaknya tak boleh luput dari sentuhan estestis pemberi kesan homey yang akan membuat betah seluruh penghuni. Then, yes! Keramik adalah salah satunya.

    Selain cantik dan sarat nilai seni, keramik juga akan mengeskalasi tampilan hunian jadi tampak lebih artsy dan comfy. Oleh sebab itu, kini her world punya daftar penting untuk kamu para penggila keramik lokal yang mudah gemas dengan perangkat rumah tangga penyempurna interior berikut. Selain terbuat dari bahan berkualitas, bentuk dan kegunaan mereka juga beraneka macam, lho.



    So, sudah siap jatuh cinta? Here you goooo!

    (Baca juga: Ide Dekorasi Pernikahan Bertema Alam) 

    1. Jenggala

    Salah satu Indonesian finest ceramics asal Bali yang secara kualitas tak perlu diragukan lagi, pelanggan Jenggala sudah ada dari berbagai negara. Jenis produknya pun terhitung cukup banyak. Mulai dari piring, cangkir, gelas, teko, kendi, hingga vas bunga dan tempat sabun, semua tersedia. Pencinta keramik pasti tahu brand ini. Tapi kalau belum, artinya sekarang kamu jadi tahu. Bahwa ada peranti keramik apik dan premium buatan lokal yang hasil buatannya sangat halus dan bentuknya amat indah. Meski terbilang mahal, tapi percayalah bahwa their products are worth to buy! Banyak kafe dan restoran kelas satu yang memakai koleksi alat makan mereka. Jika kamu menggunakannya di meja makanmu, artinya rumahmu seketika setara dengan high-end restaurant, lho! Mau?



    Perhatikan detailnya. Bak garapan seni yang bernilai tinggi, ya?



    Website: https://jenggala.com/

    Instagram: @jenggala_official


    2. Gaya 

    Masih dari Bali, ada pula Gaya Keramik yang punya kualitas luar biasa dan dibuat dengan desain yang penuh pesona. Sama seperti Jenggala, koleksi Gaya juga berkisar dari peralatan makan, dapur, hingga dekorasi ruang. Bahkan, mereka turut membuat lampu gantung, instalasi dinding, dan hiasan lantai juga, lho. Lebih dari sekedar finest ceramics, Gaya malah menyatukan seni, keindahan, dan kebutuhan sehari-hari dengan sempurna. Hasilnya? Tentu saja Jawdropping. Meski penggagasnya merupakan Warga Negara Asing, yaitu seorang seniman keramik asal Amerika Serikat bernama Hillary Kane, namun mayoritas pekerja yang tergabung dalam tim mereka adalah penduduk setempat. Mereka pun membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin ikut workshop, magang, dan lain sebagainya. Kurang apa lagi?



    Barang siapa penyuka keramik yang tak mampir ke tokonya saat di Bali, pasti nyesel!



    Website: https://www.gayaceramic.com/

    Instagram: @gaya.ceramic


    3. Kevala

    Seniman keramik memang bertebaran di Pulau Dewata. Sama hal nya dengan Kevala yang juga berlokasi di sana. Punya begitu banyak koleksi alat makan yang rasanya ingin kamu borong semua, Kevala bahkan telah berkolaborasi dengan sejumlah seniman untuk buat produk yang lebih khas dan lain dari biasanya. Kalau favorit Her world sih rangkaian koleksi hasil kolaborasi mereka dengan Dimity Kidston. Feminin, indah, dan penuh warna. Dilihat saja sudah senang. Terbayang, kan kalau sampai mereka ada di meja rumah? Pasti suasana yang tercipta amat menyenangkan dan manis. Ah! Love 'em much.



    Ingin punya semua, nggak?



    Website: http://kevalaceramics.com/

    Instagram: @kevalaceramics


    4. Tekuni

    Beralih ke yang gemas-gemas, ada Tekuni Keramik yang tampilannya lebih imut. Dengan selalu menaruh gambar atau patung binatang mungil di tiap produknya, mereka jadi punya indentitas sendiri yang membuat orang tak mudah melupakannya. Ingin memberi kado si kecil, untuk perangkat tea party, sebagai suvenir baby shower, atau menghadiahi diri sendiri, rasanya Tekuni adalah jawaban paling tepat.



    Bohong kalau tidak gemas.



    Website: https://www.tekuni.id/

    Instagram: @tekuni_keramik


    5. Sajiva

    Selain dikenal dengan kualitas keramiknya yang bagus, Sajiva juga dikenal dengan racikan kopi lokalnya yang teramat nikmat. Bak menyatu dalam kolaborasi indah yang menghasilkan cita rasa dan seni karsa yang sempurna, Sajiva berhasil menggaet kepercayaan masyarakat akan kualitas produksinya yang selalu maksimal dan terjaga. Tak mudah menjalankan dua hal yang berbeda dalam waktu bersamaan. Tapi buktinya Sajiva bisa. 



    Piring unik yang bikin momen makan jadi makin asik.



    Website: https://sajiva.com/

    Instagram: @sajivaceramics


    6. Kandura Studio

    Ada di daerah Mampang, Jakarta Selatan, toko keramik ini bakal bikin kamu betah berlama-lama karena semua peranti yang dijualnya sangat lucu! Didominasi oleh piring, cangkir, dan gelas berwarna pastel yang cantik dan effortlessy charming, semua produk ini bak wajib dibeli tanpa terkecuali. Dengan corak sederhana yang tetap tampak indah, brand ini bahkan sudah memasok produknya ke banyak coffee shop di ibu kota. Pernah lihat? Her world sih sering. Nah, kalau kamu mau belajar bikin, mereka buka kelas workshop juga, lho. Yuk, ikutan! Seru, lho untuk mengisi waktu luang di akhir pekan.



    Kok bisa gemas semua gini, ya?



    Website: http://kandurastudio.com/

    Instagram: @kandurastudio


    7.  Manakala

    Ketika begitu banyak label keramik dengan karakter cute akhir-akhir ini, Manakala hadir dengan kegemasan lain yang tak mampu dihiraukan. Bentuknya, warnanya, jenisnya, dan segala hal yang melekat pada dirinya bak layak diapresiasi dari berbagai sisi. Mulai dari mangkuk, cangkir, piring, sampai pot bunga, semuanya melemahkan mata dan manarik hati semua wanita. Duh



    Warna dan coraknya yang tampak naif dan sederhana justru jadi nilai tambah dari kreasi mereka. 



    Instagram: @manakalaliving & @bymanakala


    8. Ayu Larasati

    Membawa nama perorangan sebagai brand keramik indahnya, tak kemudian menjadikan label ini kehilangan panggung dan tenggelam di antara merek lain yang lebih punya gaung. Nyatanya, keramik ini pun mulai banyak dilirik oleh para ceramic lovers seantero Negeri. Dengan mengusung bio 'Wheelthrown Slowly-made Ceramics' pada akun Instagramnya, peranti yang digarap secara hati-hati dan mendetail ini memang wajib jadi favorit kamu! Manis, made with love, dan sarat akan konsistensi dari sang pekarya yang terlihat dari hasil buatannya.



    Mungil dan cantik sekali.



    Instagram: @alarasati


    9. Soeki Living

    Didominasi oleh warna biru dan corak yang tampak seperti kain Shibori khas Jepang, keramik ini sukses membuat Her world jatuh cinta bukan kepalang. Desainnya yang terbilang klasik dan tampak tradisional bak membawa ingatan pada film-film Asia lama di mana budaya minum teh sering dilakukan dengan gelas-gelas berwarna dan bermotif hampir sama. Bahkan, imajinasi tentang sebuah kedai ramen mungil di sepanjang Kota Tokyo pun muncul saat melirik desain mangkuk mereka. Sungguh bukan hal yang berlebihan jika brand ini jadi salah satu yang paling kami sukai saat ini. 



    Citra etnik dalam balutan modern



    Website: http://www.soekiliving.com/

    Instagram: @soekiliving


    10. F. Widayanto

    Last but not least, siapa yang tak tahu karya pengrajin keramik yang namanya sudah mendunia ini? Yup! F. Widayanto. Merupakan salah satu maestro keramik Indonesia jebolan Fakultas Seni Rupa ITB yang mulai menimba ilmu pada tahun 1981, pria kelahiran 23 Januari 1953 ini nyatanya sukses membawa seni keramik Tanah Air ke level yang lebih tinggi.

    Ketika pada masanya seni membuat gerabah belum jadi seni mahal yang layak diapresiasi secara internasional, Widayanto justru mengawinkan banyak konsep, nilai budaya, dan penghormatan pada tradisi leluhur yang membuat seluruh karyanya bak punya Jiwa dan makna. Sejak itulah produknya jauh dari kata murah dan jadi salah satu terobosan paling antimainstream di dunia seni rupa pada masa itu. Ini pulalah kemudian yang membuat namanya masih besar sampai sekarang meski digempur oleh keramik-keramik modern yang sifatnya lebih kontemporer. Salute!



    Karyanya selalu bisa selaras dengan alam dan serasi dengan segala elemen yang tersanding dengannya. Mulai dari peralatan rumah hingga dekorasi ruang seperti patung dan hiasan dinding, semuanya cocok.



    Semua detail keluar mulai dari bentuk, lekuk, paras, hingga warna. Khas pematung klasik yang realis.



    Website: http://fwidayanto.com/home

    Instagram: @fwidayantogallery


    Well, daftar ini sifatnya terbuka, ya. Karena sebenarnya Indonesia amat kaya dengan produksi gerabah dari Sabang sampai Merauke. Bahan baku kita melimpah dan teknologi membuat keramik sudah ada sejak bangsa China masuk ke Nusantara lewat jalur perdagangan di masa lalu. So, feel free to found your best ones! Karena keramik hasil buatan Dalam Negeri memang cantik-cantik, lho. Nggak kalah sama yang kami sebutkan di atas. Oke! Enjoy your own ceramics hunting!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below