Pentas Seni 'Kisah Huana di New York' Digelar Secara Virtual


  • Pentas Seni 'Kisah Huana di New York' Digelar Secara Virtual
    Pentas seni 'Kisah Huana di New York' digelar secara virtual untuk gerakan #NONTONTEATERDIRUMAHAJA (Foto:Dok/Indonesia Kaya)


    Demi menghibur pecinta teater, Bakti Budaya Djarum Foundation akan menyuguhkan sebuah komedi musikal ala Broadway yang diproduksi oleh EKI Dance Company. Digelar secara virtual, pentas seni yang akan ditampilkan nanti bertajuk Kisah Huana di New York.

    Jalan ceritanya nanti akan digambarkan oleh dua kelompok penjual makanan, yakni penjual burger asal Sragen yang dipimpin Mbak Anita, bersama temannya, Dodo Suhendro Mangkunegoro Prawironegoro dan Sinta, adik Dodo, serta rekan kerja mereka yaitu Andri, Siti, Yati, Karsi, Beben dan Somad. Selain itu ada juga kelompok penjual hotdog yang dipimpin Cik Afung dan rombongannya yaitu Akiaw, Ling – Ling, Acong, Abun dan Ayang. 




    (Baca Juga: 'Eki Update 4.0', Aksi Panggung Cinta Penuh Warna)


    Permasalahan bermula kala Sinta menghilang tanpa kabar. Beredar pula berita bahwa Sinta pergi bersama seorang bule, namun kemanakah perginya Sinta?

    Kisah Huana di New York yang akan disiarkan ini merupakan rekaman pementasan yang diselenggarakan pada 28-30 November 2017 di Gedung Kesenian Jakarta. Karya ini merupakan hasil karya sejumlah seniman di antaranya adalah Aiko Senosoenoto, Ara Ajisiwi, Tan Kok Siong, Renny Turangga, Takako Leen, Miss Yuli, dan Kresna ‘Peceng’ Wijaya. Kemudian disutradarai dan dikoreograferi oleh Rusdy Rukmarata.

    Sementara para pemainnya adalah Takako Leen sebagai Mbak Anita, Eva sebagai Siti, Ericha Vicky sebagai Yati, Charles Henry sebagai Dodo, Refen Paryohanda sebagai Zaka, Kresna Kurnia Wijaya sebagai Andri, Ara Ajisiwi sebagai Karsi dan Nala Amrytha sebagai Sinta. Tak hanya mereka, ada pula pemeran lainnya seperti Limawan Bayu, Yosep Wahyu Tristiantoro, Lilies, Novita Wong, Feronica, Kojack Kodrata, Yuliani Ho, Tan Kok Siong, dan Freddy Kurniawan.


    (Baca Juga: 'EKI Update 4.1' Pentas Ulang Mini Musikal Yang Meriah)



    (Sebagai hiburan untuk gerakan #NontonTeaterDiRumahAja.Foto:Dok/Indonesia Kaya)

    Cerita ini sebagai salah satu kegiatan tagar #NontonTeaterDiRumahAja yang dipersembahkan oleh Bakti Budaya Djarum Foundation. Sehingga Digelarnya acara ini diharapkan bisa melepaskan kerinduan akan pentas seni yang tidak bisa berlangsung karena pandemi virus corona.

    “Menyaksikan kembali rekaman pementasan ini tentunya sedikit melepas kerinduan kami dengan seluruh proses produksi dari sebuah pementasan untuk menyuguhkan sebuah sajian yang terbaik bagi para penikmat seni. Semoga rekaman pertunjukan musikal dengan balutan komedi dari kami ini dapat menjadi angin segar dan menambah keceriaan akhir pekan para penikmat seni di rumah, mari bersama-sama #NontonLagiNgakakLagi,” ujar Rusdy Rukmarata selaku sutradara dan koreografer Kisah Huana di New York. 

    Kisah Huana di New York bisa disaksikan pada Sabtu, 26 September dan Minggu, 27 September 2020 pukul 15.00 WIB di website www.indonesiakaya.com serta channel YouTube IndonesiaKaya. 


    (Baca Juga: Cerita Happy Salma Tentang Di Balik Layar Sandiwara Sastra)


    Dukungan Untuk Pekerja Seni Panggung Budaya


    (Ajakan donasi untuk pekerja seni panggung atau teater. Foto:Dok/Indonesia Kaya)

    Musibah Covid-19 yang terjadi di tahun 2020 ini membuat banyak acara seni, khususnya seni pertunjukan panggung yang mengalami pembatalan. Hal ini memberikan dampak yang keras bagi ribuan pekerja seni di Indonesia yang menjadikan seni panggung sebagai sumber penghasilan utama mereka.


    Sehingga, selain mengajak para penikmat seni untuk #NontonTeaterDiRumahAja, Indonesia Kaya bekerjasama dengan Happy Salma, Butet Kartaredjasa dan Ratna Riantiarno sebagai para seniman pertunjukan panggung juga mengajak penikmat seni ikut memberikan dukungan untuk pekerja seni panggung budaya. Para pecinta teater bisa memberikan donasinya melalui Kitabisa.com untuk meringankan beban pekerja seni sekaligus mendukung mereka berkaya kembali.