Begini Dampak Buruk Jika Menikah Tanpa Cinta


  • Begini Dampak Buruk Jika Menikah Tanpa Cinta
    Dampak buruk saat memutuskan menikah tanpa cinta. (Foto: Dok. Deesha Chandra/Pexels)

    Mungkin kamu pernah dengar cerita beberapa pasangan yang mengungkapkan bahwa mereka menikah tanpa cinta, tapi akhirnya mereka bisa saling mencintai setelah menikah. Sebenarnya hal ini sangat wajar dan mungkin terjadi jika melihat banyak pernikahan yang terjadi akibat perjodohan sehingga sebuah pernikahan bisa berlangsung tanpa adanya rasa cinta.


    Namun, apakah hal ini masih berlaku hingga saat ini? Sebenarnya, tak ada masalah jika seseorang memutuskan untuk menikah tanpa dilandasi rasa cinta di awal. Namun perlu diingat bahwa pernikahan adalah hal sakral yang diharapkan bisa awet selamanya, sehingga penting bagi kita untuk menjalaninya dengan rasa cinta dan nyaman, bukan paksaan. Sebagai gambaran, inilah dampak buruk menikah tanpa cinta yang perlu kamu tahu.


    (Baca Juga: 7 Hal Yang Wanita Harapkan Dari Pria)


    Mendapat banyak godaan

    Jika kamu menikah hanya karena paksaan, misalnya desakan orang tua dan usia, ini bisa menyebabkan banyak goncangan di awal pernikahan. Godaan dari pihak luar akan terasa besar. Mungkin dari mantanmu atau dari orang baru yang dianggap lebih cocok sehingga menimbulkan bibit-bibit cinta terlarang.

    Banyak pernikahan yang harus kandas karena adanya orang ketiga yang bisa memberikanmu rasa cinta dan kenyamanan yang tidak kamu dapatkan dari pasangan sah sekarang. Bukan tak mungkin kamu justru berpikir, "Buat apa sih aku harus setia kalau aku pun tidak cinta?".



    (Inilah dampak buruk menikah tanpa rasa cinta. Foto: Dok. Kyle/Pexels)

    Rumah tangga yang hambar

    Perlu diingat bahwa pernikahan bukan hanya sekadar untuk melayani suami. Si dia aktif bekerja seharian untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan kamu hanya duduk diam merasakan kehidupan suami-istri yang hambar. Rutinitas ini seolah jadi kewajiban semata sehingga kalian mengalami rasa bosan dan tidak bahagia. Pada akhirnya, dampak nomor satu alias godaan dari pihak ketiga, pelan-pelan muncul.


    Lebih banyak bertengkar

    Tanpa adanya cinta, suami-istri pun jadi jarang berkompromi. Kalian sama-sama bertahan dengan pendapat atau opini masing-masing tanpa ada yang mau mengalah. Padahal, salah satu kunci utama dalam pernikahan adanya rasa saling kompromi. Hidup rumah tangga tentu tak akan nyaman jika kalian tak bisa melepaskan rasa egois yang dimiliki sehingga pertengkaran tak akan terhindarkan.


    (Baca Juga: Ciri Pria Cuek Tapi Cemburu)


    Anak menjadi korban

    Jika akhirnya kalian memutuskan untuk memiliki anak, pernikahan tanpa rasa cinta juga bisa memberikan dampak buruk pada anak. Meski masih kecil, seorang anak mampu memahami apakah kedua orang tuanya saling mencintai dan menghormati atau tidak. Ia perlu belajar bahwa ia dibesarkan di rumah yang penuh cinta, bukannya disii dengan banyak pertengkaran dan keegoisan. Tanpa cinta, anak tidak bisa tumbuh bahagia dan justru memiliki sikap dingin saat dewasa.


    Itulah dampak buruk jika kamu memutuskan untuk menikah tanpa cinta. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang ingin mencinta dan dicintai. Jika kita tak bisa mendapatkannya dari pasangan, dari mana lagi rasa cinta harus didapat?

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles