Embracing Jakarta Muslim Fashion Week Resmi Digelar


  • Embracing Jakarta Muslim Fashion Week Resmi Digelar
    Embracing Jakarta Muslim Fashion Week 2021. (Foto: Dok. JMFW)

    Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan jumlah penduduk yang mayoritas di Tanah Air ini turut mendorong perkembangan fashion muslim dalam negeri. Data yang dikeluarkan oleh The State of Global Islamic Economic 2020/21 menunjukkan bahwa konsumsi pasar fashion muslim Indonesia menempati posisi terbesar kelima di dunia, mengikuti Iran, Turki, Arab Saudi, dan Pakistan.


    Sadar akan peran penting dalam industri fashion muslim Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bekerjasama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) memprakarsai perhelatan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) yang rencananya akan diadakan pada 2022 mendatang. Mengawali rangkaian perkenalan JMFW kepada masyarakat luas, langkah awal pun dilakukan pada 18 November 2021 kemarin.




    (Baca Juga: Kolaborasi Perdana LAKON x SMESCO Bagi UMKM Indonesia)


    Perkenalan pun dilakukan melalui event bertajuk Embracing Jakarta Muslim Fashion Week 2021 yang dilaksanakan di Aquatic Gelora Bung Karno (GBK). Sebuah langkah awal yang menampilkan karya-karya terbaik dari 36 brand fashion muslim sekaligus membahas lebih dalam mengenai perkembangan fashion muslim di Indonesia. Mulai dari 12 brand fashion muslim, 12 brand fashion konvensional, serta 15 desainer muda dari berbagai sekolah fashion Indonesia.


    Embracing Jakarta Muslim Fashion Week

    (Panggung Embracing Jakarta Muslim Fashion Week. Foto: Dok. JMFW)


    “Embracing Jakarta Muslim Fashion Week ini merupakan momen untuk embrace atau merangkul semua ekosistem industri yang akan mendukung Jakarta Fashion Muslim Week di tahun 2022. Ekosistem itu antara lain fashion institute, asosiasi desainer (IFC), asosiasi kosmetik (Perkosmi dan PPAK), dan asosiasi pertekstilan (API). Kita ingin ekosistem dari berbagai sektor ini bisa bersatu untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia,” ungkap Wakil Ketua Komiter Promosi Fesyen Muslim Nasional dan juga perwakilan KADIN, Anne Patricia.


    Embracing Jakarta Muslim Fashion Week

    (Beberapa karya yang ditampilkan di panggung Embracing Jakarta Muslim Fashion Week. Foto: JMFW)


    Selain memamerkan ragam karya anak bangsa dalam industri fashion muslim, Embracing Jakarta Muslim Fashion Week dan kemudian dilanjutkan dengan Jakarta Muslim Fashion Week pada 2022 mendatang juga ingin memperkenalkan desain fashion muslim yang kaya akan warisan kain Indonesia seperti batik, tenun, dan bordir. Kekayaan kain tradisional Tanah Air ini menjadi salah satu daya tarik yang mengembangkan berbagai aspek dalam industri fashion Indonesia, termasuk fashion muslim.


    (Baca Juga: Peragaan Busana Sebastian Gunawan Tahun ini Digelar Virtual)


    Jakarta Muslim Fashion Week nantinya akan diluncurkan pada 2022 sebagai salah satu rangkaian acara dari Trade Expo Indonesia ke-37. Setelah itu, perhelatan koleksi busana muslim ini akan menjadi event tahunan kolaborasi Kementerian Perdagangan RI dan juga KADIN. Semoga perlahan fashion muslim Tanah Air bisa semakin mendominasi industri fashion muslim dunia.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below