ARTJOG Akan Kembali Menggelar Pameran Bertema 'Resilience'


  • ARTJOG Akan Kembali Menggelar Pameran Bertema 'Resilience'
    Pameran ARTJOG kembali menggelar pameran secara daring dan luring dengan tema Resilience (Foto:Dok/@artjog.id)


    Festival seni kontemporer, ARTJOG akan kembali menggelar perhelatannya pada tahun 2020. Dengan mengusung tema “Resilience”, ARTJOG menawarkan semangat untuk terus bergerak dan menguji ketahanan sebagai festival yang telah berlangsung selama 12 tahun.

    Berbeda dari tahun sebelumnya, perhelatan ARTJOG kali ini akan menyuguhkan presentasi gabungan antara daring dan luring. Yang nantinya publik akan diajak menyaksikan tayangan pameran sebagai cara baru menikmati seni.




    (Baca Juga: Jangan Sampai Kelewatan, ARTJOG 2018!)


    Sementara itu untuk pameran secara fisik juga masih bisa disaksikan secara langsung dengan pembatasan jumlah pengunjung. Tak lupa juga dengan prosedur kesehatan yang sesuai dengan arahan pemerintah yang harus dipatuhi.

    Diperhelatannya tahun ini juga ARTJOG mengusung empat program yang mengedukasi para pencinta seni di Indonesia. Diantaranya adalah Curatorial Tour dan Meet The Artist yang akan diselenggarakan secara virtual. Sementara yang berbeda di tahun ini adalah program ARTCARE yakni sebagai salah satu wujud kepedulian para pegiat seni dalam pandemi virus corona yang berdampak pada kehidupan masyarakat luas. 

    Yang terakhir, ada pula program terbaru bertajuk Murakabi Movement yakni gerakan lintas disiplin yang diusung oleh seniman, arsitek, intelektual dan aktivis gerakan sosial. kali ini Murakabi mencoba menyuguhkan gabungan unsur material dan spiritual yang terwujud dalam unsur sandang, pangan, papan dan puisi yang mengusung semangat lokal (indigenous) serta kelestarian alam.


    (Baca Juga: 10 Etika ke Pameran Seni)


    ARTJOG: RESILIENCE ini bertujuan untuk menunjukkan peristiwa seni di tengah wabah virus corona diberbagai negara, termasuk di Indonesia. Kegiatan ini juga ingin memaksimalkan semua potensi yang dimiliki oleh ekosistem seni rupa di Indonesia, di mana para seniman tidak pernah berhenti berkarya dan mampu memanfaatkan teknologi secara optimal.

    Dibuka pada Sabtu, 8 Agustus 2020, pameran ARTJOG: RESILIENCE akan berlangsung hingga 10 Oktober 2020 di www.artjog.co.id dan Jogja National Museum. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below