Ciri Pacar Yang Berbohong


  • Ciri Pacar Yang Berbohong
    Daripada curiga berlebihan, cari tahu ciri pacar berbohong yang bisa membantumu berikut ini. (Foto: Dok. joeypistachio/Pexels)

    Pasti tidak ada orang yang senang dibohongi. Namun, seringkali kita tidak sadar saat dibohongi seseorang, apalagi pasangan. Dengan mengenal ciri pacar berbohong, kamu bisa tahu apakah si dia sedang berkata jujur atau tidak. Daripada kamu khawatir berlebihan atau justru menuduh yang tidak-tidak, cari tahu dulu di sini.


    1. Takut melakukan kontak mata

    Saat berbohong, seseorang akan menghindari kontak mata dengan lawan bicaranya. Ia terlihat menatap ke arah yang tidak jelas. Misalnya, si dia seringkali melihat ke jam tangan atau arah lainnya saat berbicara denganmu, seolah ingin cepat-cepat mengakhiri obrolan.


    (Baca Juga: 5 Tanda Pria Sayang Padamu Yang Patut Diketahui)


    2. Bicara terlalu banyak

    Seseorang yang berbohong akan berusaha untuk mengalihkan pembicaraan. Ia akan mengutarakan banyak hal tidak penting dan justru menjelaskan hal-hal yang tidak kamu tanyakan. Jawabannya terasa berputar-putar dan tidak straight-to-the-point.


    3. Suara dan ekspresi yang berbeda

    Saat berbicara, umumnya suara, kata-kata, dan bahasa tubuh kita akan bergerak selaras. Jika pacar terlihat "aneh", bisa jadi ia memang sedang berbohong. Contohnya saat ia menjawab, "iya", tapi kepalanya justru menggeleng-geleng atau saat ia menjawab pertanyaanmu dengan nada tinggi. Ekspresi wajah juga bisa menunjukkan kebohongan, khususnya saat ia mulai terlihat panik.


    4. Berpikir keras

    Jika seseorang berkata jujur, tentu ia tidak akan kesulitan mengingat suatu kejadian dan situasinya. Namun, jika ia berusaha menyembunyikan sesuatu, ia akan terlihat berpikir lebih keras saat bercerita, karena ia sedang mengarang cerita palsu. Biasanya, ia akan kesulitan untuk mengulang ceritanya. Mungkin alurnya akan terbalik atau tokoh-tokoh di dalamnya terdengar berbeda. Umumnya, jika ia sudah kebingungan, ia akan menggunakan alasan "lupa".


    (Baca Juga: Mantan Gebetan Menghubungi Kembali, Lakukan Ini)


    5. Menjauhi lawan bicara

    Mungkin si dia khawatir bahwa kebohongannya akan terungkap, maka ia akan terlihat gelisah dan cenderung menjauh dari lawan bicaranya. Kalau pacarmu terlihat menundukkan kepala atau minum terlalu sering saat berbicara denganmu, bisa jadi ada sesuatu yang disembunyikan. Ia akan cepat-cepat mengganti topik pembicaraan kalau kamu menanyakan soal sikapnya. 


    Itulah beberapa ciri pacar yang berbohong. Namun sebenarnya ini hanya sekadar petunjuk yang bisa membantumu menganalisa. Pada akhirnya, kamu sendiri yang lebih tahu sikap pasanganmu dan apakah ia memang sedang berbohong atau tidak. Bisa jadi, justru ia melakukannya karena ada masalah yang harus segera diselesaikan dan tak ingin menyakiti hatimu. Daripada kamu curiga terlalu lama, utarakan kegelisahanmu pada pasangan.