Masih Sayang Mantan Pacar, Ini Yang Harus Dilakukan


  • Masih Sayang Mantan Pacar, Ini Yang Harus Dilakukan
    Perasaan sayang pada mantan memang tak bisa hilang begitu saja. Tapi jika ini yang kamu rasakan, pastikan kamu lakukan hal-hal ini. (Foto: Dok. Flora/Pexels)

    Usai putus dari hubungan, pasti kamu enggak akan bisa langsung melupakan sosok mantan. Tentunya masih ada perasaan cinta yang mungkin terngiang-ngiang dalam pikiranmu. Rasa cinta yang mengganjal ini bahkan belum tentu hilang dalam waktu bulan atau tahun. Tak sedikit juga yang justru bikin kamu jadi susah move on. Jika kamu masih sayang mantan pacar, segera lakukan ini.


    Ketahui statusnya

    Kalau hubunganmu sudah putus berbulan-bulan atau justru bertahun-tahun tapi masih enggak bisa melupakannya, sebaiknya kamu cari tahu statusnya saat ini. Bukan untuk mengajaknya balikan, tapi lebih untuk menghindarkan dirimu dari masalah. Kalau sang mantan sudah punya pasangan, tentu niat (atau mimpimu) untuk kembali ke pelukannya akan hilang. 


    (Baca Juga: Tanda-Tanda Mantan Ingin Balikan)


    Berhenti berharap

    Mungkin niatmu hanya sekadar ingin jujur pada mantan soal perasaanmu yang masih ada padanya. Kalau ia masih single, hal ini masih mungkin untuk dilakukan. Tapi jangan letakkan harapan tinggi bahwa ia akan mau menjalin kembali hubungan yang lama. Ingat, kamu enggak akan tahu isi hatinya saat ini.


    Kalau harapanmu terlalu tinggi dan ternyata ia sudah tak ingin kembali padamu, pada akhirnya hatimu harus merasa sakit lagi. Persiapkan kondisimu, jauhkan harapan palsu, dan mulai belajar untuk menerima.


    Lupakan momen indah dengannya

    Jika kamu masih sering bernostalgia ke masa-masa pacaran dulu, ini hanya akan mempersulit mentalmu untuk segera move on. Meski sayang, segera berhenti memikirkan kenangan-kenangan itu. Sebaiknya, kamu tetap fokus pada kehidupan saat ini. Coba kegiatan baru, temui orang-orang baru, sehingga kamu akan lebih mensyukuri yang ada sekarang di hadapanmu.


    (Baca Juga: Begini Cara Bikin Mantan Merindukan Anda)


    Tidak merasa bersalah

    Mungkin kalian putus karena kesalahanmu, tapi bukan berarti kamu harus membebani diri sendiri dengan hal ini terus-menerus. Dalam sebuah hubungan, ada dua pihak yang saling bertanggung-jawab, saling mendukung dan mengingatkan jika ada kesalahan. Nah, daripada terus merasa bersalah, jadikan hubungan yang lalu sebagai pembelajaran agar kamu bisa menciptakan hubungan yang lebih baik di masa depan.


    Itulah 4 hal yang harus dilakukan kalau kamu masih sayang dengan mantan pacar dan ingin balikan. Semoga berhasil dan selamat menyongsong masa depan yang baru.