8 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Sehat


  • 8 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Sehat
    Supaya nggak berhenti di tengah jalan, ikuti cara memanjangkan rambut yang sehat berikut. (Foto: Dok. Freepik)

    Pernah berusaha memanjangkan rambut namun sering gagal karena rontok atau mengalami kerusakan rambut lainnya? Well, memanjangkan rambut memang memerlukan kesabaran dan komitmen. Rata-rata, rambut hanya bertambah setengah sampai satu sentimeter setiap bulannya. Semakin sehat kondisinya, semakin banyak dan subur pula pertumbuhannya. Jadi kalau kamu menginginkan rambut yang panjang dan kuat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan. Berikut 8 cara memanjangkan rambut dengan cepat dan sehat yang bisa kamu terapkan.


    1. Perhatikan Perawatan Kulit Kepala

    Ketika kulit kepala dalam keadaan sehat dan seimbang, darah dan nutrisi dapat mengalir lancar ke folikel rambut, sehingga akan mengurangi kerontokan dan pengelupasan akibat kulit kering. Untuk menjaga kondisi kulit kepala tetap prima, kamu bisa mulai berinvestasi pada minyak, serum, atau masker khusus scalp




    Kamu juga bisa menggunakan scalp care shampoo yang sesuai dengan kondisi kulit kepalamu seminggu sekali. Jika kulit kepalamu cenderung berminyak, pilih formula yang ringan dan clarifying, jika kulit kepalamu kering dan flaky, pilih formula yang menghidrasi.  


    Coba:

    (Brand perawatan rambut asal Korea ini punya sederet perawatan alami untuk berbagai kebutuhan kulit kepala. Kamu bisa menemukannya di Sociolla. Foto: Dok. Rated Green US)


    (Sampo yang sudah mudah ditemui di mana-mana ini juga patut jadi opsi. Foto: Dok. Dove.com)

    (Baca juga: 6 Rekomendasi Sampo yang Ampuh untuk Rambut Rontok)

    2. Rutin Trimming Ujung Rambut

    Rambut dengan ujung yang bercabang dapat menyebabkan rambut mudah patah. Hal ini menyebabkan rambut terlihat lebih tipis dan sulit mencapai panjang yang diinginkan. Untuk mencegah hal ini terjadi, potong 1 sampai 2 cm ujung rambut setiap 10-12 minggu.


    3. Mengonsumsi Vitamin atau Suplemen yang Sesuai

    Kamu dapat mencoba hair growth supplement, tapi bukan berarti kamu bisa bergantung dengan ini saja. Di saat kamu tidak mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, besar kemungkinan nutrisi tidak tersalurkan ke rambut dan kulit kepala secara maksimal. Di sinilah vitamin rambut berperan, ia menggantikan nutrisi yang tidak tercukupi untuk menyehatkan dan mendorong pertumbuhan rambut tadi. 


    Sebelum memutuskan untuk membeli vitamin atau suplemen rambut, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Jangan sampai produk yang kamu pilih memiliki kontraindikasi dengan vitamin atau suplemen yang dikonsumsi sehari-hari.


    Beberapa produk yang bisa kamu coba:

    (Suplemen buatan Tati Westbrook atau Glam Life Guru ini sempat viral di kalangan beauty enthusiasts. Foto: Dok. Shopee)


    (Pilihan yang vegan friendly. Foto: Dok. Sephora.com)


    4. Mengurangi Penataan dengan Panas

    Menata rambut dengan suhu panas seperti catokan, curling iron, sampai hair dryer yang super panas dapat menyebabkan kerusakan rambut. Hal ini juga menyebabkan pertumbuhan rambut yang sehat terhambat. Jadi, sebisa mungkin kurangi penataan dengan alat pemanas. Jika tidak bisa dihindari, selalu gunakan heat protector sebelum memulai penataan. 


    5. Membilas Rambut dengan Air Dingin

    Di akhir keramas atau mandi, bilas kulit kepala dan rambut dengan air dingin. Air dingin membantu menghaluskan dan merapatkan kutikula rambut, sehingga dapat mencegah hilangnya kelembapan, rambut patah, dan rusak. Kamu hanya perlu membilasnya beberapa detik dengan air dingin.


    6. Jangan Lewatkan Kondisioner

    Kondisioner menggantikan lipids dan protein yang luruh dari helai rambut saat keramas. Ia juga membantu mengunci kutikula rambut. Kondisioner adalah langkah paling simpel untuk menghindari rambut patah, kering, dan susah bertambah panjang. 


    7. Hindari Bleaching

    Saat mem-bleach rambut, kutikula rambut akan terbuka, menyebabkan kerusakan signifikan, terutama bagi pemilik rambut berwarna gelap seperti kita. Rambut yang diwarnai atau terkena bahan kimia juga lebih mudah patah dan bercabang, sehingga otomatis akan lebih sulit bertumbuh panjang dan kuat. 


    (Baca juga: Konsumsi 10 Makanan Ini Agar Rambut Sehat Dan Kuat)


    8. Kurangi Menguncir Rambut

    Ikat rambut elastis dapat memberikan ketegangan pada helai rambut dan membuatnya mudah patah. Oleh karena itu, jika saat ini goal-mu memanjangkan rambut, sebaiknya kurangi frekuensi menguncir rambut dengan ikatan elastis. Kamu bisa menggantinya dengan jepit rambut (claw clips) jika ingin menaikkan rambut. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below