Cara Memilih Maskara Yang Bagus Sesuai Tipe Bulu Mata


  • Cara Memilih Maskara Yang Bagus Sesuai Tipe Bulu Mata
    Maskara menjadi esensial untuk percantik mata sejak setiap hari kita mulai menggunakan masker. Berikut cara memilih maskara yang bagus. (Foto: Dok. Yanalya/Freepik)

    Sejak memakai masker setiap hari, kita jadi lebih mengutamakan riasan mata ketimbang riasan wajah lainnya. Salah satu yang ampuh untuk membuat mata terlihat semakin berbinar adalah maskara yang bagus. Bagi kamu yang belum mempunyai produk andalan atau masih bingung harus pilih maskara seperti apa agar cocok, kamu bisa lihat dari jenis sikat dan formulanya. Berikut cara memilih maskara yang bagus dan sesuai dengan tipe bulu mata kamu. 


    1. Ketahui Bentuk Sikatnya

    Desain sikat maskara yang beragam memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mana yang kau butuhkan?




    Bulu Sikat Melengkung


    (Benefit Cosmetics Roller Lash. Foto: Dok. Sephora Indonesia)

    Maskara dengan wand seperti ini bertujuan untuk membuat bulu matamu terlihat lebih melebar dan lentik, sehingga cocok untuk bulu mata yang lurus dan sedikit turun. 


    (Baca juga: 5 Rekomendasi Serum Bulu Mata agar Lebih Tebal dan Lentik)


    Bulu Sikat yang Penuh, Berhelai Panjang, dan Panjang-Pendek


    (Too Faced Damn Girl Mascara. Foto: Dok. Sephora Indonesia)

    Biasanya tipe brush maskara yang seperti ini bulu sikatnya lebih halus dan lemas. Jenis sikat maskara ini dapat menjangkau seluruh bagian bulu mata karena terdapat bulu helai brush yang panjang maupun pendek. Ia cocok untuk kamu yang memiliki bulu mata pendek, karena akan memberikan efek memanjangkan, menebalkan, sekaligus melentikkan.


    Bulu Sikat Kerucut


    (Honest Beauty Mascara ini merupakan produk dari label kosmetik milik Jessica Alba yang vegan dan clean. Foto: Dok. Honestbeauty.com)

    Jika mencari maskara dengan hasil akhir yang natural, kamu bisa coba tipe ini. Bentuknya yang kerucut memudahkan kamu untuk menjangkau bulu mata hingga sudut luar, ia juga akan memisahkan bulu mata lebih baik sehingga tidak terlihat menggumpal. Hasilnya akan terlihat lebih lentik dan hitam secara merata.


    Bulu Sikat Sisir


    (Maybelline The Falsies Push Up Angel yang bisa kamu temukan di department store atau toko kosmetik terdekat. Foto: Dok. Watsons Indonesia)

    Jenis sikat maskara ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki bulu mata tipis, jarang, dan pendek. Sikatnya yang berbentuk sisir akan menghantarkan lebih banyak maskara ke bulu matamu sehingga akan tampak lebih tebal dan bervolume seketika. 


    2. Pilih formula sesuai kebutuhan

    Kalau kamu ingin bebas dari noda maskara yang luntur ke bawah mata, pilih yang formulanya waterproof. Klain waterproof di suatu produk maskara secara general sudah tahan air, tahan keringat, dan tahan minyak (untuk pemilik kulit berminyak, ini penting!). Namun maskara yang waterproof memang finishing-nya berpotensi tampak lebih kering. Jika kamu ingin tampilan bulu mata yang lebih lembut dan penuh, kamu bisa pilih maskara dengan formula yang washable. Kelebihannya, ia lebih mudah mudah dibersihkan menggunakan air atau micellar water (di mana maskara waterproof perlu pembersih khusus yang berkandungan oil), dan lebih lembut untuk bulu mata. 


    (Baca juga: Treatment Lash Filler yang juga Sehatkan Bulu Mata)


    Kalau kamu pemula dan memiliki area mata yang cukup sensitif atau bulu matanya mudah rontok, sebaiknya coba maskara yang non-waterproof terlebih dulu. Itulah cara memilih maskara yang bagus dan sesuai dengan tipe bulu matamu. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below