Begini Cara Atasi Kesepian Setelah Patah Hati


  • Begini Cara Atasi Kesepian Setelah Patah Hati
    Begini cara mudah mengatasi kesepian setelah patah hati (Foto:Dok/Unsplash)


    Setelah putus cinta atau patah hati, perasaan yang kerap muncul pertama kali adalah kesepian. Banyak hal yang berubah, salah satunya kini kamu melakukan kegiatan tanpa pasanganmu.


    Meski wajar untuk dirasakan, namun jika dibiarkan kesepian bisa berdampak buruk bagi si penderita. Bahkan bahayanya bisa memicu depresi, kecanduan alkohol, stroke dan lainnya.


    Oleh sebabnya, penting untuk mengetahui cara mengatasi kesepian setelah patah hati. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya


    (Baca Juga: Fakta Tentang Kesepian Yang Perlu Kamu Ketahui)


    1. Tuliskan apa yang bisa kamu kerjakan sendiri

    Ketika mencoba untuk mengatasi kesepian, tak jarang diri akan merasa semakin kesepian. Alhasil tak berhasil dan semakin dirundung kesedihan.


    Sebetulnya hal ini bisa terjadi karena seseorang tak membuat daftar akvitas sederhana yang bisa dilakukannya sendiri. Seperti bermain games, merajut, melukit, menonton film hingga mengalihkan perhatiannya dari kesepian akut dengan cara yang sehat.


    2. Jalan-jalan dengan teman

    Sebetulnya, tak semua perpisahan berujung pada keburukan. Banyak hal baik dari sana yang bisa diambil, hanya saja terkadang terlalu sulit untuk merasakannya. 


    Salah satunya adalah kamu bisa dengan bebas untuk bertemu siapapun yang kamu inginkan tanpa ragu. Bahkan kamu bisa menjalin hubungan baru lagi. Cobalah cari apa yang kamu sukai dan buatlah kelompok pertemanan, seperti hiking, bersepeda misalnya.


    (Baca Juga: Dampak Buruk Kesepian untuk Kesehatan)


    3. Perbanyak sosialisasi

    Jika kamu seorang introver, terkadang sosialisasi akan terasa sulit sekali dilakukan. Namun disaat kesepian, cara ini bisa jadi salah satu jalan yang patut dicoba.


    Melansir laman Woman's Day seorang psikolog pernikahan dan keluarga berlisensi di Los Angeles, California, Kate Balestrieri mengatakan bahwa, "Pada titik tertentu, kamh hanya harus membuat dirimu sendiri melakukannya," kata Balestrieri. 


    Jika terasa sulit kamu bisa mengatakan hal-hal yang mendorong rasa percaya dirimu untuk melakukannya "Saya menarik, saya memiliki sesuatu untuk ditawarkan, saya tidak takut ditolak "adalah beberapa contoh tambahan.


    4. Belajar kenali diri 

    "Kita bisa menggunakan [kesepian] sebagai kesempatan untuk lebih mengenal diri kita sendiri," jelas Balestrieri. Ajaklah dirimu makan malam, nonton film, pergi ke taman, museum, tempat yang selalu ingin kamu kunjungi. Banyak orang mengandalkan hubungan untuk mengatur emosi mereka dan merasa kesepian bisa jadi kesempatan untuk belajar melakukannya sendiri.


    (Baca Juga: Ini Dia Aturan yang Wajib Diketahui Dalam Hubungan)


    5. Kunjungi terapi

    Hal lain yang bisa dialami oleh mereka yang kesepian adalah kecemasan dan depresi. Jika gejala ini menyerang, pergi ke terapi mungkin tidak memberikan dukungan tetapi, selama periode transisi ini, memberi kesempatan untuk belajar dari masa lalu. 


    6. Kesepian hanya sementara

    Kesepian setelah putus cinta atau patah hati adalah hal yang wajar untuk dirasakan. Jika kamu merasakannya saat ini, belum tentu kamu merasakannya terus menerus.


    "Kamu adalah arsitektur masa depanmu," kata Balestrieri. "Kamu bisa keluar dan membuat ikatan baru," ia menambahkan bahwa setiap orang memiliki sesuatu untuk menjalani hubungan.