Tips Sukses Lakukan French Manicure di Rumah


  • Tips Sukses Lakukan French Manicure di Rumah
    Percantik tampilan kuku dengan membuat french manicure sendiri di rumah. Ini tipsnya. (Foto: Dok. Freepik)

    Jika menginginkan tampilan kuku yang rapi, tak ada yang mengalahkan french manicure yang klasik dan simpel. Selain terlihat clean dan sesuai untuk segala kesempatan, jenis manicure ini juga ternyata mudah dilakukan sendiri. Penasaran? Simak langkah dan tips untuk melakukan french manicure di rumah berikut.


    (Baca juga: 4 Hal Yang Bikin Kuku Menjadi Kuning)




    1. Mempersiapkan Kuku

    Pertama-tama, bersihkan kuku menggunakan nail polish remover. Pastikan kamu membersihkan sampai ke sela-sela kuku dan kutikula agar sisa kuteks sebelumnya yang masih menempel benar-benar terangkat. Perlu diketahui bahwa aseton mengandung bahan kimia yang berisiko merusak kuku karena bisa meluruhkan minyak serta protein alaminya dan dapat membuat kulit di sekitar kuku kering. Agar kuku lebih sehat, kamu bisa memilih pembersih cat kuku yang tidak mengandung aseton. 


    2. Trimming Kuku


    (Menggunakan nail buffer akan membuat cat kuku melekat lebih sempurna nantinya. Foto: Dok. Yanalya/Freepik)

    French manicure terlihat lebih memesona dengan kuku yang cukup panjang, oleh karena itu, tidak perlu menggunting kuku sampai habis. Cukup trimming saja. Lalu rapikan bentuknya dengan kikir kuku dan buff seluruh permukaan kuku. 


    3. Rendam

    Rendam jari tangan dalam air hangat (kamu bisa menggunakan wadah mangkuk), dan diamkan selama kurang lebih 1 menit. Proses ini membantu melembutkan kutikula dan kulit di sekitar kuku, sekaligus membersihkan permukaan kuku secara mendalam sehingga nantinya hasil manicure bertahan lebih lama. 


    4. Aplikasikan Base Coat

    Setelah kering, aplikasikan base coat secara merata. Pastikan benar-benar kering sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.


    5. Aplikasikan Ujung Putih

    Pulaskan bagian ujung kuku dengan cat kuku berwarna putih dengan mengikuti pola bulan sabit. Sebisa mungkin pastikan tangan kamu dalam keadaan stabil. Lebih mudah lagi jika kamu memiliki french manicure kit di rumah, biasanya mereka menyediakan tape khusus untuk membentuk ujung putih kuku menjadi lebih rapi. 


    6. Kuteks Bening

    Setelah bagian ujung putih selesai dan kering, pulaskan cat kuku bening dan akhiri dengan top coat untuk membuat manicure ini tahan lebih lama. 


    (Baca juga: Ketahui Risiko Kesehatan Penggunaan Kuku Palsu)


    Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below