Desainer Didiet Maulana Luncurkan Buku Bertajuk Kisah Kebaya


  • Desainer Didiet Maulana Luncurkan Buku Bertajuk Kisah Kebaya
    Designer Didiet Maulana Luncurkan Buku bertajuk 'Kisah Kebaya' (Foto:Dok.Didietmaulana/Instagram)

    Bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-40, desainer Didiet Maulana meluncurkan buku bertajuk Kisah Kebaya secara virutal pada Senin (18/1). Menghadirkan konteks sejarah dan pengetahuan, buku ini menjunjukkan kekayaan budaya dan peradaban Indonesia. 

    Terinspirasi dari almarhumah neneknya yang menjadikan Kebaya sebagai pakaian keseharian, membuat Didiet Maulana memulai perjalanannya dalam meriset selama 6 tahun mengenai pakaian tradisional asal Indonesia ini. Kemudian, setelah 1,5 tahun berproses, kini pembuatan buku memiliki 4 bagian, apa saja? berikut di antaranya.




    1. Kebaya Berbudaya


    Harapan Didiet Maulana terhadap pembaca nantinya bisa mengenal seputar busana nasional nusantara, khususnya Kebaya sebagai ekspresi kebudayaan. Pada bagian pertama ini, ia juga menjelaskan filosofi dari Kebaya dengan menyajikan visual oleh Monica Hapsari, yaitu peta persebaran busana nasional yang dirangkum dari beberapa sumber.

    2. Kebaya Bergerak Dalam Era

    Didiet Maulana menuliskan bagaimana pakem Kebaya keseluruhan, mulai dari masa lampau hingga masa kini. Selain itu, di dalam bagian ini ia juga menjelaskan pola, pemotongan, teknik menjahit, penyelesaian dan pengepasan. Hal yang menarik di bagian 2 ini adalah pembaca akan disuguhi bagian spesial yang membahas tentang Baju Kurung dan Baju Labbu

    (baca juga : Intip Busana Pengantin, Arie Kriting dan Indah Permatasari)

    3. Eksplorasi Budaya Didiet Maulana

    Adanya sebuah keinginan Kebaya tetap eksis dan membudaya selamanya, Didiet Maulana bercerita tentang bagaimana ia benar-benar mencari pengetahuan Kebaya hingga ke seluruh nusantara. Kecintaannya terhadap Kebaya inilah benar-benar terukir di karyanya yang berjudul "Kisah Kebaya" ini.

    4. Svarna by Ikat Indonesia, dari kisah-kisah budaya

    Seperti yang kita tahu, bahwa Svarna by Ikat Indonesia adalah brand yang dimiliki oleh Didiet Maulana. Pada jumpa pers peluncuran buku "Kisah Kebaya", ia menceritakan perjalanan dan cikal bakal berdirinya brand miliknya ini. Didiet Maulana juga memamerkan sejumlah karyanya yang dikenakan oleh Maudy Ayunda, Tjajana Shapira, Najwa Shihab, Raisa, Andien, termasuk juga Ibu dari Didiet Maulana yang mengenakan Kebaya R.A Kartini.


    Fakta menarik dari Buku "Kisah Kebaya" karya Didiet Maulana adalah informasi yang sangat mendetail dan edukatif seputar Kebaya. Ia pun berencana mendistribusikan lewat Kemendikbud dan Kemenkop UKM supaya bisa dipelajari oleh remaja dan masyarakat Indonesia, dengan menargetkan siswa SMK jurusan Tata Busana. Dengan tebal buku 340 halaman tersedia di https://www.gramedia.com/products/kisah-kebaya seharga IDR 268.000. Untuk kamu yang tertarik membeli buku satu ini, tersedia e-book dan buku fisik yang rilis di Gramedia pada 24 Februari mendatang. Mulai 18-30 Januari 2021 membuka Pre-order dengan keuntungan spesial bonus tanda tangan Didiet Maulana dan mendapat diskon 10%. Buku ini juga tersedia dengan versi bahasa asing (Inggris) yang rencananya akan disuguhkan pada pameran buku internasional.


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below