10 Negara Terkecil Di Dunia, Bisa Berkeliling Dalam Sehari!


  • 10 Negara Terkecil Di Dunia, Bisa Berkeliling Dalam Sehari!
    10 Negara Terkecil Di Dunia, Bisa Berkeliling Dalam Sehari! (Image: Doc. (Som Thapa Magar / Pexels.com)

    Kamu mungkin berpikir bahwa suatu wilayah bisa dikatakan sebagai negara jika memiliki wilayah luas dengan banyak kota, danau, area hijau yang luas, dan sungai. Tetapi, beberapa negara di dunia ini justru memiliki wilayah yang kecil. Inilah sepuluh negara terkecil di dunia. Negara mana saja? Simak daftarnya di bawah ini!


    1. Vatikan

    Negara terkecil di dunia

    (Vatikan. Foto: Dok. Aliona & Pasha / Pexels.com)




    Negara terkecil yang pertama yaitu Vatikan, yang memiliki luas 49 hektar saja dan memiliki populasi hanya sekitar 800 hingga 900 orang saja. Vatikan merupakan negara independen terkecil di dunia yang diakui secara internasional, baik secara area maupun populasinya. Negara ini diperintah oleh Uskup Roma – yakni Paus.


    Meskipun memiliki area yang kecil, tetapi Vatikan tetap menawarkan keindahan seni dan sejarah yang menarik seperti Basilika Santo Petrus, Kapel Sistina, yang dilukis dengan megah oleh Michelangelo, dan Museum Vatikan, yang menampung koleksi the world's richest art


    negara terkecil di dunia

    (Museum Vatikan/ vaticancitytours.it)

    2. Republik Maladewa (Maldives)

    negara terkecil di dunia

    (Asad Photo Maldives / Pexels.com)


    Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan Maldives, atau Republik Maladewa, yang menjadi salah satu destinasi wisata impian banyak orang. Negara ini terkenal akan keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. 


    Namun ternyata, Republik Maladewa (Maldives) termasuk ke dalam daftar negara terkecil di dunia dengan luas wilayah hanya sekitar 297,8 kilometer per segi saja. Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di sebelah selatan-barat daya India, yang terdiri dari pulau-pulau yang tersebar di wilayah Samudera Hindia yang luas.


    3. Republik Malta

    Negara terkecil di dunia

    (Som Thapa Magar / Pexels.com)


    Republik Malta, atau umum dikenal dengan Malta, adalah negara kepulauan yang terletak di Mediterania (Eropa Selatan), yang terdiri dari tiga pulau: Malta, Gozo dan Comino. Luas negara ini hanya 316 kilometer per segi, menjadikan Malta negara berikutnya yang masuk ke dalam daftar negara terkecil di dunia. 


    Tak hanya terkenal akan destinasi wisata "sun and sea" yang populer, negara ini juga memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang tidak kalah menarik. Meskipun memiliki luas wilayah yang kecil, Republik Malta memiliki tiga situs Warisan Dunia, yaitu kuil megalitik yang berasal dari 3150 SM, Kota Valletta, dan Hypogeum of Hal-Saflieni. 


    4. Monako


    (JÉSHOOTS / Pexels.com)


    Monako adalah negara kecil yang terletak di sepanjang Laut Mediterania, di Riviera Prancis. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 2,02 kilometer persegi dan populasi sebesar 37.550 pada tahun 2016, menurut Monaco Statistics. Inilah yang membuat Monako menjadi salah satu negara terkecil dan terpadat penduduk di dunia. Negara Monako terkenal dengan pemandangan kota dan pantainya yang menakjubkan, Museum Oseanografi dan, tentu saja, kasinonya. 


    5. Tuvalu

    Negara terkecil di dunia

    (@sitorbiscom / Instagram)


    Negara terkecil di dunia berikutnya yaitu Tuvalu, di Samudra Pasifik Selatan, merupakan negara kepulauan yang memiliki luas wilayah sekitar 26 kilometer persegi dan populasi sekitar 10 ribu jiwa. Tuvalu memiliki sembilan pulau kecil, antara lain: Niulakita, Nukulaelae, Funafuti, Nukufetau, Vaitupu, Nui, Niutao, Nanumaga (Nanumanga), dan Nanumea.


    Jika kamu berencana untuk pergi berlibur ke Samudera Pasifik, Tuvalu bisa menjadi tempat ideal untuk berlibur. Kamu bisa mendapatkan ketenangan, pemandangan laut dan eksplorasi bawah laut yang menakjubkan. 


    6. Republik San Marino


    (@republic_of_san_marino / Instagram)


    Republik San Marino adalah negara terkecil berikutnya dengan luas wilayah sekitar 61,2 kilometer persegi dengan populasi lebih dari 33 ribu penduduk. Republik San Mario terletak di atas penggunungan dan dikelilingi oleh wilayah negara Italia, maka tak heran jika bahasa resmi negara ini adala bahasa Italia. San Marino adalah negara terkecil ke-3 di Eropa setelah Vatikan dan Monako. 


    Ibukota Republik San Marino, Kota San Marino, terdaftar sebagai salah satu warisan dunia. Berencana berlibur ke Republik San Marino? Kunjungi Museo di Stato untuk mengetahui sejarah negara ini. 


    7. Liechtenstein


    (Veronica Bertollo / Pexels.com)


    Terletak antara Austria dan Swiss, Liechtenstein mencakup sekitar 160 km persegi dan merupakan rumah bagi sekitar lebih dari 38.000 orang. Negara ini memiliki pemandangan alpine yang indah -- kunjungi The Prince's Way, yakni rute terkenal di Liechtenstein untuk menikmati pemandangan alpine terbaik di negara ini. 


    8. Kepulauan Marshall


    (freedomhouse.org)


    Republik Kepulauan Marshall adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian barat Samudra Pasifik -- di antara Hawaii dan Australia. Terletak di Samudra Pasifik, tak heran jika sebagian besar wilayah negara kepulauan ini berupa perairan. Kepulauan Marshall merupakan rumah bagi lebih dari 50.000 penduduk.


    Jika kamu menyukai scuba-diving, mengunjungi Kepulauan Marshall mungkin bisa menjadi pilihan tepat untuk destinasi wisata berikutnya. Ini juga tempat berlibur yang tepat untuk berselancar, memancing di laut dalam, dan aktivitas air lainnya. 


    9. Nauru



    (Ilustrasi / Mikhail Nilov / Pexels.com)


    Negara kepulauan terkecil lainnya yaitu Nauru, atau secara resmi Republik Nauru, merupakan negara kepulauan yang terletak di Barat Daya Samudra Pasifik. Luas wilayah Nauru hanya sekitar 21 kilometer persegi dan memiliki lebih dari 11.000 penduduk, yang sebagian besar di antaranya adalah penduduk asli Nauru. Keindahan bahari yang dimiliki Nauru tentu bisa memanjakan mata para pelancong yang datang berkunjung. Dengan luas wilayah yang tidak terluas besar, Anda bisa mengelilingi Nauru hanya dengan berjalan kaki.


    10. Saint Kitts Dan Nevis

    Negara terkecil di dunia

    (caribbeanislands.com)


    Saint Kitts Dan Nevis, negara kecil yang terletak di timur Laut Karibia dengan luas wilayah sekitar 269 kilometer persegi dan rumah bagi lebih dari 46.000 penduduk, yang sebagian besar adalah keturunan Afrika -- Afro-Caribbean. 


    Pantainya yang dipenuhi oleh terumbu karang indah menjadi daya tarik utama Saint Kitts Dan Nevis. Selain itu, pemandangan Gunung Liamuiga dan Gunung Nevis, rainforest, kota-kota era kolonial, dan Benteng Bukit Brimstone juga menjadi daya tarik lainnya dari negara ini. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below