5 Cara Cepat Menghilangkan Komedo Putih Dan Aman


  • 5 Cara Cepat Menghilangkan Komedo Putih Dan Aman
    Ini triknya supaya kamu bisa menghilangkan komedo putih dalam sehari. (Foto: Dok. Freepik)

    Komedo putih, atau yang dikenal juga sebaga whiteheads, juga termasuk dalam salah satu jenis jerawat. Dilansir dari Healthline, komedo putih muncul akibat adanya penumpukan sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang terjebak dalam pori-pori. Pada perempuan, penyumbatan pori-pori ini dapat dipicu oleh fluktuasi hormon seperti pada saat sedang mengalami menstruasi, pubertas, hamil, atau menggunakan kontrasepsi. 


    (Baca juga: 7 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Atasi Komedo)




    Untungnya, komedo putih ini termasuk kondisi yang cukup mudah diatasi, bahkan bisa hilang hanya dalam sehari kalau kamu tahu triknya. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan komedo putih dengan cepat dan aman. 


    1. Uap Wajah

    Kalau kamu memiliki face steamer di rumah, ini adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkannya. Uap hangat akan membuat pori-pori merenggang, dan memudahkan komedo putih untuk diekstraksi tanpa tekanan. Selain itu, metode uap ini juga akan menyeimbangkan minyak yang ada di dalam kulit. Kalau tidak memiliki face steamer, kamu bisa mendidihkan air di panci. Setelah mendidih, matikan api, dan dekatkan wajah ke panci sampai kamu bisa merasakan hangat uapnya. Lakukan ini selama kurang lebih lima menit. Hati-hati ya saat melakukan metode uap manual ini. 


    2. Acne Patch

    (Derma Angel juga punya acne patch versi Day dengan lapisan yang lebih tipis. Foto: Dok. @dermaangel_id/Instagram)

    Setelah membersihkan wajah dan mengeringkannya, langsung tempelkan acne patch di area yang mengalami komedo putih. Untuk hasil maksimal, kamu bisa melakukannya sebelum tidur dan mendiamkannya semalaman. Keesokan paginya, komedo putih akan ikut terlepas saat acne patch ditarik. Kalau komedo putihmu banyak di area hidung, kamu juga bisa gunakan pore strip.


    3. Masker Mud atau Clay

    Dalam keadaan wajah bersih dan kering, aplikasikan masker berformula mud atau clay dan diamkan kurang lebih 15 menit. Kandungan ini mampu mendetoksifikasi pori-pori sekaligus “menarik” sumbatan-sumbatannya. Bilas dengan air hangat dengan gerakan memutar yang lembut dan perlahan. 


    4. Double Cleansing

    (Salah satu cleansing oil favorit her world. Bisa didapatkan di Sociolla. Foto: Dok. @dhcskincare_id/Instagram)

    Lakukan double cleansing pada pagi dan malam hari. Untuk cleanser pertama, gunakan yang berbahan dasar minyak. Pijatkan dengan lembut ke seluruh wajah, bilas sampai residu cleansing oil benar-benar tuntas, lalu lanjutkan dengan sabun pembersih. Komedo putih yang sudah muncul di permukaan dapat luruh dengan ritual pembersihan yang mendalam ini. 


    5. Chemical Home Peeling

    Kamu juga bisa mengatasi komedo putih dengan produk peeling yang lembut. Cari yang kandungan utamanya glycolic acid (salah satu bentuk AHA atau Alpha Hydroxy Acid) karena ia memiliki molekul yang kecil sehingga dapat meresap ke dalam lapisan kulit untuk menghancurkan lipid atau asam lemak berlebih yang menahan sel kulit mati. Minyak berlebih juga akan ikut terangkat dari pori-pori. Kamu juga bisa mencoba kombinasi formula AHA BHA yang ringan. Jangan lupa kenakan sunscreen esok harinya ya karena kemungkinan kulit akan lebih sensitif. 


    (Baca juga: Pilihan Exfoliating Toner Yang Aman Untuk Kulit Berjerawat)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below