Makna Kecantikan Perempuan Dalam "Paras Cantik Indonesia"


  • Makna Kecantikan Perempuan Dalam
    Web series

    Bekerjasama dengan dr. Tompi dan Visinema Content, Indonesia Kaya menghadirkan makna kecantikan perempuan Indonesia melalui web series dalam format dokumenter. Tayangan tersebut bercerita tentang keberagaman latar belakang dan profesi perempuan Indonesia dari berbagai daerah. 


    Mandiri, ketangguhan, ketulusan, kejujuran, dan kepedulian adalah nilai-nilai yang ingin disampaikan melalui dokumenter singkat ini, serta bagaimana perempuan bergerak, berproses, dan bertahan memperjuangkan harapan dan menebar kebaikan satu sama lain.




    (Baca Juga: Fashion Show Batik Tanpa Batas di Galeri Indonesia Kaya)


    “Biasanya kami menampilkan keberagaman Indonesia melalui sosok public figure, tapi melalui project ini kami ingin menunjukkan kecantikan dan kekuatan perempuan Indonesia. Kecantikan itu diperlihatkan baik dari luar maupun dalam melalui kontribusi yang mereka berikan untuk lingkungannya dan kebanggaannya terhadap apa yang mereka lakukan,” tutur Program Director Indonesia Kaya, Renitasari Adrian, dalam konferensi pers yang berlangsung secara virtual pada Senin (07/09/2020).


    Renita juga menyampaikan bahwa tidak ada kriteria khusus dalam pemilihan talent karena mereka ingin memancarkan keunikan yang berbeda dari setiap perempuan yang sebelumnya belum pernah diliput oleh siapa pun. Hanya saja, mereka ingin perempuan yang menjadi talent mampu menerobos stigma bahwa kecantikan bukan hanya dari fisik dan perempuan juga dapat melakukan pekerjaan sebagaimana dilakukan oleh laki-laki.


    Penggunaan kamera analog dipilih oleh dr. Tompi selaku fotografer sekaligus pewawancara dalam dokumenter ini agar lebih mudah menyesuaikan keadaan cahaya pada lokasi syuting dan memperoleh hasil gambar yang memiliki makna lebih dalam, jujur, dan emosional.


    Melalui web series ini, Indonesia Kaya ingin perempuan di Indonesia menjadi terinspirasi untuk memiliki dampak positif bagi lingkungannya dan meningkatkan rasa percaya diri yang dimiliki, bukan hanya terfokus pada penampilan fisik.


    (Baca Juga: Chanel Rilis Web Series Soal Kecantikan)


    Terdiri dari 12 episode, pada episode perdananya akan diceritakan bagaimana perjuangan Nurlina, seorang nelayan perempuan dari Kabupaten Pangkep Pulau Sabangko, Sulawesi Selatan, yang dengan teguh melawan kungkungan tradisi masyarakat desanya yang tidak bisa menerima seorang perempuan bekerja sebagai nelayan. Kamu dapat menyaksikan episode ini mulai 8 September 2020 pukul 19.00 WIB di channel Youtube IndonesiaKaya.


    (Penulis: Aurelia Gracia)