Intip Ragam Kolaborasi di Jakarta Fashion Week 2022


  • Intip Ragam Kolaborasi di Jakarta Fashion Week 2022
    CALLA The Label hiasi panggung JFW 2022. (Foto: Dok. JFW 2022)

    Memasuki penghujung tahun 2021, pekan mode terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week 2022, kembali digelar secara virtual pada 25-28 November 2021 kemarin. Panggung busana yang mengangkat tema “Excellence in Disruption” memamerkan karya-karya terbaik dari 75 desainer dan label Tanah Air.


    Dampak pandemi global yang memengaruhi setiap aspek kehidupan masyarakat, termasuk fashion menjadi inspirasi kreasi busana para desainer untuk hiasi panggung Jakarta Fashion Week tahun ini. Nilai kenyamanan dan praktis menjadi fokus utama pada pakaian maupun aksesoris yang dirancang para desainer maupun label.




    (Baca Juga: Embracing Jakarta Muslim Fashion Week Resmi Digelar)


    “Itulah alasannya kami mengangkat tema “Excellence in Disruption”. Agar tetap relevan di tengah kompetisi yang ketat, setiap pemimpin harus menghadapi berbagai perubahan yang disruptif,” jelas Chairman JFW dan CEO GCM Group, Svida Alisjahbana. Jakarta Fashion Week 2022 pun dibuka dengan menampilkan JFW 2022 Icons, Ken dan Intan bersama dengan Grand Finalists dan model yang lolos kurasi JFW Model Search 2021.


    Panggung busana di hari pertama JFW 2022 dilanjutkan dengan koleksi Jeffry Tan dan SOE Jakarta. Paris, Bali, dan Tokyo adalah tiga destinasi favorit Jeffry yang menginspirasi sang desainer untuk merancang koleksi womenswear terbaru dengan sentuhan opulence khas Paris, nuansa nyaman seperti di Bali, serta detail origami dan kimono khas Jepang.


    jakarta fashion week 2022

    (Koleksi rancangan Jeffry Tan di panggung Jakarta Fashion Week 2022. Foto: Dok. JFW 2022)


    Sedangkan SOE Jakarta menghadirkan kecintaan baru terhadap merajut dan menjahit yang meluas selama dua tahun terakhir. Detail crochet, cording, dan patchwork yang menggunakan kain tenun hasil buatan tangan perajin di Pekalongan dan dipadukan dengan kain modern seperti organza.


    Dalam pekan mode Jakarta Fashion Week 2022 yang berlangsung selama empat hari ini, banyak kolaborasi desainer serta label lokal dengan selebriti Tanah Air. Mulai dari Dian Sastrowardoyo dengan Sejauh Mata Memandang melalui koleksi yang bertajuk Tumbuh, Raisa bersama dengan Benang Jarum, hingga kolaborasi Nagita Slavina bersama COTTONINK, menghiasi panggung JFW tahun ini.


    jakarta fashion week 2022

    (COTTON INK x Nagita Slavina. Foto: Dok. JFW 2022)


    Selain itu, Jakarta Fashion Week 2022 juga menghadirkan tiga label dan desainer yang terpilih sebagai Dewi Fashion Knights. BYO, Major Minor, dan Tulola adalah tiga nama yang menghiasi panggung busana dengan gelar Dewi Fashion Knights mereka masing-masing tahun ini.


    jakarta fashion week 2022

    (BYO, salah satu Dewi Fashion Knights tahun ini. Foto: Dok. JFW 2022)


    (Baca Juga: Kolaborasi Perdana LAKON x SMESCO Bagi UMKM Indonesia)


    Selain empat fashion show, Jakarta Fashion Week 2022 juga mengawali pekan modenya dengan Fashion Conversation berkolaborasi dengan Institut Français Indonesia. Forum diskusi yang mengangkat tema bahasan “Reinventing Fashion Week Post-Pandemic”. Pekan mode ini disponsori oleh Lazada dan TikTok yang turut meramaikan Jakarta Fashion Week 2021 melalui show bertajuk Energy in Motion oleh Lazada, serta TikTok Runway Show yang mempersembahkan karya Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below