Seks Ketika Mengandung, Ini Manfaatnya Bagi Wanita Hamil



  • Banyak hal dan fase yang dilalui wanita ketika mereka mengandung. Mulai dari mual-mual di pagi hari (atau enggak jarang sepanjang hari), lingkar pinggang yang melebar, hingga payudara yang membesar. Mungkin sebagian besar darimu mengira dengan perubahan tersebut, hubungan seks adalah hal terakhir yang dipikirkan oleh para wanita hamil.

    Memang banyak aktivitas fisik yang harus dikurangi ketika sedang mengandung, tetapi justru seks bukan salah satunya dan sebaliknya, perlu dilakukan. Hubungan seks bagi wanita hamil enggak hanya menjadi cara lepaskan hormon yang meningkat, tetapi juga memiliki berbagai manfaat semasa kehamilan. Apa saja?


    (Baca Juga: 3 Posisi Bercinta yang Aman Bagi Ibu Hamil)


    1. Frekuensi buang air kecil berkurang

    Saat hamil, toilet akan menjadi sahabat terbaik para wanita. Mereka kerap kali buang air kecil lebih sering dari biasanya, apalagi ketika janinnya bertumbuh dan menekan area kemih. Nah, seks dapat memperkuat otot-otot yang diperlukan saat melahirkan juga membantu aliran urin pada tubuh.


    2. Proses melahirkan jadi lebih mudah

    Manfaat seks bagi wanita hamil juga akan terasa saat melahirkan. Ketika mereka berhubungan seks, orgasme akan meningkatkan kontraksi pada area pelvis sehingga bisa memperkuat otot yang dibutuhkan wanita hamil saat melahirkan maupun pasca melahirkan sehingga prosesnya jadi lebih mudah.


    manfaat seks bagi wanita hamil

    (Manfaat seks bagi wanita yang sedang hamil. Foto: Dok. John Looy/Unsplash)


    3. Melepaskan stres

    Meski kehamilan adalah salah satu momen yang dilalui dengan bahagia, enggak jarang para wanita dilanda berbagai kemungkinan yang akhirnya membuat mereka stres. Inilah saatnya seks berperan untuk melepaskan energi tersebut. Sebab, hormon oksitosin akan dilepaskan tubuh ketika orgasme sehingga dapat mengurangi stres yang dirasakan.


    4. Meningkatkan rasa percaya diri

    Perubahan fisik yang terjadi, termasuk penampilan tubuh, enggak jarang membuat para wanita hamil menjadi insecure. Namun, justru hubungan seks memiliki peran untuk kembalikan rasa percaya diri dan energi positif terhadap tubuh mereka serta proses kehamilan yang dijalani.


    5. Mempererat hubungan dengan pasangan

    Hubungan seks secara rutin juga membantu eratkan keintiman para wanita hamil dengan pasangannya serta membangun kebiasaan yang sehat di masa yang akan datang.


    (Baca Juga: Ketika Istri Tidak Ingin Berhubungan Seks, Ini 4 Alasannya)


    Inilah beberapa manfaat hubungan seks bagi wanita hamil yang mungkin belum kamu ketahui.


  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles