Hindari Kebiasaan Yang Menyebabkan Bibir Jadi Hitam


  • Hindari Kebiasaan Yang Menyebabkan Bibir Jadi Hitam
    Kebiasaan yang bisa buat bibir jadi hitam (Foto:Dok/Pexels/Andrea)


    Bibir hitam dan gelap kerap jadi permasalahan kecantikan bagi sebagian orang. Bahkan kepercayaan diri pun bisa berkurang, terutama saat tidak menggunakan makeup.

    Walaupun bisa ditutupi dengan polesan warna lipstik yang sesuai seleramu, namun memiliki warna dasar bibir yang cerah bisa menambah kepercayaan diri. Bahkan, kamu pun tidak perlu takut saat lipstik yang kamu pakai pudar secara perlahan.



    Dengan menghindari kebiasaan yang bisa buat bibir jadi hitam, kamu bisa mendapatkan bibir yang sehat dan cerah alami. Apa saja? berikut deretannya.

    (Baca Juga: Ini Dia 5 Kebiasaan yang Justru Buat Bibir Jadi Kering)


    1. Tidak menggunakan pelembap 

    Penyebab bibir jadi hitam salah satunya bisa karena kulitmu tidak diberi perlindungan dari sinar matahari. Seperti tidak menggunakan lip balm dengan kandungan SPF.

    Dengan menggunakan pelembap bibir, kulit akan terlindungi dari perubahan warna ke arah yang lebih gelap. Oleh sebabnya, jangan melewatkan perawatan yang satu ini agar bibir tetap terlindungi.


    2. Menjilat dan mengigit bibir

    Kebiasaan yang tanpa disadari membuat bibir jadi terlihat lebih gelap adalah sering membasahinya dengan lidah sekaligus mengigit-gigitnya. Mengapa demikian?

    Bibir memiliki kulit yang sensitif. Sementara di dalam air liur kita memiliki bakteri yang membuatnya kering sekaligus buat tangan gatal untuk mengelupasinya. Tak jarang, kulit menjadi luka dan berdarah.

    Jika terpancing, bekas luka pun akan menghitam dan sulit hilang. Maka mulai saat ini, hindarilah kebiasaan ini. Kamu bisa melakukan scrub untuk mengangkat kulit mati secara alami.

    (Baca Juga: Ketahui Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya)


    3. Tidak melakukan cleansing

    Selain wajah, bagian yang penting untuk dibersihkan adalah bibir. Bukan tanpa alasan, hal ini tentu karena penggunaan lipstik sepanjang hari kala beraktivitas. Jika kebiasaan ini masih ada di dalam to-do-list kamu, maka jangan heran saat warna bibirmu menggelap.


    4. Tidak Memilih kandungan Lipstik

    Beberapa produk makeup memiliki formulasi yang tidak menyehatkan kulit. Terutama pada lipstik. Untuk itu, penting melihat kandungan di dalam lipstik yang bisa mengubah warna menjadi lebih gelap. Di antaranya adalah logam, ricinoleic acid, dan bahan-bahan kimia yang lain.


    5. Jarang melakukan perawatan bibir

    Penyebab lain bibir menjadi hitam adalah melupakan perawatannya. Bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya?

    Setelah membersihkan sisa makeup pada bibir, kamu bisa memijaktnya dengan minya almond atau madu. Selain melembapkannya, cara ini juga efektif melancarkan aliran darah di dalamnya. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below