Kafein Bisa Atasi 5 Masalah Kulit ini, Simak Manfaatnya!


  • Kafein Bisa Atasi 5 Masalah Kulit ini, Simak Manfaatnya!
    Sudah pernah coba merawat kulit dengan kafein? (Foto: Dok. user18526052/Freepik)

    Sebagian dari kamu mungkin sulit memulai hari tanpa segelas kopi. Hal ini dikarenakan kafein di dalamnya dapat meningkatkan konsentrasi serta memicu tubuh untuk lebih berenergi dan semangat. Selain tak bisa ditinggalkan sebagai minuman harian, kopi dengan kandungan kafeinnya juga ternyata kerap digunakan dalam industi kecantikan. Apakah benar-benar berpengaruh ketika diaplikasikan ke kulit? Berikut manfaat kafein untuk mengatasi 5 permasalahan kulit yang berbeda.


    (Baca juga: Kebiasaan Minum Kopi, Apakah Baik Atau Buruk?)




    1. Selulit

    Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Kandungan kafein dalam kopi dapat “melonggarkan” pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Pada akhirnya, proses ini membantu meminimalisir tampilan selulit. Untuk mewujudkannya, kamu bisa menggunakan scrub tubuh yang berbahan dasar kopi, karena metode pengelupasan kulit juga dapat menghaluskan kulit dan memberikan tampilan yang lebih merata.


    2. Penuaan Kulit

    Mengaplikasikan kandungan kafein langsung ke kulit dapat membantu mengurangi tampilan flek hitam, sun spots, kemerahan, dan garis halus. Selain itu, asam amino di dalamnya juga membantu mendorong produksi kolagen dan elastin yang membuat kulit tetap kenyal.


    3. Kulit Kusam dan Sensitif

    Kafein juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi kulitmu dari radikal bebas dan polusi. Hasilnya, kulit terjaga dari inflamasi dan tidak mudah kusam. 


    4. Rosacea dan Kulit Terbakar

    Ketika dioleskan secara topikal, kafein memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit yang teriritasi dan memerah akibat kerusakan akibat sinar matahari dan kondisi rosacea.


    (Baca juga: Mengenal Manfaat Masker Kopi Sesuai Kebutuhan Kulit)


    5. Masalah Lingkar Mata

    Lingkar hitam di sekitar mata bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti dehidrasi, alergi, kurang tidur, atau faktor genetik. Meskipun kafein tidak dapat menyembuhkan lingkar hitam yang bersifat genetik, sifat anti-inflamasi membuatnya bermanfaat dalam mengurangi pembengkakan (puffiness) dan peradangan yang bisa menyebabkan lingkar hitam. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below