Semakin Tua, Ini Cara Jalin Hubungan Baik Dengan Orang Tua


  • Semakin Tua, Ini Cara Jalin Hubungan Baik Dengan Orang Tua
    Bukan hanya kita yang bertambah tua, begitu juga orang tua. Ini cara menjalin hubungan baik dengan mereka selagi masih bisa. (Foto: Dok. Andrea/Pexels)

    Saat masa remaja dulu, emosi kita masih labil, di mana sahabat atau teman-teman jadi tempat curhat paling utama dan ideal. Menuju usia 20-an akhir atau awal 30-an, kita menyadari bahwa bukan hanya kita yang menua, begitu juga dengan orang tua. Hingga menjalin komunikasi yang baik dengan mereka mulai jadi keinginanmu atau bahkan prioritas. Nah, berikut ini adalah cara menjalin hubungan baik dengan orang tua yang bisa kamu coba.


    Inisiatif

    Mulailah dari dirimu sendiri, ceritakan masalahmu pada orang tua. Mereka seharusnya adalah orang pertama yang jadi tempat kamu bercerita tentang apa pun. Bisa dibilang, mereka adalah orang yang paling mengerti dirimu.


    (Baca Juga: 8 Game Seru Yang Bisa Dimainkan Bareng Keluarga Di Rumah)


    Mulai meluangkan waktu

    Mungkin dulu kamu lebih suka menghabiskan waktu dengan teman-teman sehingga waktu di rumah bersama orang tua jadi minim atau bahkan enggak pernah. Tak ada salahnya untuk meluangkan waktumu dan berkumpul bersama mereka. Apalagi sekarang kemungkinan waktumu memang lebih banyak di rumah. Gunakan momen ini sebagai bonding time, lakukan hal-hal yang tak sempat kalian lakukan bersama.


    Mengakui kesalahan

    Bisa jadi komunikasi yang kurang baik terjadi karena ada masalah di masa lampau. Meski orang tua belum sempat mengucapkan maaf, jadilah orang yang berbesar hati dan akui kesalahanmu. Tak hanya menjaga hubungan yang harmonis, sikap ini akan menunjukkan pada orang tua bahwa kamu sudah menjadi pribadi yang dewasa dan bijak.


    Menghindari perdebatan

    Tak ada yang bisa menghindari perdebatan 100%. Namun, sebisa mungkin hindari perdebatan kecil yang sebenarnya tidak penting. Kalau ada ucapan orang tua yang kurang nyaman, kamu berhak menyanggah dan mengutarakannya. Namun, lakukan dengan sikap sopan agar tidak menyulut api emosi yang sudah ada.


    (Baca Juga: Waktu Yang Tepat Untuk Memperkenalkan Pacar Ke Keluarga)


    Selalu mengutarakan isi hatimu

    Melanjutkan poin di atas, kamu tak perlu merasa takut dan khawatir saat mengutarakan isi hati. Mereka pasti akan berusaha mengerti dan mempertimbangkan ucapanmu, meski biasanya tidak bisa dilakukan langsung di depanmu. Cukup berikan mereka waktu. Jangan terlalu memaksakan kehendakmu saat itu juga, sebaiknya jelaskan secara perlahan dengan nada bicara yang sopan.


    Jujur dan terbuka

    Perkuat hubunganmu dan orang tua dengan meningkatkan kualitasnya. Selain berkomunikasi secara rutin, ceritakan semua hal yang terjadi (termasuk masalahmu) pada mereka dengan jujur dan terbuka. Hanya dengan cara ini, mereka akan semakin memahamimu, begitu juga sebaliknya. Percayalah, kamu akan terkejut dengan pikiran-pikiran mereka yang out of the box.


    Nah, setelah melihat cara-cara di atas, kamu enggak perlu harus kesulitan lagi saat mencoba menjalin hubungan baik dengan orang tua. Semoga berhasil, ya!