Cara Efektif Cegah Kolesterol Naik Saat Hari Raya Idul Adha


  • Cara Efektif Cegah Kolesterol Naik Saat Hari Raya Idul Adha
    Takut kolesterol naik saat Idul Adha? begini cara mencegahnya (Foto:Dok/Pexels/Lisa)


    Hari raya Idul Adha kerap jadi perayaan umat muslim yang identik dengan makanan serba daging. Adalah daging kambing, sapi hingga domba yang diolah jadi berbagai menu santapan menggugah selera.

    Momen itu juga buat diri tak sadar telah menyantap berbagai masakan mulai dari sate, gulai daging, rendang dan lainnya sepanjang hari bahkan setelahnya. Alhasil, kolesterol pun meningkat dan angka timbangan pun ikut naik. Lalu, bagaimana cara menyiasatinya?



    Agar kolesterol tidak naik saat Idul Adha kamu bisa menyeimbangi asupan serat dengan buah-buahan dan berolahraga. Selain itu, berikut Her world rangkum cara efektif turunkan kolesterol saat dan setelah Idul Adha.


    (Baca Juga: Daftar Makanan yang Dapat Membantu Turunkan Kolesterol)


    1. Hindari daging dengan lemak 

    Meskipun menu makan siang hingga malam saat Idul Adha identik dengan daging, kamu tetap bisa mencegah kolesterol naik dengan memilahnya. Pilihlah daging tanpa lemak agar kamu tetap bisa menjaga kesehatan tubuh.

    "Lemak meningkatkan LDL, menurunkan HDL Anda, dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke," kata Suzanne Steinbaum ahli jantung di Lenox Hill Hospital kepada Medical News Today. 


    2. Perbanyak makan buah

    Berbagai macam buah mengandung serat yang ampuh untuk mencegah kolesterol meningkat. Di antaranya adalah apel, anggur, strawberry, canberry, dan lainnya yang bisa diolah menjadi jus untuk penghilang dahaga setelah makan siang dan malam. Buah-buah ini juga dipercaya bisa menurunkan LDL di dalam tubuh.


    (Baca Juga: Olahraga Penurun Kolesterol Setelah Idul Adha)


    3. Camilan kacang

    Beberapa kacang juga bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, terutama saat diri mengonsumsi banyak daging. Melansir laman Health Harvard, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kacang almond, kenari dan kacang tanah baik untuk kesehatan. 

    Makan 2 ons kacang-kacangan ini dalam sehari bisa sedikit menurunkan LDL. Bahkan 5% nutrisi di dalamnya efektif untuk melindungi jantung.


    4. Suplemen serat

    Jika kamu tidak menyukai buah dan kacang-kacangan, suplemen serat merupakan alternatif untuk mencegah kolesterol naik. Mengonsumsi dua sendok teh psyllium sehari membantu menetralisir lemak trans jahat.


    5. Olahraga

    Cara yang efektif untuk mencegah koleksterol naik saat Idul Adha adalah dengan berolahraga. Hal ini akan semakin menyenangkan apabila dilakukan bersama-sama dengan saudara di rumah.

    Kamu bisa jogging, zumba dan bersepeda setelah banyak mengonsumsi daging sapi atau kambing saat hari raya qurban. Sehingga lemak di dalam tubuh bisa terbakar dan tak tumbuh menjadi penyakit berbahaya.

    Itulah sejumlah cara agar kolesterol tidak meningkat saat hari raya idul adha. Selamat menikmati ragam hidangan daging sapi dan kambing!




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below