Ketahui Cara Merawat Kulit Sebelum Dan Sesudah Berolahraga


  • Ketahui Cara Merawat Kulit Sebelum Dan Sesudah Berolahraga
    Perawatan kulit sebelum dan sesudah olahraga yang patut diketahui (Foto:Dok/Unsplash/Christopher Campbell)


    Demi menjaga daya tahan tubuh terutama di masa new normal saat ini, olahraga jadi kegiatan yang tak boleh dilewatkan. Bahkan cara ini juga dipercaya bisa membuatmu tampak lebih awet muda.

    Namun jika tidak dibantu dengan sejumlah perawatan kulit lainnya, berbagai permasalahan mungkin saja muncul dan mengganggu. Mulai dari jerawat hingga iritasi.



    Oleh sebabnya, penting bagimu untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untuk merawatnya agar tetap sehat. Dirangkum dari berbagai sumber berikut tips merawat kulit sebelum dan sesudah olahraga.

    (Baca Juga: Cara Tepat Merawat Rambut Setelah Berolahraga)


    1. Gunakan tabir surya


    (Menggunakan tabir surya.Foto:Dok/Pixabay/AdoreBeautyNZ)

    Saat kamu ingin berolahraga di luar rumah, jangan lupa menggunakan tabir surya untuk melindungimu dari paparan sinar matahari. Namun, bukan berarti kamu boleh melupakannya saat melakukannya di dalam rumah. 

    Melansir laman Everyday Health, Deirdre Hooper MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Audubon Dermatology, New Orleans menjelaskan bahwa, "Setiap kali kamu bertemu cahaya, kamu memiliki peluang terkena spektrum elektromagnetik. Bukti semakin banyak menunjukkan bahwa semua cahaya berperan untuk kerusakan kulit dan penuaan."

    Oleskan sunscreen ke bagian wajah, leher, dada dan belakang lehermu. Dan saat berolahraga keringatmu akan keluar, maka penting untuk memilih tabir surya yang tahan air lebih lama.


    2. Pakai atau tanpa makeup


    (Pakai atau tanpa makeup.Foto:Dok/Pixabay/Kinkate)

    Jika kamu menggunakan makeup sebelumnya, tidak jadi masalah apabila kamu melewatkan tahap pembersihannya sebelum berolahraga. Keringat yang munculnya nanti juga akan melunturkannya.

    Namun Dr Hooper kembali menjelaskan bahwa tidak jadi masalah juga jika kamu ingin merias wajah atau membersihkannya di awal sebelum berolahraga. Tapi ada baiknya untuk menghindari penggunaan pelembap kulit.

    Menurut Charisse Dolitsky MD seorang dokter kulit di Schweiger Dermatology Group di Long Island, New York jika menggunakannya saat berolahraga bisa menyumbat pori-pori untuk mengeluarkan keringat. Dan dampaknya permasalahan kulit bisa muncul setelahnya.

    (Baca Juga: Ketahui Penyebab Dan Cara Menghilangkan Jerawat Di Leher)



    3. Bersihkan wajah


    (Cuci muka setelah berolahraga.Foto:Dok/Pixabay/Pexels)

    Setelah selesai berolahraga, pastikan untuk mengeringkan keringat di tubuh terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan tahap awal membersihkan bagian wajah. 

    Pastikan untuk tidak melakukan pembersihan dengan cara yang keras, seperti menggunakan scrub hingga triple cleansing. Terutama jika kamu memiliki tipe kulit berjerawat.

    Sejumlah pakar kesehatan kulit menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandum salicylic acid atau asam salisilat yang bisa mencegah penyumbatan pori-pori. Setelahnya kamu bisa mengaplikasikan pelembap ringan, setelah mandi nanti.


    4. Mandi


    (Mandi setelah berolahraga.Foto:Dok/Pexels/Andrea)

    Berbicara soal kulit, berarti kamu sedang membicarakan seluruh tubuhmu, bukan hanya pada bagian wajah, leher atau pun tangan. 

    Saat kamu berkeringat bakteri dan kuman mudah untuk tumbuh dan menempel pada kulit. Maka disarankan untuk segera membersihkan diri sebelum melanjutkan aktivitasmu.

    Pilihlah sabun yang mengandung bezoyl peroxide, yang bisa menyerang sekaligus mencegah pertumbuhan jerawat akibat bakteri. Atau bisa memilih pembersih lainnya yang mengandung sulfur. 

    (Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami)


    5. Pakai masker wajah


    (Pakai masker setelah berolahraga.Foto:Dok/Pexels/Anna)

    Jika mungkin saat olahraga kamu melakukan cool down untuk membuat diri rileks sebelum berhenti, untuk perawatan kulit kamu bisa menggunakan masker setelah membersihkan wajah dan mandi untuk menenangkannya.

    Cara ini sebagai pemulihan dan menghambat kerusakan kulit akibat hawa panas tubuh yang keluar saat berolahraga. Jika tidak sempat melakukannya, membersihkan wajah dengan air dingin bisa jadi cara sederhana untuk dilakukan.


    6. Menggunakan serum


    (Menggunakan serum.Foto:Dok/Pexels/Shiny Diamond)

    Terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan serum untuk memelihata kesehatan kulit. Bahkan cara ini dipercaya bisa mengurangi iritasi kulit.

    Pilihlah EGF Activating serum yang bisa membantu regenerasi kulit agar terasa kenyal dan bercahaya. 

    Itulah sejumlah cara merawat kulit setelah berolahraga agar kesehatannya tetap terjaga. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below