Fashion

MRA Media Ajak 7 Desainer Rayakan #BanggaBuatanIndonesia

By : Amalta Rifani - 2020-08-26 11:00:00 MRA Media Ajak 7 Desainer Rayakan #BanggaBuatanIndonesia

Dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia di bulan penuh semarak ini, MRA Media meliputi Harper's Bazaar, Her World Indonesia, dan Cosmopolitan ingin meningkatkan rasa cinta masyarakat sekaligus bangga mengenakan hasil karya desainer lokal.

Lewat kampanye bertajuk #MRAyakanIndonesia, MRA Media menggandeng tujuh desainer untuk menampilkan rancangan terbaik beserta kisah di balik pembuatannya. Konsep kampanye ini menggabungkan kreativitas konten digital, media, dan influencers yang terintegrasi untuk menghasilkan visualisasi fashion yang berkelas.

Tak heran nama-nama besar seperti Dian Sastrowardoyo, Marsha Timothy, Atiqah Hasiholan, Nadine Chandrawinata, Kelly Tandiono, Renata Kusmanto, Aurra Kharishma, serta Janna dan Amanda Soekasah turut serta memamerkan keindahan jajaran busana autentik nan spesial ini. Seperti apa penampilan mengagumkan mereka dalam balutan hasil tangan anak bangsa? Bersiaplah terkesima dengan #BanggaBuatanIndonesia dan segera #BelanjaBuatanIndonesia!


#1 Sejauh Mata Memandang


Wujud kecintaan Chitra Subyakto terhadap Indonesia dan ragam budayanya dituangkan pada labelnya Sejauh Mata Memandang. Kain Nusantara menjadi ciri khas di balik label yang tidak hanya mengapresiasi kultur Indonesia, namun juga mempertegas tanggung jawab terhadap lingkungan. Lebih dari sekadar gaya yang dihasilkan dari sebuah potongan, untuk dapat tiba di titik tersebut, label batik kontemporer kreasi Chitra ini juga memerhatikan prosesnya. Setiap desain kebaya dan busana dikreasikan agar menjadi koleksi timeless, trendless, dan durable. Pengolahan kain Sejauh Mata Memandang pun menggunakan teknik batik dengan interpretasi figur-figur familier bersifat modern.


#2 Bin House


Lebih senang disebut sebagai seorang tukang kain, Josephine Komara yang akrab dipanggil sebagai Obin ini dikenal luas akan inovasi teknik menenun yang ia ciptakan sendiri. Berkecimpung di dunia kain tradisional Indonesia selama lebih dari 40 tahun, keinginan Obin untuk mengembangkan kain menjadi potongan busana yang menggunakan teknik tangan dengan craftmanship penuh presisi menjadikan Obin salah satu desainer yang sangat diperhitungkan di Tanah Air. Untuknya, tidak ada yang lebih penting dari jati diri. Termasuk jati diri bangsa Indonesia, salah satu upaya Obin adalah dengan menggunakan teknik tangan. Itu adalah caranya untuk mempertahankan, melestarikan, sekaligus mengedukasi para generasi penerus tentang teknik tradisional bangsa Indonesia.


#3 Ghea Fashion Studio


Selalu mengangkat keindahan budaya tradisional lewat pemilihan tekstil, bordir, siluet busana, hingga akesori yang mengundang atensi banyak mata. Apresiasi itulah yang Ghea Panggabean gambarkan di setiap rancangannya untuk Ghea Fashion Studio. Seperti yang terlihat pada aktris Atiqah Hasiholan yang difoto bersama anaknya, Salma Jihane Dewanto mengenakan Tenun Ulos Sadum yang berwarna-warni, terinspirasi dari motif suku Gorga Batak, Sumatera Utara. Sedangkan koleksi Merah Putih yang dikenakan oleh dua muse setianya, Amanda Gratiana dan Janna Soekasah, mengusung motif wayang dan batik Jawa. Setiap kayanya, Ghea mencerminkan sosok perempuan yang open-minded, penuh dengan percaya diri, dan tak akan pernah lupa akan seni budaya Indonesia.


#4 Ivan Gunawan Prive


Lebih dari 16 tahun menyelami dunia fashion, Ivan Gunawan sukses memiliki begitu banyak lini mulai dari Ivan Gunawan, Mandjha Hijab, Khalif Menswear, dan MiniMe Kidz. Tak berhenti sampai di situ, ia kembali menghadirkan Ivan Gunawan Privilege Modest atau dikenal sebagai Ivan Gunawan Prive, label busana muslim premium yang dapat memperindah tampilan wanita muda, eksekutif, hingga sosialita. Kelebihannya terletak dari bahan berkualitas tinggi serta motif yang didesain Ivan Gunawan secara eksklusif, diproduksi dalam jumlah terbatas, serta lebih personal karena dapat disesuaikan dengan permintaan. Anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan mulai dari kerudung berukuran besar, gaun, tunik, luaran, dan bawahan yang bisa ditemukan di www.ivangunawanprive.com.


#5 Danjyo Hiyoji


Label yang didirikan oleh Dana Maulana dan Liza Masitha sejak tahun 2009 ini menawarkan koleksi bernapas muda dengan siluet yang versatile. Danjyo Hiyoji kali ini menggunakan warna-warna cerah untuk menggambarkan keanekaragaman budaya di Indonesia. Detail bunga yang diaplikasikan pada busana, aksen volume, hingga model oversize membuat setiap fashion item yang dilansir oleh label berikut terasa relaks namun tetap terdepan. Setiap musim Danjyo Hiyoji selalu mencoba bereksplorasi untuk menciptakan sesuatu yang baru dan fresh dengan menerjemahkan tren menjadi deretan busana bergaya effortless sekaligus modern.


#6 Ayumi


Bermula dari kecintaan Ayumi mendesain sendiri gaunnya untuk dikenakan ke berbagai acara formal, hingga akhirnya para sahabat dekat mulai meminta dirancangkan olehnya. Dari situ, Ayumi Official terus berkembang dan melebarkan sayap hingga saat ini. Setelah memeragakan karyanya di New York Fashion Week tahun lalu serta beberapa kolaborasi dengan selebriti Indonesia, kini Ayumi menghadirkan koleksi Volume I dengan berbagai desain gaun, terusan, dan jaket dengan detail volume yang indah. Setiap desainnya memiliki keunikan yang menonjolkan kelebihan setiap wanita sekaligus membuat mereka tampak lebih percaya diri akan kekurangan yang dimiliki. Menariknya, bahan yang digunakan terbilang ringan namun mampu memberi efek yang dramatis sehingga dapat dipakai untuk berbagai acara penting, khususnya di masa new normal ini.


#7 Jeanny Ang


Nuansa Peranakan kerap menjadi benang merah dalam koleksi busana Jeanny Ang. Kali ini sang desainer mengombinasikan corak batik berwarna cerah khas Pekalongan dengan aksen kontemporer, seperti ruffles, puff sleeve, sampai detail pita penuh pernyataan. Tak ketinggalan, bordir bernuansa floral turut menghadirkan sentuhan feminin yang modern. Seluruhnya begitu versatile untuk dipadupadankan dan dapat menjadi andalan untuk berbagai kesempatan, baik formal maupun kasual. Tampilannya pun tak lekang oleh waktu, sehingga dapat digunakan dari generasi ke generasi.



Fashion