3 Cara Mudah Mencuci Sepatu Putih Agar Tidak Kuning


  • 3 Cara Mudah Mencuci Sepatu Putih Agar Tidak Kuning
    Berikut cara mudah mencuci sepatu putih agar tidak kuning. (Foto:Dok.Hoang/Pexels)


    Sepatu putih kini salah satu fesyen yang jadi tren saat ini. Warnanya yang netral, cocok untuk dipadupadankan dengan busana keseharian. Bahkan semua warna pun tampak sempurna jika disandingkan dengannya.

    Namun sayangnya, sepatu putih mudah terlihat kotor jika digunakan secara terus menerus. Sehingga perlu perawatan ekstra agar dia tetap elegan dan bersih saat dipakai. 



    Masalah lain yang bisa timbul adalah, jika tidak dibersihkan dengan benar, warna sepatu putihmu bisa berubah menjadi kekuningan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mudah mencuci sepatu putih agar tidak kuning.


    (Baca Juga: 5 Manfaat Lain dari Pasta Gigi)


    1. Sabun cuci piring

    Sabun cuci piring cair jenis apa pun bisa digunakan untuk membersihkan sepatu berwarna putih. Sabun ini secara efektif bisa mengangkat noda dengan mudah tanpa mengubah warna sepatumu.

    Campurkan satu sendok teh sabun cuci piring ke dalam 240 ml air hangat. Aduk dengan sikat gigi agar tercampur rata dan berbusa. Kemudian sikat noda yang mengganggu di sepatu putihmu.


    2. Pasta gigi

    Tak kalah dengan sabun, pasta gigi juga efektif untuk menghilangkan noda dari sepatu dengan mudah. Bahannya yang lembut, mampu mengikat noda tanpa harus merusak kualitas material sepatumu. 

    Untuk mencobanya, kamu bisa menggunakan bantuan sikat gigi. Celupkan kepala sikat gigi ke dalam air sehingga bulunya basah. Pilihlah pasta gigi non-gel, kemudian oleskan pada permukaan bulu seperti ingin menggosok gigimu. Gerakkan bulu sikat dengan gerakan melingkar kecil pada permukaan sepatu, terutama pada area yang sangat kotor. Gunakan sedikit tekanan untuk memasukkan larutan pembersih ke dalam kain sepatu.

    Setelah itu, bilas dengan air. Lakukan berulang jika noda masih menempel.


    (Baca Juga: 5 Sneakers Putih yang Cocok untuk Pengantin)


    3. Baking Soda dan cuka putih

    Alternatif lain yang bisa membuat sepatu putihmu bersih dan terhindar dari warna kuning adalah mencucinya dengan baking soda. Pernah mencobanya?

    Jika belum, kamu bisa mencobanya di rumah. Namun untuk hasil yang maksimal, campurkanlah satu sendok makan air panas dan cuka putih dengan satu sendok makan soda kue. Aduk hingga berubah tekstur seperti pasta gigi. 

    Kemudian sikat sepatumu dengan sikat gigi. Jemur hingga 3-4 jam. Untuk membersihkannya hindarilah air. Kamu cukup menepuk keduanya agar sisa-sia baking soda rontok.

    Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencuci sepatu putih agar tidak kuning. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below